Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun Love Bogor : Gemercik Suara Alunan Air Sungai dan Pesona Alam yang Menawan

Karogaul.com - Air Terjun Love menjadi salah satu objek wisata populer di Bogor karena keindahan alamnya yang menakjubkan.

Air Terjun Love memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan debit air yang cukup besar. Air Terjun Love juga memiliki kolam alami yang bisa digunakan untuk berenang atau sekedar berendam. Selain itu, pemandangan sekitar air terjun yang asri dan hijau membuat tempat ini cocok untuk dijadikan tempat berlibur dan bersantai.

Untuk mencapai Air Terjun Love, pengunjung harus melakukan trekking sejauh sekitar 2,5 km dari pintu masuk Taman Nasional Gunung Halimun-Salak. Meski perjalanan cukup melelahkan, pemandangan yang disajikan di sepanjang perjalanan cukup memanjakan mata.

Pengunjung disarankan untuk membawa persediaan air minum dan makanan ringan serta memakai sepatu yang nyaman dan anti slip karena medan perjalanan yang cukup menantang. Selain itu, pengunjung juga harus menjaga kebersihan dan kelestarian alam di sekitar Air Terjun Love dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak flora dan fauna di sekitar air terjun.

air terjun love

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Love adalah area parkir yang cukup luas, area peristirahatan yang dilengkapi dengan gazebo dan meja piknik, serta area untuk mandi atau berenang di kolam yang terbentuk dari aliran air terjun. Di sekitar air terjun juga terdapat beberapa warung makan dan penjual souvenir.

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Love, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari Jakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Setelah tiba di kawasan air terjun, pengunjung harus melakukan trekking sejauh kurang lebih 1 km melewati jalan setapak dan tangga untuk sampai ke lokasi air terjun.

Air Terjun Love merupakan tempat yang cocok untuk melakukan aktivitas rekreasi bersama keluarga atau teman-teman. Dengan suasana alam yang asri dan sejuk, serta udara yang segar, pengunjung dapat menikmati pemandangan air terjun yang indah sambil menikmati kesegaran dan keindahan alam.


Picture by @rizkisetiawant

Ketika musim rekreasi telah tiba ada destinasi wisata bogor yang harus kalian jelajah sekali seumur hidup saja soabt gaul, Wisata keren ini namanya adalah Air Terjun Love Bogor. Selain destinasi wisata alam, taman hiburan dan wisata kuliner, Bogor sendiri terkenal akan wisata air terjun atau curugnya sobat gaul.

Sebelum berubah nama menjadi Air Terjun Love Bogor, dulunya nama curug ini adalah Air TerjunLeuwi Cateng. Namun banyak wisatawan yang menyebut curug ini sebagai Air TerjunLove karena aliran air terjunnya berbentuk seperti hati sobat gaul. Sering juga orang menyebutnya sebagai miniatur Green Canyon Bogor.

Lokasi Curug Love 

Untuk mencapai wisata ini, Air Terjun love ini berlokasi di Desa Bantar Karet, Kec.Nanggung, Kab.Bogor, Jabar. Adapun akses ke lokasi curug love ini sangatlah mudah, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum sobat gaul. 

Curug Love Bogor
pic : foto: https://www.instagram.com/syrl24/

Curug Love Bogor

Saat memasuki area desa Bantar Karet sebelum sampai di air terjun, kalian akan melewati beberapa destinasi wisata yang ada disana, diantaranya seperti Geopark Pongko sobat gaul. Setelah kamu sampai di area parkir, kamu harus berjalan kaki kurang lebih 10 menit untuk tiba di lokasi titik air terjun ini.

Daya Tarik Air Terjun Love 

Mungkin kamu penasaran kenapa tempat ini banyak dikunjungi dan menjadi bahan perbincangkan di media sosial khusunya wisata di bogor, karena daya tarik Air Terjun Love Bogor ini, mempunyai keunikan aliran air yang di apit oleh tebing bebatuan jadi dimana teksturenya terlihat seperti di pahat alami oleh abrasi air dan mirip seperti di arizona sobat gaul.

Curug Love Bogor
pic by : @rantymaria

Selain daya tarik diatas, air disini begitu sangat jernih dan tidak begitu dingin membuat Anda betah untuk berlama – lama bermain air di Air Terjun ini.

Curug Love Bogor
Air Terjun Love Bogor

Adapun Air Terjun Love Bogor di beberapa kolam yang mempunyai kedalaman berkisar 1 Meter  lebih dengan warna air yang agak berwarna hijau dimana kamu bisa berenang sambil menikmati kesegaran air kolam sembari berswafoto di objek utama curug ini sobat gaul.

Tiket Masuk Curug Love Bogor

Untuk harga tiket masuk lokasi wisata air terjun love ini sangatlah murah. Kalian hanya perlu membayar biaya tiket sebesar Rp 10.000 / orangnya sobat gaul. Sedangkan untuk biaya parkir adalah Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil gais. 

Curug Love Bogor
Air Terjun Love Bogor

Keunikan air terjun love bogor

Air terjun Love adalah salah satu objek wisata alam yang terletak di wilayah Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Beberapa keunikan dari Air Terjun Love Bogor antara lain:

Keindahan Alam: Air Terjun Love terletak di tengah-tengah hutan dan dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah. Suasana alaminya sangat asri dan menenangkan, sehingga membuat pengunjung merasa seperti berada di alam yang jauh dari hiruk-pikuk kota.

Tinggi Air Terjun: Air Terjun Love memiliki ketinggian sekitar 7 meter. Meskipun tidak terlalu tinggi, tetapi keindahan dan kealamian yang ditawarkannya sangat menarik untuk dijelajahi.

Kolam Renang Alami: Di bawah air terjun terdapat kolam renang alami yang sangat jernih dan segar. Pengunjung bisa berenang dan bermain air di sini.

Suasana Romantis: Karena keindahannya yang menawan, Air Terjun Love sering dijadikan tempat untuk berkumpul dengan pasangan. Banyak pasangan yang datang ke sini untuk merayakan hari jadi atau bahkan melangsungkan pernikahan.

Keunikan Legenda: Air Terjun Love juga memiliki legenda yang menarik. Konon, air terjun ini terbentuk dari dua anak manusia yang saling mencintai namun terhalang oleh perbedaan kasta. Kedua anak manusia itu akhirnya memutuskan bunuh diri dan tubuh mereka berubah menjadi air terjun yang indah ini.

Akses yang Mudah: Air Terjun Love terletak tidak jauh dari pusat kota Bogor, sehingga sangat mudah dijangkau oleh pengunjung. Selain itu, aksesnya juga cukup mudah karena sudah ada jalan setapak yang terbentuk menuju ke tempat ini.

Harga Tiket yang Terjangkau: Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk yang relatif terjangkau untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Love.

Itulah beberapa keunikan dari Air Terjun Love Bogor. Jika kamu berkesempatan berkunjung ke Bogor, jangan lupa untuk mampir ke tempat wisata yang satu ini!


Air Terjun Love Bogor

Adapun saranayang tersedia di lokasi wisata ini terbilang cukup lengkap sobat gaul. Mulai dari toilet, kamar ganti, warung-warung yang menjual berbagai makanan dan minuman, serta area parkir yang luas yang bikin kamu makin nyaman berada di wisata ini.

Demikianlah pemaparan singkat mengenai "Air Terjun Love Bogor : Gemercik Suara Alunan Air Sungai dan Pesona Alam yang Menawan" semoga sobat gaul tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata indah ini. Happy holiday . . .