Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

💗 Loken Barn 💗

Istana Maimun Medan : Wisata Sejarah mulai dari Putri Hijau hingga Mariam Puntung, Simak ulasannya !

Istana Maimun Medan

Karogaul.com - Istana Maimun berlokasi di Desa kel. Aur, kec. Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara. Istana Maimun mempunyai luas sebesar 2. 772 m2 serta mempunyai 30 ruangan. Istana Maimun terdiri dari 2 lantai serta mempunyai 3 bagian ialah bangunan induk, bangunan sayap kiri serta bangunan sayap kanan sobat gaul.

Bangunan istana ini menghadap ke utara serta pada sisi depan ada bangunan Masjid Al- Mashun ataupun yang lebih diketahui dengan istilah Masjid Raya Medan. Istana Maimun jadi tujuan wisata bukan cuma sebab umurnya yang tua, tetapi pula desain bidang dalamnya yang unik, memadukan unsur- unsur peninggalan kebudayaan Melayu, dengan style Islam, Spanyol, India serta Italia.

Istana Maimun Medan
Taken by Faisal Sir

Istana Maimun Medan
Taken by Dani Iqbal

Tetapi sayang, tempat wisata ini tidak leluasa dari kawasan orang dagang kaki 5 sobat gaul. wisata istana maimun medan ialah bangunan memiliki serta jadi suatu icon kota medan. istana maimun ini bangunannya mempunyai khas melayu yang bercorak kuning. Istana Maimun merupakan salah satu istana sangat indah di indonesia dengan arsitektur mempersona serta mempunyai sejarah menarik.

Sobat gaul tau, Keunikan istana maimun kota medan nampak dari perpaduan kebudayaan melayu yang bernuansa islam di negeri besar yang lain semacam italia, spanyol serta india. istana maimun merupakan suatu istana aset dari kerajaan deli yang di sebut istana gadis hijau. Didalam istana maimun ada suatu marmer prasasti di depan tangga yang bertuliskan bahasa Belanda, yang ialah fakta nyata ada pengaruh Belanda. didalam istana maimun ada pula bermacam berbagai perabot semacam wc, lemari, meja, sofa serta pintu.

Istana Maimun Medan
Taken by Shara Cindytha

Di wilayah komplek wisata istana maimun ada pula suatu meriam puntung. warna kuning istana ini mempunyai makna kebudayaan melayu, sebaliknya nuansa eropa nampak dari bermacam ornamen yang terdapat di istana semacam lemari, lampu, pintu dorong, sofa serta meja sobat gaul. Wisata Istana maimun sangat kental dengan pengaruh agama islam. wisatawan serta turis bisa memandang dari wujud lengkung di bagian atap istana yang mempunyai wujud mirip perahu terbalik. tidak hanya wisata istana maimun pula ada suatu wisata lain semacam masjid angkatan laut(AL) mashun ataupun biasa di tahu dengan masjid raya medan.

Istana Maimun Medan
Taken by Fatin L

Istana Maimun Medan
Taken by Go Adventure Indonesia

Terdapat suatu tumbuhan yang bernama Sri deli medan yang kerap dijadikan pada waktu bulan ramadhan selaku zona wisata kuliner kala berbuka puasa. wisata istana ataupun pada hari libur slalu di kunjungi oleh bermacam turis lokal serta luar negri sobat gaul. di depan istana maimun ada lapangan rumput yang kerap di pakai kanak- kanak buat bermain bola. keunikan dikala mau merambah istana maimun wajib melewati sebagian anak tangga supaya hingga ke ruang utama istana.

Umumnya ada pemusik yang melantunkan irama khas melayu di sisi pintu utama. keelokan wisata istana maimun tidak bisa di bantahkan walaupun sudah berumur lebih dari 125 tahun. istana maimun pula ada suatu potret- potret kerajaan sultan, perabotan rumah tangga belanda kuno serta bermacam tipe senjata sobat gaul. wisata istana maimun pula jadi suatu wisata edukasi keluarga ataupun suatu musem yang pernah di renovasi yang di kelola oleh yayasan sultan mamoen angkatan laut(AL) rasyid. bagian atap menyamai suatu kubah yang di warnai dengan warna cokelat yang sangat menarik.

Istana Maimun Medan
Taken by Hansen Malau

Bagian pintu istana maimun pula di desain melengkung yang identik dengan style negeri persia. di bagunan utama ada balairung yang di pakai buat tempat tunggu untuk tamu yang mau menghadap raja sobat gaul. istana maimun ini salah satu wisata yang lumayan terkenal di indonesia dengan keunikan budaya melayu.

Sejarah Singkat Berdirinya Istana Maimun

Istana Maimun Medan
Taken by Woto Wae

Istana Maimun merupakan suatu istana kesultanan deli di sumatera utara. Istana Maimun ini di desain oleh arsitek italia yang di bangun oleh Sultan Deli serta Sultan Mahmud Angkatan laut(AL) Rasyid. Pembangunan istana maimun ini diawali dari bertepatan pada 26 Agustus 1888 serta berakhir pada bertepatan pada 18 Mei 1891. istana maimun berdiri sebab campur tangan pihak negara- negara lain pula.

Meriam puntung ialah jelmaan dari adik putri hijau dari kerajaan Deli yang bernama Mambang Khayali. Putri Hijau menjelma jadi senjata meriam, supaya tetap mempertahankan istana dari serbuan pasukan raja Aceh, seluruh itu dikerjakannya sebab cintanya ditolak oleh si gadis Hijau sobat gaul. Diceritakan, di Kerajaan Timur Raya, hiduplah seseorang gadis yang menawan jelita, bernama Putri Hijau. diucap putri hijau, sebab badannya memancarkan warna hijau. gadis hijau mempunyai 2 orang kerabat pria yang bernama Mambang Yasid serta Mambang Khayali. Sesuatu kala, datanglah Raja Aceh meminang Putri Hijau, tetapi, pinangan ini ditolak oleh kedua saudaranya.

