Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun Sigura Gura : Cek Lokasi, Tiket Masuk dan Berbagai Kegiatan Wisata yang Bisa Kita Nikmati

air terjun sigura-gura

Karogaul.com - Air Terjun Sigura Gura ialah air terjun paling tinggi yang terdapat di Indonesia, ketinggiannya menggapai 250 m. Tetapi beberapa waktu kemaren ada yang berupaya mengukur ketinggian air terjunnya dengan memakai drone.

Serta hasilnya yakni nyatanya Air Terjun Sigura Gura mempunyai ketinggian menggapai 310 m. Air Terjun Sigura Gura sendiri terletak di Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara.

Dengan mempunyai ketinggian yang semacam itu, normal bila Air Terjun Sigura Gura senantiasa ramai didatangi turis yang penasaran dengan ketinggiannya.

Air Terjun Sigura Gura
Pic via Roy Safriadi Sevendi Siregar & April Pollo

Air Terjun yang satu ini pula diketahui dengan nama Air Terjun Ponot, serta disekitarnya masih terdapat 2 air terjun lagi ialah Air Terjun Sialogo serta Air Terjun Siharimo.

Air Terjun Sigura Gura sendiri senantiasa ramai didatangi turis terlebih bila akhir minggu, banyak yang menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun sahabat komunitas sembari menikmati keelokan air terjun paling tinggi di Indonesia ini.

Letak Air Terjun Sigura Gura

Air Terjun Ponot ini terletak di Dusun Sigura Gura, Desa Pintu Pohan Dolok, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Rute Mengarah Air Terjun Sigura Gura

Air Terjun Sigura Gura
Alwi Simatupang

Kalian wajib melewati Jalur Sigura Gura yang sangat populer dengan jalan yang lumayan menegangkan.Sebab keadaan jalur yang tidak begitu lebar, dengan kondisi yang lumayan menanjak serta berkelok- kelok dan keberadaan jurang di salah satu sisi jalur.

Walaupun begitu panorama alam di selama jalur sangat luar biasa, sebab masih rindangnya pepohonan di kiri serta kanan jalur.

Air Terjun Sigura Gura
Pic via DHENIS RI

Bila kalian berangkat dari pusat kota Medan, kalian hendak menempuh ekspedisi dekat 250 kilometer. Setelah itu kalian hendak melewati suatu jembatan yang dibawahnya mengalir Sungai Asahan yang lumayan deras.

Sehabis melewati jembatan tersebut, hingga Air Terjun Ponot ataupun Air Terjun Sigura Gura sebentar lagi. Sehabis memakirkan kendaraan, kalian wajib trekking sedikit buat mendekati air terjun.Trekking yang dilewati tidak begitu jauh, cuma saja kalian wajib melewati bebatuan yang lumayan besar- besar sehingga yakinkan kalian mengenakan alas kaki yang tidak licin.

Jam Buka Air Terjun Sigura Gura

Air Terjun Sigura Gura
Robinta Sembiring Pelawi

Jam operasional Air Terjun Sigura Gura dibuka tiap hari serta sepanjang 24 jam non stop. Tetapi, mengingat keadaan jalur yang belum dilengkapi lampu penerangan yang mencukupi, hendaknya jauhi tiba ataupun kembali sangat sore.

Tiket Air Terjun Sigura Gura

Tiket masuk Air Terjun Sigura Gura ataupun Air Terjun Ponot ini dengan membayar sebesar Rp. 10. 000 per orang.

Sarana Air Terjun Sigura Gura

Air Terjun Sigura Gura
endang tri hayati

Sarana universal yang terdapat di dekat Air Terjun Sigura Gura antara lain:
*Area parkir yang lumayan luas
*Kamar mandi ataupun Toilet
*Warung makan serta minum sederhana
*Saung ataupun Gazebo tempat beristirahat

Macam Wisata Seru Di Air Terjun Sigura Gura

1. Menikmati Air Terjun Tertinggi

Saking tingginya, Air Terjun Sigura Gura telah nampak dari posisi parkir. Airnya yang bersih serta bercorak putih nampak dengan jelas diantara tebing batu yang bercorak lebih hitam.

