Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

💗 Loken Barn 💗

Air Terjun Efrata : Wisata Tersembunyi Dibalik Perbukitan dan Dikelilingi Pepohonan Hijau

Air Terjun Efrata

Karogaul.com - Air terjun Efrata merupakan salah satu rujukan yang kami rekomendasikan untuk sobat gaul sebagai area destinasi petualangan di kawasan area Samosir. Tidak hanya danau Toba, air terjun Efrata ini dapat menjadi tempat wisata pilihan orang Medan sebagai preferensi buat liburan bersama keluarga, pendamping, ataupun sahabat. Semacam apa kira kira pesona alam air terjun Eftara Samosir ini? Ikuti postingan berikut ini sobat gaul.

Air Terjun Efrata Samosir

Air terjun Efrata menyuguhkan citra panorama alam alam yang sangat memesona. Suasana alamnya masih sangat natural sebab benar belum begitu banyak orang yang berwisata ke situ. Suasananya pasti sangat aman, temperatur udaranya berhawa sejuk, dan airnya yang terasa dingin serta menyegarkan. Sensasi bermain air pasti sangat asik luar biasa. Terlebih untuk wisatawan yang tiba jauh- jauh serta menjangkau posisi, dipastikan rasa letih hendak teruntaskan di mari.

Air Terjun Efrata
Adi syahputra

Air Terjun Efrata
Mariya Iin Nova

Area wisata alam ini pula ditempati aneka binatang, semacam burung, kera, serta lain sebagainya. Suara- suara kicau burung yang merdu menguatkan nuansa alam yang indah disana.

Air terjun ini mempunyai aliran yang lumayan deras, ketinggiannya menggapai 26 m. Jadi kalian wajib berjaga- jaga apabila beraktivitas dan bermain air di dekatnya. Walaupun melaksanakan aktivitas hunting gambar dapat kalian jalani dengan sepuasnya di situ. Kalian senantiasa wajib waspada serta tidak sangat fokus dengan kegiatan swafoto saja sobat gaul.

Area di dekat wisata alam ini juga cocok selaku tempat untuk  buat camping erlebih lebih bersama Keluarga teman ataupun bahkan komunitasmu sendiri sobat gaul. zona area wisata ini pasti menarik selaku tempat buat camping serta jelajah alam hal ini wajib kamu lakukan saat bertamasya ke air terjun efrata ini.

Sarana dan Fasilitas Wisata Air Terjun Efrata

Air Terjun Efrata

Namun kalian perlu ketahui, sarana wisata alam ini juga belum terlalu mencukupi sobat gaul. Adapun yang sudah terpenuhi seperti Sarana wc telah ada, tetapi sarana yang lain termasuk pula warung makan lumayan jauh jaraknya dari lokasi wisata ini.

So, kalian pula wajib mempersiapkan segalanya buat bisa liburan di situ, paling utama dengan bawa bekal santapan minuman yang cukup serta perlengkapan ataupun peralatan yang lain saat bertamasya ke air terjun efrata ini sobat gaul.

Posisi Lokasi Air Terjun Efrata

Detail lokasi wisata ini berada di Dolok, Kec Harian, Kab Samosir. Jarak dari pusat pemerintahan Kabupaten Samosir kurang lebih 20 Kilometer- an sobat gaul.

Rute Mengarah Air Terjun Efrata

Air Terjun Efrata
Adrianus Albert Jonathan Nadeak

Sebaliknya rutenya lumayan gampang, kalian dapat langsung mengarah ke kec Setiap hari, lanjut mengarah ke desa Sosor Dolok. Dari desa tersebut kalian cuma perlu waktu dekat 10 menit dengan berjalan kaki buat dapat tiba sampai di posisi wisata ini.

Buat mengarah ke destinasi wisata Air Terjun Sampuran Efrata, tadinya Kamu wajib menjelajahi zona hutan yang ada di perbukitan Danau Toba. Jalan petualangan yang dilintasi tidak ada jalan yang rusak serta jaraknya tempuhnya juga tidak begitu jauh, malahan dari jarak beberapa m saja derasnya suara air terjun ini telah terdengar lho sobat gaul. Pada saat datang di destinasi wisata air terjun ini maka pemandangan air terjun efrata yang indah ini hendak lekas langsung memanjakan mata Kamu.

Daya Tarik Air Terjun Efrata

Air Terjun Efrata
Heri Al_fattan

Untuk warga lokal bisa jadi mendengar namanya wisata ini lumayan asing karena tadinya air terjun ini bernama Air Terjun Sosor Dolok, sehingga apabila Kamu mau menanyakan posisi air terjun ini, sebut saja Air Terjun Sosor Dolok. Ya, nama‘ efrata’ sendiri ialah nama pemberian yang diberikan oleh salah satu turis mancanegara yang berasal dari negeri Eropa.

