Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Curug Luweng Sampang Jogja : Nuansa Estetika Bebatuan Alam dan Aliran Air Bening yang Mengalirinya

Curug Luweng Sampang Jogja : Menikmati Pemandangan Estetika Bebatuan Alam Dan Aliran Air Bening Yang Menyegarkan Tubuh

Karogaul.com - Jogja tidak cuma populer dengan wisata budaya, kuliner dan wisata pantainya, namun Jogja pula mempunyai air terjun yang unik serta indah. Salah satu kabupaten yang tidak sempat hening dari timbulnya kemampuan wisata alam yang baru merupakan Kab. Gunungkidul. Keadaan alam yang terdapat di Kab. Gunungkidul sukses membuat obyek wisata baru yang sangat sesuai buat didatangi. Air terjun yang belum populer namun sangat indah merupakan Air Terjun Luweng Sampang.

Curug Luweng Sampang memiliki daya tarik tersendiri karena memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Air terjun ini terdiri dari dua tingkat yang mengalir dari tebing batu karst setinggi sekitar 25 meter. Air yang mengalir dari air terjun ini berasal dari Sungai Boyong yang memiliki debit air yang cukup besar.

Keunikan lain dari Curug Luweng Sampang adalah keberadaan lubang di bawah air terjun yang biasa disebut lubang sampang. Lubang tersebut terhubung dengan aliran air bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Oleh karena itu, air terjun ini sering disebut juga dengan Curug Luweng Sampang.

Curug Luweng Sampang



Di Daerah Gunungkidul banyak sekali pantai yang mempunyai batu- batuan cadas, serta di air terjun ini pula dihiasi dengan batuan- batuan cadas yang bercorak putih, serta nampak kontras dengan birunya air. Batuannya yang terserang erosi air sehingga terkikis natural serta membentuk garis garis yang unik. Bebatuan yang tercipta membuat tebing ini sangat mirip dengan Antelope Canyon di Arizona. 

Bila para wisatawan memandang keelokan Air Terjun Luweng Sampang ini dari atas bebatuan, air terjun tersebut mengalir ke suatu lubang serta terjadinya luweng tersebut.

Curug Luweng Sampang

Keunikan lain dari Curug Luweng Sampang adalah keberadaan lubang di bawah air terjun yang biasa disebut lubang sampang. Lubang tersebut terhubung dengan aliran air bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Oleh karena itu, air terjun ini sering disebut juga dengan Curug Luweng Sampang.

Untuk mencapai Curug Luweng Sampang, pengunjung harus melakukan perjalanan sekitar 1,5 km dari jalan utama menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Setelah itu, pengunjung harus berjalan sekitar 200 meter melewati jalan setapak dan menuruni tangga sebanyak 200 anak tangga untuk sampai ke lokasi air terjun.

Selain menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar yang masih asri. Di sekitar Curug Luweng Sampang terdapat beberapa spot foto yang menarik, seperti tebing batu karst yang indah dan hamparan sawah yang hijau.

Untuk masuk ke Curug Luweng Sampang, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Selain itu, di lokasi Curug Luweng Sampang juga terdapat warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan.

Curug Luweng Sampang Jogja merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sangat direkomendasikan bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam yang masih asri di Yogyakarta. Dengan keunikan dan keindahannya, Curug Luweng Sampang akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Curug Luweng Sampang

Asal Usul Curug Luweng Sampang

Asal usul dari penamaan Luweng Sampang ini diambil dari bahasa Jawa luweng yang memiliki makna lubang serta sebaliknya sampang yang ialah posisi dari keberadaan air terjun ini. Air terjun ini sendiri cuma berketinggian 5 m dengan debit air yang cukup rendah. 

Keelokan dari Air Terjun Luweng Sampang ini berubah serta berganti cocok dengan masa. Dikala mendatangi kawasan wisata ini pada dikala masa hujan, debit air hendak sangat besar serta pula warna coklat dari tanah pula hendak turut menghiasi keelokan serta kecantikan dari air terjun ini.

Curug Luweng Sampang

Curug Luweng Sampang

Sedangkan pada masa kemarau debit air terjun hendak sedikit lebih kecil. Air hendak sangat jernih serta di dekat air terjun para wisatawan hendak memandang kolam kecil dengan warna tosca yang menarik hati dan panorama alam bebatuan yang terus menjadi menawan. 

Air terjun ini membagikan atmosfer yang begitu tenang bila wisatawan tiba serta menikmati keindahannya. Sesungguhnya di wilayah ini ada 2 air terjun, bila para wisatawan menelusuri arus sungai yang terdapat mana hendak menciptakan air terjun kedua serta jarak dari kedua air terjun ini tidak sangat jauh.

Curug Luweng Sampang

Di Air Terjun Luweng Sampang ini para wisatawan bisa bermain air, mandi pada kolam air yang tidak sangat dalam serta pula mengambil gambar dengan latar balik air terjun yang indah. Air terjun ini pula kerap dijadikan selaku tempat buat hunting gambar prewedding sebab pemandangannya yang sangat indah.

Curug Luweng Sampang
Curug Luweng Sampang

Sarana Air Terjun Luweng Sampang

Sarana yang terdapat di Air Terjun Luweng Sampang ini masih sedikit, jadi wisatawan wajib sediakan sendiri apa yang mau dibawa, begitu pula bekal yang hendak dimakan pada saat ada disitu.

Curug Luweng Sampang
HTM : Gratis
Alamat: Jl. Juminahan, Kayen, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55863
Jam buka: Minggu - Sabtu 06:00-18:00, Jumat Tutup
Kontak: 0812-3344-8050
Parkir : 2rb - 5 rb

Demikian ulasan signkat mengenai " Curug Luweng Sampang : Menyaksikan Estetika Bebatuan Alam Serta Aliran Air Bening Yang Menyegarkan Tubuh " apakah kamu tertarik ketempat wisata air terjun yang indah ini ?