Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Curug Luweng Sampang - Menyaksikan Estetika Bebatuan Alam Serta Aliran Air Terjun Ini

Curug Luweng Sampang

Karogaul.com - Jogja tidak cuma populer dengan wisata budaya, kuliner dan wisata pantainya, namun Jogja pula mempunyai air terjun yang unik serta indah. Salah satu kabupaten yang tidak sempat hening dari timbulnya kemampuan wisata alam yang baru merupakan Kabupaten Gunungkidul. Keadaan alam yang terdapat di Kabupaten Gunungkidul sukses membuat obyek wisata baru yang sangat sesuai buat didatangi. Air terjun yang belum populer namun sangat indah merupakan Air Terjun Luweng Sampang.

Curug Luweng Sampang


Di Daerah Gunungkidul banyak sekali pantai yang mempunyai batu- batuan cadas, serta di air terjun ini pula dihiasi dengan batuan- batuan cadas yang bercorak putih, serta nampak kontras dengan birunya air. Batuannya yang terserang erosi air sehingga terkikis natural serta membentuk garis garis yang unik. Bebatuan yang tercipta membuat tebing ini sangat mirip dengan Antelope Canyon di Arizona. Bila para wisatawan memandang keelokan Air Terjun Luweng Sampang ini dari atas bebatuan, air terjun tersebut mengalir ke suatu lubang serta terjadinya luweng tersebut.

Curug Luweng Sampang
Curug Luweng Sampang

Asal Usul Curug Luweng Sampang

Asal usul dari penamaan Luweng Sampang ini diambil dari bahasa Jawa luweng yang memiliki makna lubang serta sebaliknya sampang yang ialah posisi dari keberadaan air terjun ini. Air terjun ini sendiri cuma berketinggian 5 m dengan debit air yang cukup rendah. Keelokan dari Air Terjun Luweng Sampang ini berubah serta berganti cocok dengan masa. Dikala mendatangi kawasan wisata ini pada dikala masa hujan, debit air hendak sangat besar serta pula warna coklat dari tanah pula hendak turut menghiasi keelokan serta kecantikan dari air terjun ini.

Curug Luweng Sampang
Curug Luweng Sampang

Sedangkan pada masa kemarau debit air terjun hendak sedikit lebih kecil. Air hendak sangat jernih serta di dekat air terjun para wisatawan hendak memandang kolam kecil dengan warna tosca yang menarik hati dan panorama alam bebatuan yang terus menjadi menawan. Air terjun ini membagikan atmosfer yang begitu tenang bila wisatawan tiba serta menikmati keindahannya. Sesungguhnya di wilayah ini ada 2 air terjun, bila para wisatawan menelusuri arus sungai yang terdapat mana hendak menciptakan air terjun kedua serta jarak dari kedua air terjun ini tidak sangat jauh.

Curug Luweng Sampang
Curug Luweng Sampang

Di Air Terjun Luweng Sampang ini para wisatawan bisa bermain air, mandi pada kolam air yang tidak sangat dalam serta pula mengambil gambar dengan latar balik air terjun yang indah. Air terjun ini pula kerap dijadikan selaku tempat buat hunting gambar prewedding sebab pemandangannya yang sangat indah.

Curug Luweng Sampang

Sarana Air Terjun Luweng Sampang

Sarana yang terdapat di Air Terjun Luweng Sampang ini masih sedikit, jadi wisatawan wajib sediakan sendiri apa yang mau dibawa, begitu pula bekal yang hendak dimakan pada saat ada disitu.

Curug Luweng Sampang
HTM : Gratis
Alamat: Jl. Juminahan, Kayen, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55863
Jam buka: Minggu - Sabtu 06:00-18:00, Jumat Tutup
Kontak: 0812-3344-8050
Parkir : 2rb - 5 rb