Tidak hanya itu debit air yang dialirkannya sangat deras, sampai cipratannya bisa menimpa tubuh kalian. Air yang dialirkan Air Terjun Sigura Gura berasal dari Sungai Asahan, yang mana sungai ini berhulu di Danau Toba.

Air Terjun Sigura Gura
Pic via Igo Tri Atmaja

Kawasan di dekat Air Terjun Ponot ini masih sangat asri, perihal tersebut dibuktikan dengan hadirnya pepohonan rindang menghiasi dekat air terjun.

Atmosfer alam yang tenang serta hawa yang sejuk bisa kalian nikmati kala mendatangi Air Terjun Sigura Gura, kalian bisa duduk diatas suatu batu serta menghadap ke arah air terjun kemudian membiarkan airnya memegang tubuhmu, sangat sangat menenangkan.

Air Terjun Sigura Gura terdiri dari 2 tingkatan dengan ketinggian yang berbeda, banyak wisatawan yang cuma menghabsikan waktu buat menikmati segarnya air di tingkatan yang sangat dasar. Tetapi jangan berharap buat mendekati aliran airnya, sebab sangat deras sehingga tidak nyaman buat kalian dekati.

2. Bermain Air Seru

Air Terjun Sigura Gura
khairul Anwar regar

Mendatangi tempat wisata air semacam ini pasti saja wajib bermain air, merasakan segarnya air yang dialirkan Air Terjun Sigura Gura.

Airnya yang dingin tidak sangat kalian perdulikan, kalian bisa bermain air diantara bebatuan yang lumayan besar. Lebih seru bila bermain bersama orang terkasih.

3. Hunting Gambar Kece

Mengabadikan Air Terjun Sigura Gura ialah suatu keharusan untuk wisatawan yang tiba, banyak dari mereka difoto dengan latar derasnya air yang mengalir serta sangat besar itu.

Air Terjun Sigura Gura
Pic via EndRu 17

Berhati- hatilah kala hendak mengambil foto ataupun video, sebab bebatuan yang terdapat dapat saja licin serta sangat beresiko.

4. Rafting

Sungai yang mengalir di dekat Air Terjun Sigura Gura mempunyai arus yang cukup deras, dimana posisi tersebut kerap digunakan oleh kalian yang menggemari olah raga yang lumayan menghabiskan adrenalin.

Air Terjun Sigura Gura
Pic via Syarif Udin

Ialah Rafting ataupun Arung Jeram, dimana kalian wajib menyusuri sungai dengan memakai suatu perahu karet yang hendak didorong oleh derasnya air.

Sungai yang terdapat dihiasi dengan bebatuan yang hendak membuat aktivitas rafting ataupun arung jeram terus menjadi menantang. Serta nyatanya posisi ini sering jadi tempat buat dilaksanakannya kompetensi arung jeram tingkatan nasional ataupun internasional.

5. Berkemah

Air Terjun Sigura Gura
@hasibuan_88

Macam wisata yang terakhir yang bisa kalian jalani kala terletak di Air Terjun Sigura Gura yakni mendirikan tenda buat bermalam bersama alam.

Dimana kalian cuma hendak mendengar suara nyanyian alam yang diiringi dengan deburan air terjun selama malam. Setelahnya yakinkan buat mendatangi Bendungan Sigura Gura yang jaraknya dekat 20 kilometer dari hulu Sungai Asahan.

Bendungan Sigura Gura ialah bendungan kedua terbanyak yang terdapat di Indonesia sehabis Sutami yang terletak di Malang, Jawa Timur.Bendungan ini berperan selaku sumber irigasi lahan- lahan yang terdapat di dekat bendungan dan dimanfaatkan pula selaku sumber tenaga Pembangkit Listrik Tenaga Air( PLTA).

Sekian info mengenai air terjun sigura-gura sobat gaul. jangan lupa bagikan postingan ini jika kontennya bermanfaat untukkalian. salam damai selalu . . .