Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebun Kurma Tanah Karo : Petik Langsung Buahnya di Ladang Kampung Karo

Kebun Kurma Tiganderket
Kebun Kurma Tanah Karo

Kebun kurma Karo adalah sebuah perladangan kebun kurma yang terletak di daerah Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Seperti yg kita ketahui, Dataran Tinggi Karo memiliki kondisi geografis yang cocok untuk pertumbuhan tanaman Kurma, seperti ketinggian yang cukup, iklim yang tropis dengan suhu dan kelembaban yang cocok

Kebun kurma Karo biasanya ditanami dengan varietas kurma yang dikenal sebagai kurma Medjool, yang merupakan salah satu jenis kurma paling populer di dunia saat ini. Selain itu, di kebun kurma Karo juga terdapat varietas kurma lain seperti kurma Zahidi dan kurma Deglet Nour.

Kebun kurma Karo dikelola oleh petani lokal yang terampil dan berpengalaman dalam menanam kurma. Proses penanaman, pemeliharaan, dan panen kurma dilakukan dengan hati-hati untuk memastikan kualitas buah yang dihasilkan terjaga dan berkualitas.๐Ÿ’•

Kebun kurma Karo menjadi salah satu potensi pariwisata daerah Karo, di mana wisatawan dapat berkunjung ke kebun kurma dan belajar tentang proses penanaman dan pemeliharaan kurma, serta mencicipi langsung kurma yang dipetik dari pohonnya.

Kebun Kurma Tanah Karo

Kurma merupakan buah yang banyak berkembang di wilayah padang pasir, seperti negara- negara di Timur Tengah itu lho sobat gaul. Buah ini juga kerap disarankan buat disantap dikala buka puasa pada bulan Ramadhan.

Meski tempat asalnya tidak dikenal asal mula tanaman kurma ini tumbuh, ada kemungkinan tumbuhan ini berasal dari tanah sekitaran Teluk Persia. Buahnya dijadikan makanan pokok di wilayah Timur Tengah juga Afrika Utara sobat gaul.

Saat memasuki bulan suci ramadhan tentu banyak warga mau komsumsi buah ini ketika berbuka puasa. Tidak hanya sebagai penikmat dikala berbuka puasa, buah ini pula mempunyai bebagai khasiat buat kesehatan badan atau tubuh sobat gaul.

Kebun Kurma Di Tanah Karo๐Ÿ’•

wisata kebun kurma tanah karo
sc. image. lapakbuah. com

Sahabat udah pada ketahui kan, kalau bahwasannya buah semacam ini bisa kita temui di kampung Tanah Karo loh. Disini pihak pengelola udah ada yang sukses membudidayakan buah ini dengan baik. Apalagi sudah menghasilakan buah yang begitu banyak sobat gaul.

Dataran tinggi Karo merupakan kawasan kurma ini sedang bertumbuh, apalagi ada kemungkinan suatu saat bakal jadi penghasil buah kurma terbesar di prov. sumut, sebab nyatanya tumbuhan kurma karo tersebut berkembang produktif serta menciptakan buah yang bermutu dan bagus di wilayah sumut ini sobat gaul.

Wujud sukses pembudidayaan kurma karo ini berawal dari Pak Bena Ukur Tarigan, beliau adalah seseorang mantan guru serta kepala sekolah yang memiliki keberanian buat menanam kurma karo di Kab. Karo saat ini sobat gaul. 

Beliau mulai menanam kurma ini semenjak kurang lebih 7 tahun yang lalu pada lahan seluas kurang lebih bekisar 1,5 ha. Pak Bena Ukur Tarigan memperoleh bibit kurma ini dari Inggris, yang merupakan hasil dari  metode Kultur Jaringan sobat gaul.

wisata kebun kurma tanah karo
wisata kebun kurma tanah karo

Disini ada 207 tumbuhan betina kurma sukari, serta ada sekitar 40 tumbuhan penyerbuk. Jangan bayangkan kalau kurma itu cuma di wilayah gurun aja soabt gaul, tampaknya disini juga dapat ditanam lho sobat gaul.

Dengan berhasilnya membudidayakan buah kurma karo tersebut, maka dari itu banyak nih para wisatawan turis penasaran mau datang secara langsung nengok tumbuhannya serta menyantap buah kurma tersebut. Meski cuma datang serta memandang begitu saja. Banyak warga yang begitu bersemangat tiba berkunjung untuk mengekplorasi tempat eksotik ini lho sobat gaul.

Buat sobat gaul yang pula udah penasaran semacam apa tempat kurma karo tersebut, Kalian dapat tengok nih barang kali, serta ingin langsung memandang keindahan kebun kurma karo tersebut, apalagi belum lama ini, kebun kurma karo ini terus menjadi ramai didatangi oleh para turis dari berbagai daerah sobat gaul.

