Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tempat Wisata di Pulau Samosir : Bernuansa Alam yang Indah dan Cocok Untuk Dikunjungi

Wisata Pulau Samosir

Karogaul. com - Banyak yang mengira jika Pulau Samosir cumalah sebongkah daratan yang terletak di tengah Danau Toba, objek wisata di Sumatera Utara yang belum lama ini didatangi Presiden Joko Widodo.

Tetapi sesungguhnya pulau vulkanik ini yakni pulau besar, seluas 630 km persegi serta berpenghuni 95. 238 jiwa yang kebanyakan Suku Batak. Terdapat bermacam- macam metode buat dapat hingga ke Pulau Samosir. Yang awal dari Pelabuhan Tigaraja yang melayani jalan ke Tuktuk Siadong serta Tomok.

Kedua lewat Pelabuhan Ajibata yang melayani jalan ke Tomok. Kapal feri yang melayani rute ini berdimensi besar, sebab pula mengangkat kendaraan bermotor.

Wisata Pulau Samosir

Durasi ekspedisi lewat kapal kurang lebih 30 menit sekali jalan sobat gaul. Untuk yang mau naik kendaraan individu dari Medan, dapat lewat Kabanjahe- Dairi- Pangururan- Tomok (Pulau Samosir). Nantinya mobil wisatawan hendak melewati Jembatan Pangururan. Ya, Pulau Samosir memanglah dihubungkan daratan.

Tetapi banyak yang berkata jika medan perjalan darat ke situ lumayan curam. Sesampainya di Pulau Samosir wisatawan dapat memilah berkelana seharian ataupun menginap. Opsi hotelnya bermacam- macam serta sebagian besar mempunyai panorama alam langsung ke Danau Toba.

Berikut beberapa objek wisata yang dapat disambangi dikala wisata ke Pulau Samosir:

1. Desa Tomok, Pemandangannya Begitu Indah

Berada di pintu gerbang Pulau Samosir, Desa Tomok ialah desa tradisional dengan tradisi serta budaya Suku Batak yang kental. Bila bertandang ke desa ini, wisatawan hendak disambut dengan rumah- rumah tradisional lengkap dengan boneka Sigale- gale sobat gaul.

Desa Tomok

Terkadang masyarakat setempat pula hendak melaksanakan Tari Tor- tor buat menyongsong tamu yang tiba. Ada pula Museum Batak serta pemakaman raja- raja untuk yang mau menguasai kebudayaan Batak lebih dalam lagi.

Desa Tomok
pic : danautobacenter.com & shopback.co.id

Untuk perjalanan dari Medan ke desa ini membutuhkan waktu berkisar 4-5 jam perjalanan untuk tiba di Pelabuhan Wisata Parapat ini, biasanya dengan menggunakan kendaraan pribadi /sewa atau juga bisa menggunakan bus antar-kota, serta memerlukan waktu satu jam lagi untuk menyeberang dari Ajibata ke Tomok.

2. Puncak Sidiangkat, Ragam Spot Foto nan Instagramble

Bukan cuma Bandung serta Yogyakarta saja yang mempunyai spot gambar Instagram- able. Puncak Sidiangkat di Pulau Samosir pula salah satunya.

Puncak Sidiangkat

Dari mari wisatawan dapat bergaya dengan latar balik panorama alam Danau Toba yang indah. Salah satu spot gambar yang terkenal merupakan Sarang Burung, yang membolehkan orang- orang buat masuk serta duduk di dalamnya.

Puncak Sidiangkat

Obyek wisata ini ialah posisi spot photo dengan latar balik panorama alam yang banyak menarik orang buat mengunjunginya. Terletak di Desa Sidiangkat, Dairi. 

Kawasan wisata ini relatif tidakjauh dari bunda kota Kabupaten Dairi, dengan jarak dekat 8 kilometer. Dari Kota Medan, diperlukan waktu dekat 4- 5 jam buat hingga ke posisi wisata ini dengan kendaraan individu ataupun transportasi universal. Telah ada angkutan universal yang hendak mengantar turis ke Puncak Sidiangkat ini. 

