Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun Sipiso-piso Karo : 10 Potret Wisata, Daya Tarik dan Akses Menuju Lokasi

Karogaul.com - Air Terjun Sipiso-piso adalah salah satu objek wisata alam yang terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Sibayak, Sumatera Utara. Air Terjun Sipiso-piso memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan merupakan air terjun tertinggi di Indonesia.

Air Terjun Sipiso-piso terbentuk oleh aliran Sungai Asahan yang bermula dari Danau Toba. Aliran sungai tersebut kemudian jatuh dari tebing batu kapur yang menjulang tinggi membentuk air terjun yang indah. Di sekitar air terjun, terdapat pepohonan yang rimbun dan hijau, serta perkebunan kopi yang memberikan pemandangan yang memukau.

Air Terjun Sipiso-piso dapat dicapai dengan perjalanan sekitar 3 jam dari Kota Medan, menggunakan mobil atau motor. Selama perjalanan, wisatawan akan melalui daerah perkebunan kopi dan desa-desa kecil yang indah. Setelah sampai di tempat parkir, wisatawan masih harus menuruni beberapa anak tangga untuk sampai ke lokasi air terjun.

Air Terjun Sipiso Piso

Air Terjun Sipiso-piso adalah salah satu destinasi wisata paling indah di Pulau Sumatera utara ini soabt gaul. Terletak di Kab. Karo, dan tidak begitu jauh dari pemukiman warga Desa Tongging. Air terjun ini berlokasi di perbukitan hijau dengan ketinggian kurang lebih 800 mdpl dan dikelilingi oleh hutan pinus yang ridah dan hijau.

Adapun pengelolaan wisata alam air terjun ini dipegang langsung oleh Pemda Kab. Karo sobat gaul. Dengan memiliki ketinggian sekitar 120 meter, Air Terjun Sipiso-piso adalah salah satu air terjun tertinggi di Indonesia sobat gaul. 

Air Terjun Sipiso Piso
Pic. Air Terjun Sipiso Piso

Dengan adanya air terjun ini, Kab.Karo menjadi salah satu destinasi wisata yang paling digemari para pengunjung domestik maupun mancanegara sobat gaul.

air terjun sipiso piso

Objek Wisata Air Terjun Sipiso-Piso

Pada saat melihat Air Terjun Sipiso-piso sobat gaul akan terpesona dengan pesona Air Terjun Sipiso-piso yang menawan, ketika kamu berada di Desa Tongging, tempat di mana air terjun ini berada sobat gaul. Sebelum sobat gaul melihat air terjun ini langsung, datanglah ke gardu pandang yang tberada di puncak bukit sobat gaul. kamuakan melihat langsung hamparan keindahan dari Tanah Karo. Dari gardu pandang ini juga, kamu dapat merasakan keindahan Pulau Samosir, pulau yang terletakdi tengah Danau Toba sobat gaul.

Air Terjun Sipiso Piso

Pemandangan indah Danau Toba dari Air Terjun Sipiso-piso Sobat gaul akan puas meraskan pemandangan hijau nan indah dari kejauhan, sobat gaul juga bisa melanjutkan peetualangan menjelajah punggungan bukit hijau untuk mendapatkan sensasi dengan keindahan Air Terjun Sipiso-piso sobat gaul.

Tetapi sobat gaul tak perlu khawatir dalam menjelajah punggungan bukit hijau tersebut sobat gaul, karena telah disediakan jalan yang berbentuk anak tangga dan memang disediakan khusus untuk para pengunjung sobat gaul. Petualangan kesana memakan waktu kurang lebih 1 jam untuk bisa sampai di dasar air terjun sobat gaul. Ketika pada saat perjalanan ke wisata ini, jangan lupa buat menjepret momen indah ini dengan berfoto-foto dengan latar belakang Danau Toba yang begitu sangat memukau sobat gaul.

Air Terjun Sipiso Piso
Pic. Air Terjun Sipiso Piso

Pesona Keelokan Air terjun sipiso-piso akan ternikmati Sesampainya di dasar air terjunnya sobat gaul, arahkan pandangan kamu ke bukit-bukit yang ada di sekekitar air terjun.

Air Terjun Sipiso Piso

Dengan perpaduan kontur  hijaunya pepohonan pinus yang begitu rimbun disertai suara gemercik dan gemuruh air terjun, membuat seketika suasana hati dan pikiran sobat gaul terasa lebih rileks dan tenteram. 
Jangan lupa juga soabt gaul untuk membawa bekal makanan secukupnya untuk dinikmati bersama keluarga kamu saat berada disini apalagi setelah lelah bermain serta menikmati air di Air Terjun Sipiso-piso sobat gaul.

Lokasi Air Terjun Sipiso-Piso

Adapun Air Terjun Sipiso-piso terletak di Desa Tongging, Kec. Merek, Kab. Karo, Sumatra Utara. Kec. Merek terletak kurang lebih 24 km dari Kota Kabanjahe sobat gaul.

Air Terjun Sipiso Piso
Pic. Air Terjun Sipiso Piso

Air Terjun Sipiso Piso
'
Akses Lokasi Air Terjun Sipiso-Piso

Bila sobat gaul menggunakan kendaraan umum dari ota Medan, kamu bisa menggunakan bus dengan jurusan Kabanjahe seperti sutra,murni dengan jarak tempuh sekitar 2 jam sobat gaul. Lalu, setelah sampai di kota Kabanjahe, perjalanan dilanjutkan lagi menggunakn bus dnegna tujuan Danau Toba. Perjalanan ini memakan waktu lagi kurang lebih 30 menit dengan jarak tempuh kira kira 24 Km sobat gaul.

Air Terjun Sipiso Piso

Fasilitas dan Akomodasi Sipiso Piso

Beberapa fasilitas di Air Terjun Sipiso-piso sudah cukup memadai sobat gaul, seperti tersedianya lahan parkir yang luas dan warung makan dikala perut sedang keroncongan. Untuk penginapan sobat gaul bisa menemukannya di Desa Tongging dan Desa Kabanjahe juga soabt gaul.

Air Terjun Sipiso-piso juga dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai, seperti area parkir, toilet, warung makan, dan penginapan. Selain menikmati keindahan alam, wisatawan juga dapat melakukan aktivitas seperti berenang, memancing, dan hiking di sekitar kawasan Air Terjun Sipiso-piso.

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Air Terjun Sipiso-piso, sebaiknya datang pada musim kemarau atau saat cuaca cerah, karena pada musim penghujan air terjun akan lebih deras dan sulit untuk dinikmati. Selain itu, jangan lupa membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen indah selama di Air Terjun Sipiso-piso.

Air Terjun Sipiso Piso
 
Buat  membeli oleh-olehbuat saudara/kerabat bahkan teman,  sobat gaul dapat membelinya di toko souvenir yang ada di destinasi wisata ini. bila sobat gaul masih punya banyak waktu, kamu bisa juga menyempatkan diri buat berkunjung ke Air Terjun Dua Warna yang berlokasi tidak jauh dari Air Terjun Sipiso-piso ini soabt gaul. 

Secara keseluruhan, Air Terjun Sipiso-piso merupakan destinasi wisata alam yang indah dan menarik di Sumatera Utara. Dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, Air Terjun Sipiso-piso menjadi tempat yang tepat bagi para wisatawan yang mencari pengalaman liburan yang berbeda dan menyenangkan.

Sekianlah sobat gaul pembahasan mengenai "Potret dan Lokasi Air Terjun Sipiso Piso, Wisata Favorit di Tanah Karo" semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi panduaan dalam traveling sobat gaul semuanyya. Happy holiday for you all. GBU . . .