Lokasi Wisata Kurma Tanah Karo๐Ÿ’•

Buat sobat gaul yang mau berkujung kesana, secara adminitrasi posisi kebun kurma karo ini terletak di
 
Kebun Kurma Karo๐Ÿ‘‡
Lokasi :Kuta Mbaru, Kec. Tiganderket, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
Jam buka : 17.30 Wib
Kontak : 0823-6332-1633

Buat lebih mudahnya, rute buat sampai di kebun kurma karo ini. Perjalanan menuju kemari mulai dari medan mengarah berastagi. Sesampai di berastagi terdapat tugu kol, Dari tugu kol itu kamu masuk simpang Kanan, lanjut perjalanan ke simpang 4. Hingga di simpang 4, terdapat persimpangan 4 arah, lanjut yang lurus dari tugu kol terus ikuti jalan besar mengarah ke kampung tiga nderket. 

Sampe di kampung tiga nderket lanjut terus perjalanan hingga ke jembatan lahar dingin, tepat di jembatan ke 2 lanjut jln 200 meter, terdapat simpang ke kanan masuk 200 meter, dari simpang kanan masuk 200 meter gak lama lagi kamu bakal temui kebun kurma karo tersebut sobat gaul.

Tiket Masuk Wisata Kurma karo๐Ÿ’•

Kebun Kurma Tanah Karo

Sebelum kalian datang berkunjung ke wisata kebun kurma karo ini, pastinya kamu juga mempersiapkan retribusi untuk tiket masuk ke kebun kurma karo ini. Buat dapat masuk ke kebun ini. Wisatawan hendak ditarifkan bayaran masuk sebesar  Rp30.000, 00 /orang. Khusus anak - anak tidak dipungut tiket masuk atau gratis ya sobat gaul.

Kegiatan Wisata Kurma Karo๐Ÿ’•

wisata kebun kurma tanah karo
sc. image. lapakbuah. com

Ngomongin kegiatan wisata apa saja yang dapat kalian lakuin disini, yah memanglah tidak seperti kalian liburan di Air Panas Pariban ataupun Mike Holiday yang begitu memanjakan hari liburan kamu. Tetapi liburan kesini lumayan asik kok buat membebaskan penat dari lelahnya bekerja.

Disini, kamu tidak hanya melihat kebun kurma karo saja, kamu juga dapat medapatkan informasi yang berguna seputar tumbuhan Kurma. Contohnya bila kamu tertarik mau menanam tumbuhan kurma karo di taman beakang rumah kamu misalnya. Disini udah disediakan panduan dan proseduralnya. 

Disini sobat gaul bisa mengenali info seputar kurma karo, seperti apa metode menumbuhkan pohon kurma karo ini. Itu bisa jadi terlihat simpel, Tetapi sangat berguna untuk kamu yang memerlukannya nanti sobat gaul.๐Ÿ’–

Gak hanya itu, yah uda pastilah aktvitas wisata disini berpotret- potret buat video-videh short untuk sosmed dijamin viewnya pasti kece banget deh. Disini kalian dapat mengabadikan momen kalian secara puas dengan pose kalian yang keren serta menawan dikala buat di posting di sosmed sobat gaul.

Tidak cuma begitu doang, Disini pula ada suatu sarana kolam renang yang dapat membuat wisatawan turis betah berlama- lama liburan ketempat ini. Buat menikmati berbentuk sarana ini, Tiket masuknya free, ataupun tiket masuk Rp30. 000, 00 itu udah tercantum buat tiket masuk kolam renang tersebut.

Oleh- Oleh dari Kebun Kurma๐Ÿ’•

wisata kebun kurma tanah karo
sc. image. lapakbuah. com

Pengunjung yang begitu merasakan puas dengan rasa buah kurma karo yang dibudidayakan di tempat ini. Kalian juga dapat membelinya buat oleh- oleh di bawak kerumah lho sobat gaul.

Buat harga Kurma karo yang mudanya 250 ribu rupiah perkilo, kurma karo yang kuning 200 ribu, kurma karo yang mateng (coklat) 150 ribu perkilo. Di mari pula menjual buah naga serta pula salak, jadi jika kamu gak ingin beli kurma karo, buah tersebut dapat pula jadi oleh- oleh, ataupun santapan diperjalanan sobat gaul.

Nah seperti itu informasi singkat tentang kabar wisata Kebun Kurma di Tanah Karo. Lekas rencanakan liburan ke mari serta rayakan kebersamaan yang hangat dengan keluarga ataupun pendamping kamu. Selamat liburan sobat gaul! Enjoy the trip!

Mejuah-juah๐Ÿ’•