Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugu Monas Jakarta : Destinasi Liburan Keluarga Paling Hits di Ibu Kota

Tugu Monas Jakarta

Karogaul.com - Jakarta memanglah sangat identik dengan Monas ataupun Monumen Nasional. Bangunan yang dibentuk pada pemerintahan RI pertama Soekarno ini sarat akan ttingginya nilai sejarah, paling utama berhubungan dengan cerita  kemerdekaan bagi rakyat Indonesia sobat gaul.

Selaku salah satu ujuan wisata wajib di Jakarta, Monas tidak hanya selaku fasilitas tamasya edukatif serta sejarah pula memiliki bermacam wahana menarik yang lain soabt gaul. Terlebih lagi harga tiket yang murah menjadikan destinasi ini senantiasa ramai didatangi.

Review Monas Jakarta

Tugu Monas Jakarta
Foto oleh Kaga

Monas ataupun Monumen Nasional merupakan suatu tugu peringatan setinggi 132 m yang didirikan buat mengenang perlawanan serta perjuangan oleh rakyat Indonesia saat merebut kemerdekaan dari penjajahan kolonialisme soabt gaul.

Monumen Nasional mulai dibentuk pada bertepatan pada 17 Agustus 1961 di dasar arahan presiden Soekarno. Setelah itu mulai dibuka buat universal semenjak bertepatan pada 12 Juli 1975, ataupun kurang lebih 14 tahun semenjak mulai dibentuk.

Tugu Monumen Nasional jadi ikon utama DKI Jakarta dan selaku salah satu monumen sangat terkenal di Indonesia sobat gaul. Tugu Monas mempunyai mahkota berbentuk lidah api yang dilapisi emas sobat gaul, sebagai tanda simbol perjuangan.

Tugu Monas Jakarta
Tugu Monas Jakarta

Sedangkan itu posisinya terletak pas di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat sobat gaul. Desain dan konsep konstruksi Monas didasarkan pada konsep pendamping umum abadi, ialah Lingga serta Yoni, selaku simbol kesuburan serta kesatuan.

Tidak hanya tugu Monumen Nasional yang eksotik, di dalamnya pula ada bermacam web bimbingan serta sejarah sobat gaul. Semacam relief sejarah Indonesia, Museum Sejarah Nasional, Ruang Kemerdekaan, serta pelataran puncak serta api kemerdekaan.

Wahana di Monas

Ada banyak spot gambar seru serta instagramable yang tersebar di segala zona tempat wisata. Sebagian wahana yang terdapat di Monas ialah:

Tugu Monumen Nasional

Tugu Monas Jakarta
Foto oleh Devi Dimitra Maksum

Tugu Monas merupakan suatu bangunan ikonik di area Monumen Nasional yang terdiri atas 117, 7 m obelisk di atas suatu landasan persegi setinggi 17 m sobat gaul. Pintu masuknya terletak di suatu terowongan 3 m di dasar nya.

Pelataran Puncak serta Api Kemerdekaan

Tugu Monas Jakarta
Tugu Monas Jakarta

Pada puncak tugu Monumen Nasional, ada suatu cangkir yang menopang nyala lampu perunggu sobat gaul. Beratnya menggapai 14, 5 ton dengan susunan emas 35 kg, lidah api ini berdimensi besar 14 m dengan diameter 6 m.

Relief sejarah Indonesia

Tugu Monas Jakarta
Tugu Monas Jakarta

Pada tiap sudut taman luar Monas ada relief yang menggambarkan sejarah Indonesia. Diawali di sebelah timur monas dengan cerita pada masa kejayaan Nusantara sobat gaul, bersinambung kronologis searah jarum jam sampai cerita kemerdekaan.

Museum Sejarah Nasional

Tugu Monas Jakarta
Tugu Monas Jakarta

Pada kedalaman 3 m di dasar Monumen Nasional ataupun sehabis pintu masuk ada Museum Sejarah Nasional seluas 80 m persegi. Ruangan ini berisi peninggalan sejarah Indonesia dari masa pra sejarah sampai masa Orde Baru.

Ruang Kemerdekaan


Tugu Monas Jakarta
Tugu Monas Jakarta

Pada puncak Monas ataupun di bagian dalam cangkir monumen ada amphitheater selaku Ruang Kemerdekaan. Di dalamnya ada naskah asli bacaan proklamasi, lambang negeri, peta Indonesia, sampai bendera merah putih.

Harga Tiket Masuk

Berikut ini harga tiket buat masuk ke dalam Monumen Nasional.

Tiket masuk Museum
Pelajar Rp3. 000
Dewasa Rp5. 000
Anak- anak Rp2. 000

Tiket masuk Pelataran Puncak serta Api Kemerdekaan

Pelajar Rp5. 000
Dewasa Rp10. 000
Anak- anak Rp2. 000

Perihal yang Dapat Dicoba di Sini

Tugu Monas Jakarta
Foto oleh Indra Mahendra

Bila kamu bingung“ jika kesini enaknya mengapa sih? jangan bimbang serta pusing. Sebab berikut ini merupakan sebagian saran/ opsi aktivitas yang bisa kamu jalani di mari.

1. Wisata Sejarah yang edukatif
Selaku situs sejarah serta suatu museum, sebagian wahana yang terdapat di Monas memanglah sebagian besar bernilai edukatif.

Sehingga mengajak keluarga paling utama kanak- kanak ke Monas hendak tidak hanya buat tamasya pula hendak menambahkan pengetahuan soabt gaul.

2. Memandang Kota Jakarta dari Puncak Monas
Naik ke puncak Monas pada pelataran puncak serta api kemerdekaan, wisatawan dapat memandang gedung- gedung pencakat langit di Jakarta. Apalagi, apabila hawa terang, Gunung Salak di Jabar hendak nampak begitu jelas sobat gaul.

Tugu Monas Jakarta
Foto oleh Dhani Wazza

3. Melihat Air Mancur Menari
Pertunjukan air mancur menari merupakan salah satu atraksi yang dipertontonkan di Monumen Nasional. sobat gaul. Umumnya dicoba pada akhir minggu, Sabtu ataupun Pekan malam, dari jam 19. 30 sampai 20. 30 Wib sepanjang kurang lebih 20- 30 menit.

4. Naik Kereta Wisata
Bila wisatawan letih berjalan kaki di areal wulayah wisata Monas sobat gaul, cobalah buat menaiki kereta wisata.

Tidak hanya free, menaiki kereta wisata pula sanggup menjauhi dari terik panas ibukota Jakarta.

5. Olahraga ataupun Melancong Kuliner

Halaman yang terdapat di dekat Monumen Nasional berbentuk suatu hutan kota yang dirancang berupa halaman, dapat jadi arena buat olahraga.

Tugu Monas Jakarta
Foto oleh Haziel Yonathan

Tidak hanya itu bila perut lapar, kunjungi lah bermacam- macam wisata kuliner khas yang terdapat di kawasan Monas.

Monumen Nasional atau yang disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Wikipedia

Tugu Monas
Lokasi : Gambir, Central Jakarta City, Jakarta
Jam buka : 8AM–10PM
Telepon: (021) 3822255
Dibuka: 12 Juli 1975
Mulai dibangun: 17 Agustus 1961
Arsitek: Friedrich Silaban, R.M. Soedarsono
Kontraktor utama: P.N. Adhi Karya (tiang fondasi)

Demikianlah ulasan singkat mengenai "Tugu Monas Jakarta : Destinasi Liburan Keluarga Paling Hits di Ibu Kota" komen dong bagi sobat gaul yang tiap akhir pekan liburan kesini . . .