Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Panas Tirta Lebak Buana : 10 Potret Wisata, Daya Tarik dan Akses Menuju Lokasi

Air Panas Tirta Lebak Buana

Karogaul.com - Inilah destinasi wisata yang lumayan menarik serta banyak diminati turis kala melancong di wisata ini, Destinasi wisata ini merupakan Kolam pemandian Air Panas ataupun lebih diketahui pemandian Cipanas, sebab letakknya terletak di Kec. Cipanas, Kab. Lebak di Banten Selatan. 

Semenjak dikelola langsung oleh Pemkab Lebak pemandian air panas ini mempunyai nama Tirta Lebak Buana. Walaupun begitu, tetap saja wisatawan dari Tangerang, Pandeglang, Bogor serta Jakarta banyak mengenalnya dan menyebutnya dengan istilah pemandian Cipanas saja.

Lokasi Wisata Air Panas Tirta Lebak Buana

Air Panas Tirta Lebak Buana
Foto oleh arief syah

Keberadaanya terletak di Kec. Cipanas, Kab. Lebak di Banten Selatan. Pas terletak kurang lebih 100 m dari Pasar Gajrug( jika berangkat dari arah Serang, namun jika dari arah Bogor titik temunya dari pasar Jasinga). 

Jika ingin tahu jarak dari kota Rangkasbitung, ibukota Kab. Lebak, yakni kurang lebih 40 km, serta lurus saja hingga Cipanas hendak terletak di tepi Jalur Raya Cipanas.

Air Panas Tirta Lebak Buana
Foto oleh Adska

Adapun kelebihan kolam pemandian air panas Tirta Lebak Buana merupakan buka selama 24 jam. Kamu dapat mengunjunginnya kapan juga. Kamu pula dapat mampir menikmati kulineran di sekitaran area pemandian. 

Terdapat banyak penjual jajanan lezat, semacam bakso, seblak, es boba serta mmakanan gurih lainnnya. Buat tarif jajanan di dalam komplek pemandian terbilang relatif murah dan terjangkau.

Tiket Masuk Air Panas Tirta Lebak Buana

Air Panas Tirta Lebak Buana
Foto oleh Achmad Kurnia

Cukup dengan membayar tiket masuk wisata sebesar Rp 8. 000,- bagi dewasa, serta Rp 6. 000,- bagi umur kanak- kanak, air panas di Cipanas Lebak tirta buana ini siap merelaksasi badan kita. 

Siapkan pula seribu serta 2 ribu rupiah buat ruang bilas serta parkir kendaraan bermotor untuk yang bawa perlengkapan transport. 

Tenang saja tak perlu khawatir untuk parkiran, lahan parkir di taman ini sanggup menampung hingga 500 motor serta 25 mobil. Untuk yang tidak bawa, jadikanlah saung bambu di sekitar kolam utama selaku tempat rehat yang aman dan nyaman.

Air Panas Tirta Lebak Buana
Foto oleh aried Syafaat

Air Panas Tirta Lebak Buana
Foto oleh Bagus Adirianto

Air Panas Tirta Lebak Buana
Foto oleh Manik Pramanik1

Air panas Tirta Lebak Buana pas banget didatangi dengan keluarga. Kolam pemandian air panas natural ini mempunyai 3 kolam renang. 

Satu kolam kecil dengan kedalaman kurang lebih 50 centimeter buat berendam kaki, satu kolam lagi tingginya kurang lebih 1 m serta tidak sangat panas buat kanak- kanak, serta satu lagi kolam besar yang tingginya 1 m 50 centimeter serta jernih airnya buat orang berusia. Air panas di Tirta Lebak Buana cipanas bersumber dari sekitar posisi pemandian.

Air Panas Tirta Lebak Buana
Foto oleh Ibal Aldi

Air Panas Tirta Lebak Buana
Foto oleh Legi Telur Mania

Air Panas Tirta Lebak Buana
Foto oleh Rheda Delanoe

Kolam air panas dengan temperatur antara 45 derajat serta 80 derajat Celsius ini memanglah tempat yang sesuai buat berendam, makanya jumlah wisatawan tiap tahunnya terus bertambah. 

Karena pemandian air panas ini tidak cuma dijadikan tempat wisata, melainkan selaku tempat pengobatan kesehatan.

Serta untuk masyarakat sekitar, berendam di Cipanas pula cocok dengan keadaan cuaca tirta Lebak buana yang cukup agak sejuk udaranya bila di pagi serta malam hari, serta terkadang pula kerap tiba hujan, barangkali sebab dekat dengan perbatasan wilayah Bogor, jadi berendam buat badan fresh serta sehat dari berbagai penyakit kulit.

Air Panas Tirta Lebak Buana
Foto oleh Martha Pranata

Air Panas Tirta Lebak Buana
Foto oleh riski setiabudi

Air Panas Tirta Lebak Buana
Foto oleh Saevi Evi

Air Panas Tirta Lebak Buana 
Lokasi : Jl. Raya Rangkasbitung-Bogor Km. 37, Jl. Nasional 1, RW.1, Cipanas, Kec. Cipanas, Kab. Lebak, Banten 
Jam buka 24 Jam
Kontak : 0878 7113 0557

Demikianlah ulasan singkat mengenai "Air Panas Tirta Lebak Buana : 10 Potret Wisata, Daya Tarik dan Akses Menuju Lokasi " kapan sobat gaul mandi mandi ke air panas sejuk ini ?