Istana Maimun Medan
Taken by JunWai Cheng

Istana Maimun Medan
Taken by Michael Johan Bosco

Istana Maimun Medan
Taken by Muftika

Raja Aceh jadi marah, kemudian melanda Kerajaan Timur Raya. Raja Aceh sukses mengalahkan Mambang Yasid sobat gaul. Dikala tentara Aceh hendak masuk istana menculik Putri Hijau, tiba- tiba terjalin keajaiban, Mambang Khayali seketika berganti jadi meriam serta menembak membabi- buta tanpa menyudahi. Sebab selalu menembakkan peluru ke arah pasukan Aceh, hingga meriam ini terpecah jadi 2. Bagian depannya ditemui di wilayah Surbakti, di dataran besar Karo, dekat Kabanjahe.

Sedangkan bagian balik terlempar ke Labuhan Deli, setelah itu dipindahkan ke taman Istana Maimun. Tiap hari, Istana ini terbuka buat universal, kecuali apabila terdapat penyelenggaraan upacara spesial. jadi, makanya ada suatu meriam puntung disini. meriam puntung ini memiliki cerita dimana pada bagian ujung meriam satu melayang yang di yakin oleh penduduk setempat jatuh ke desa sukanalu, kec. barus jahe tanah karo. disini pula ada kegiatan musik tradisional pada hari pekan di kawasan zona Wisata Istana Maimun Sumut.

Harga Tiket Masuk Istana Maimun Medan

Istana Maimun Medan
Taken by Syamsurizal Rizal2

buat tiket masuk ke daerah istana maimun terkategori sangat murah meriah dengan bayaran masuk dekat 5. 000 ribu rupiah per orangnya. bayaran sewa baju adat melayu sebesar 15. 000 ribu rupiah sampai 30. 000 ribu rupiah per setel baju. buat difoto serta mencermati cerita pada meriam buntung wisatawan wajib menghasilkan bayaran sebesar 3. 000 ribu rupiah. ada pula wisata lain di dekat istana semacam Rumah Tjong Afie yang harga tiketnya cuma 35. 000 ribu Rupiah serta hendak dipimpin oleh guide. harga tiket bisa berganti sewaktu- waktu.

Sarana Istana Maimun Medan

Istana Maimun Medan
Taken by Syamsurizal Rizal

Ada bermacam berbagai sarana yang di tawarkan disini semacam busana adat melayu, pernak- pernik melayu, wc, restoran style belanda serta masih banyak lagi yang lain. di sekitaran wisata istana maimun ada pula penginapan serta hotel bila wisatawan mau istirahat dan mau berlama- lama di kota medan dengan bermacam alterasi harga hotel dari murah sampai mahal sobat gaul.

Akses Lokasi Wisata Istana Maimun

para sempaker buat hingga ke tujuan posisi objek wisata ini sangatlah gampang. bila kamu pengujung dari luar pulau sumatera, hingga alangkah baiknya memakai pesawat buat hingga ke kota medan. letak istana ini terletak di alun- alun kota medan ialah yang berjarak kurang lebih 7 km dengan waktu tempuh dekat 23 menit memakai kendaraan individu ataupun kendaraan universal. Istana Maimun terletak tidak jauh dari Masjid Raya Medan yang jaraknya dekat 40 km dari Lapangan terbang Internasional Kualanamu serta 28 km dari Pelabuhan Belawan yang memakan waktu kurang lebih 56 menit buat mengarah ke istana ini.

Istana Maimun Medan
Taken by nuhverdo herlandy

Istana Maimun Medan
Taken by purwo riyadi

Untuk wisatawan serta turis yang memakai kendaraan universal bisa menempuh sebagian rute. bila wisatawan dari Lapangan terbang Kualanamu, naik kereta api dari Stasiun serta naik kereta dengan rute Lapangan terbang Kualanamu Medan( ARS Railink), turun di Stasiun Medan. Berikutnya naik lagi angkot jurusan Amplas serta turun di depan Istana Maimun. bila wisatawan dari Pelabuhan Belawan, naik bis jurusan Amplas serta turun di halte Amplas. 

Istana Maimun Medan
Taken by muhamad rezaldi

Setelah itu naik lagi angkot 64 jurusan Pinang Baris, turun di depan Istana Maimun sobat gaul. Sedangkan turis yang tiba dari Jakarta bisa memakai pesawat terbang dengan rute Jakarta Medan, turun di Lapangan terbang Kualanamu. bergantung kamu ingin seleksi mengenakan kendaraan individu ataupun universal.

Istana Maiumu Medan
Alamat: Jl. Brigjend Katamso No.66, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan
Jam buka: 8AM–5PM Wib
Arsitek: Theodoor van Erp
Mulai dibangun: 1887
Gaya arsitektur: Arsitektur Mughal
Dibuka: 1898

Demikianlah infrmasi tentang "Istana Maimun Medan : Wisata Sejarah mulai dari Putri Hijau hingga Mariam Puntung, Simak ulasannya !" yang menaruh bermacam edukasi sejarah. Bila sobat gaul liburan di wilayah kota menda bersama keluarga, saudara, pacar, teman serta sahabat, hingga tempat wisata yang satu ini jangan hingga di lewati. turis lokal serta mancanegara udah sampai kesini.