Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 7 Potret Pemandian Bah Tio : Airnya Bening bak Kaca Tembus Pandang Sampai ke Dasar

Karogaul.com - Pemandian Bah Tio Simalungun adalah sebuah tempat wisata yang terletak di Desa Bah Tio, Kecamatan Siantar Narumonda, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Indonesia. Tempat ini terkenal karena memiliki sumber air panas alami yang berasal dari bawah tanah dan memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi.

Air panas di Pemandian Bah Tio dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti membantu mengurangi nyeri otot, mengurangi stres, meningkatkan sirkulasi darah, serta membantu mengatasi masalah kulit. Selain itu, tempat ini juga menyediakan kolam renang dengan air panas yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Pemandian Bah Tio Simalungun juga memiliki suasana yang sejuk dan asri dengan pemandangan alam yang indah. Selain berendam di kolam air panas, pengunjung juga dapat berjalan-jalan di sekitar area pemandian dan menikmati pemandangan alam sekitar.

Untuk menuju ke Pemandian Bah Tio, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Harga tiket masuk ke tempat ini juga terjangkau dan terdapat fasilitas umum seperti kamar mandi dan warung makan.

Pemandian Bah Tio

Salah satu wisata di kab. simalaungn yang lagi ngehits dan viral saat ini adalah "Pemandian Bah Tio" yang berlokasi di tengah kebun sawit yang begitu luas sobat gaul, pemandian ini terletak di Nagori Silampuyang, Kec. Siantar, Kab. Simalungun soabt gaul yang dimana akhir-akhir ini sudah banyak dikunjungi berbagai pengunjung darimana saja soabt gaul.

Wisata Pemandian Bah Tio layak dijadikan sebagai salah satu alternatif kunjungan wisata saat anda ber rekreasi ke Simalungun sobat gaul. alasanyya krena letak wisata ini hanya 12 km saja dari Kota Siantar. tidak begitu jau untuk menemukan wisata inidah ini soabt gaul.

Menurut salah satu pemilik warung di destinasi wisata ini si boru Torus, Pemandian Bah Tio/Aqua adalah milik bersama dan para wisatawan tidak dipungut biaya sama sekali dan termasuk parkir juga lho sobat gaul. jadi tempat wisata ini masih free alias gratis gaiss . . .


Pemandian Bah Tio

Tak hanya itu, para pengunjung juga tidak dilarang membawa makanan dan minuman sobat gaul. “Mulai pagi hingga sore hari saya buka usaha di sini dan saya hanya menjual ths manis, kopi dan makanan ringan lainnya, tapi setiap minggu pemandian ini harus saya bersihkan karena material yang datang dari arah Timur masuk ke sekitar pemandian.

Ternyata banyak juga wisatawan yang sudah tahu akan keberadaan lokasi wisata ini salah satunya adalah Lili (47), warga Siantar dan Limbong Sitorus saat ditemui di areal pemandian mengatakan bahwa sudah mengenal pemandian Bah Tio/Aqua sejak dari tahun 2005 sobat gaul.


Pemandian Bah Tio

Tetapi, sampai saat ini wisata pemandian itu belum sepenuhnya mendapat perhatian dari pemerintah Kab. Simalungun sobat gaul. Dimana jika kita lihat akses jalan dan infrastruktur lainnya ditempat ini belum cukup mendukung sobat gaul padahal Pemandian ini asli dari mata air alam yang begitu alami.


Pemandian bah tio 


Pemandian bah tio

Semoga saja kedepannya pemerintah daerah (PemDa) kiranya dapat bekerjasama dengan masyarakat untuk melestarikan pemandian ini ataupun mempromosikan melalui media sosial dan akses jalan menuju lokasi pemandian agar dibenahi juga soabt gaul.

dan untuk kamu yg berkunjung ketempat ini, jangan lupa untuk share di sosial mediamu agar banyak orang tau akan keberadaan wisata yang unik ini ya sobat gaul.


Pemandian Bah Tio

Sobat gaul pastinya  akan terpesona ketika berada ditempat wisata ini, diamna banyaknya air yang selalu keluar dari mata air ini mencapai kurang lebih 200 Liter perdetik dengan luas areal pemandian berkisar 150 meter persegi sobat gaul.

Kebeningan air yang ada pada kolam alami ini katanya bersumber dari Danau Toba. Sebabnya, di sini juga ditemukan ikan yang biasa hidup di Danau Toba sobat gaul. Beberapa opini setempat menyebutkan bahwa ada terowongan di bagian bawah kolam yang mengalirkan air dari Danau Toba menuju Bah Tio. Cukup keren bukan . . .


Pemandian Bah Tio

Adapun pun cerita-cerita berbau ‘konon’ atau "mistis" kerap kali hadir sebagai penambah daya tarik dari sebuah destinasi tempat yang membuat pengunjung selalu penasaran ya kan sobat gaul.

Selain itu, Pemandian Bah Tio Simalungun juga dikenal karena keindahan alamnya yang masih sangat asri dan terjaga dengan baik. Wisatawan dapat menikmati pemandangan hijau yang mempesona di sekitar kolam renang, serta melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, bersantai, dan menikmati keindahan alam.

Secara keseluruhan, Pemandian Bah Tio Simalungun adalah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi bagi mereka yang mencari pengalaman alam yang indah dan menyegarkan. Namun, pastikan untuk mematuhi aturan dan menjaga kebersihan lingkungan saat berkunjung ke tempat ini.

Demikianlah pembahasan mengenai "Inilah 7 Potret Pemandian Bah Tio : Airnya Bening bak Kaca Tembus Pandang Sampai ke Dasar" apakah soabt gaul tertarik untuk mengunjungi pemandian yang super bening ini. dan merasakan suasana sensasi berenang di air mineral yang begitu jernih. Happy holiday.