3. Pemandian Air Panas Pangururan

Sehabis lelah menyusuri Pulau Samosir, pemandian air panas bisa jadi obat pereda letih. Terletak di lereng Gunung Pusuk Buhit, pemandian air panas ini mempunyai sumber yang masih natural. Tidak hanya itu panorama alam bukit yang terletak di sekitarnya pula menaikkan atmosfer tenang.

Pemandian Air Panas Pangururan

Ada sebagian kolam yang ada buat digunakan oleh para wisatawan. Temperatur air pula sudah disesuaikan dengan kulit manusia, sebab temperatur asli airnya sangat panas.

Perjalanan dari kota Medan ke Parapat memakan waktu sekitar 3-4 jam karena jaraknya 176 km. Anda bisa menggunakan layanan transportasi umum atau mobil pribadi.

Pemandian Air Panas Pangururan
pic : pedomanwisata.com

Begitu sampai di Parapat, Anda bisa naik kapal ke Pelabuhan Tomok di Pulau Samosir. Dari Desa Tomok, tujuan selanjutnya adalah Kota Pangururan yang memakan waktu sekitar 2 jam. Kemudian, mereka dapat melanjutkan perjalanan ke Desa Rianiate, tempat sumber air panas berada. Sepanjang jalan menuju lokasi, pohon pinus yang indah dan bukit hijau terlihat jelas sobat gaul.
.
4. Desa Lumban Suhi Suhi

Bila mau mencari Kain Ulos khas Batak, hingga Desa Lumban Suhi Suhi merupakan tempatnya. Telah diketahui selaku desa penghasil Ulos, sebagian besar perempuan yang terdapat ialah pengrajinnya.

Desa Lumban Suhi Suhi

Di desa ini para wisatawan bisa memandang metode pembuatan Kain Ulos dari sesi awal. Tidak gampang buat membuat satu lembar kain. Diperlukan waktu 1- 4 pekan buat menghasilkannya, bergantung dengan tingkatan kesusahan.

Desa Lumban Suhi Suhi

Desa Lumban Suhi Suhi Toruan ini terletak di Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir yang jaraknya hanya 40 Menit dari Tomok ( Kalau Menyebrang dari Parapat/Ajibata). Tidak ada tiket masuk untuk masuk ke Lokasi ini. Ketika memasuki pedesaan kreatif penghasil ulos ini, Kawan-kawan akan melihat deretan “Jabu Bolon” Rumah Adat batak di sebelah kiri dan kanan.

5. Tepi laut Batu Hoda

Mempunyai pasir yang putih, Tepi laut Batu Hoda ialah salah satu tepi laut yang terdapat di Pulau Samosir. Tepi laut ini nyatanya menaruh banyak cerita. Konon katanya pada era dulu terdapat seekor kuda betina yang terdampar di pulau ini serta setia menunggu pejantannya hingga kesimpulannya berganti jadi batu.

Tepi laut Batu Hoda
pic : phinemo

Tepi laut pasir putih Samosir Batu Hoda yang buat banyak orang jatuh hati mau lekas ke situ. Di selama garis danau, Kamu hendak memperoleh bebatuan yang tertata apik. Begitu artsy dikala ditatap mata ataupun juga diabadikan dalam foto kamera sobat gaul.

Popohonan hijau yang berkembang di dekat tepi laut terlihat meneduhkan. Terlebih ditambah bukit- bukit hijau yang mengelilingi, destinasi wisata Tepi laut Batu Hoda Samosir ini beda dari pantai- pantai umumnya.

Tepi laut Batu Hoda
pic : phinemo

Tidak hanya panorama alam alam yang ciamik, destinasi Tepi laut Batu Hoda Samosir ini juga tidak lepas dari pengaruh tren wisata kekinian. 

Tepi laut di pinggiran Danau Toba ini dilengkapi dengan bermacam spot gambar artsy. Salah satunya, rumah berupa rumah burung hantu ataupun juga rumah kayu yang terdapat di pinggir tepi laut, semacam di Tepi laut Brighton di Melbourne, Australia.

Demikianlah ulasan singkat tentang "5 Tempat Wisata di Pulau Samosir : Bernuansa Alam yang Indah dan Cocok Untuk Dikunjungi" sobat gaul kalau jalan jalan ke samosir jangan lupa singgahin salah satu destinasi wisata keren ini ya !!! Happy holiday . . .