Air Terjun Efrata  
Tin Pin

Air Terjun Sampuran Efrata ini tidak semacam Air Terjun Sipiso- piso ataupun juga Air Terjun Sigura- gura yang juga berlokasi di dekat Danau Toba yang gampang saja ditemui. Karena Air Terjun Sampuran Efrata ini ialah wisata tersembunyi di balik perbukitan indah yang membentang di dekat Danau Toba sobat gaul.

Air terjun ini dikelilingi oleh rimbunan pepohonan rindang dan hijau yang terletak dalam area  hutan, sehingga jika Kamu diantara sekitar destinasi wisata ini hingga Kamu bakal memandang beberapa binatang semacam burung sampai sekian banyak tipe serangga yang terbang serta hinggap di pepohonan hijau, serta pada malam harinya di dekat area wisata ini juga ada serangga semacam kunang- kunang nampak menyala diantara gelapnya malam sobat gaul.

Air Terjun Efrata  
Medon Satrio M. T. Pakpahan

Air Terjun Efrata
Rocky Sirait

Air Terjun Efrata ini nampak memesona, dengan debit airnya yang lumayan deras. Debit air ni bersumber dari aliran sungai yang ada di atasnya tentunya, serta aliran air ni gak pernah kekeringan walaupun pada musim-musim tertentu terjadinya masa kemarau. Apalagi kala masa penghujan, debit air terjunnya juga jadi sebagian kali lipat derasnya. 

Air terjun tersebut turun lewat tebing- tebing yang terjal serta curam dengan debit air yang deras, seakan memenuhi sungai yang mengalir dibawahnya. Tebing- tebing ini juga wujudnya lumayan unik dan eksotik, dengan tingginya yang menggapai 26 m, tebing- tebing tersebut mempunyai kontur yang bertingkat- tingkat serta di dominasi oleh bebatuan cadas bercorak gelap sobat gaul.

Air Terjun Efrata
Sahat tampubolon

Air Terjun Efrata
Ryan Same

Jika Kamu mau menikmati air terjun sambil berdiri di dekat bebatuan tersebut juga diharapkan berjaga- jaga sebab pasti saja sangat licin dan harus ekstra hati hati ya sobat gaul.

Semacam halnya air terjun yang ada di dekat Danau Toba, Air Terjun Sampuran Efrata ini juga lumayan dingin. Ya, berendam sambil menikmati air terjun memanglah jadi jadwal harus yang wajib dicoba, terlebih sehabis menempuh ekspedisi yang lumayan meletihkan kala mengarah air terjun ini, pasti saja sangat menyegarkan. Sehabis puas berkunjung ke posisi air terjun, Kamu juga pula bisa melaksanakan aktivitas Treking di dekat area hutan sambil menikmati panorama alam dataran besar.

Tiket Masuk dan Parkir di Air Terjun Efrata

Air Terjun Efrata
Sibarani Laguboti

Untuk Kamu yang suka berfotografi, Kamu juga bisa eksplorasi hobbi Kamu di dekat objek wisata ini, karena keelokan objek wisata ini memanglah layak Kamu abadikan di kamera Kamu. Sebab eksotika yang ada di air terjun ini, tidak tidak sering sebagian juru foto handal yang berasal dari Indonesia juga pula sempat menyambangi destinasi wisata air terjun ini buat memotret pemandangan yang ada di sekelilingnya.

Saat ini wisatawan tidak butuh mengeluarkan duit banyak buat bertamasya ke tempat wisara keren ini, cukup membayar duit parkir Rp 2. 000 serta duit parkir Rp5000 buat sepeda motor parkir di rumah warga, wisatawan bisa menikmati dengan leluasa keelokan alam Air Terjun Efrata ini sobat gaul.

Air Terjun Efrata
Siti Soraya Faiza Nasution

Air Terjun Efrata
Sucha Channel

Jadi melancong ke air terjun ini bisa jadi opsi alternatif liburan untuk Kamu sekedar buat mengisi waktu luang sesudah melaksanakan bermacam kegiatan. Di destinasi objek wisata Air Terjun Sampuran Efrata, Kamu tidak cuma bisa merasakan kesegaran airnya, Kamu juga bisa menelusuri area hutan yang hijau sambil menikmati hawa fresh yang masih natural sobat gaul.

Air Terjun Efrata
tiara stg

Air Terjun Efrata 
Alamat: Sosor Dolok, Harian, Sosor Dolok, Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara 22396
Jam buka: 6AM–7PM Wib
Kategori: Air Terjun

Demikianlah ulasan singkat tentang "Air Terjun Efrata Samosir : Wisata Tersembunyi dengan Debit Airnya yang Deras dan Dikelilingi Pepohonan Hijau" kapan sobat gaul akan berkunjung ke destinasi wisata yang keren ini ?