Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Wisata Balige Yang Paling Banyak Dikunjungi Karena Pesonanya Begitu Menawan

Wisata Balige

Karogaul.com - Kebanyakan orang bisa jadi belum begitu sering di dengar dengan Balige. Terus, gimana dengan Kab. Toba( dahulu Kab. Toba Samosir)? So, Balige merupakan salah satu kecamatan sekalian ibukota di kabupaten ini.

Berada di tepi Danau Toba, tidak kalah dengan areal wisata lain di sekitarnya, Balige mempunyai beberapa destinasi wisata yang menawan serta dapat jadi alternatif rekreasi bila kalian kebetulan lagi berkunjung ke Sumut.

Buat dapat menggapai Balige, turis dari Jakarta dapat menempuh petualangan hawa langsung ke Lapangan terbang Sisingamangaraja XII, ataupun diucap pula Bandara Silangit.

Wisata Balige
Foto oleh Saskia Dea

Setelah itu, wisatawan hendak mengendarai kendaraan roda 4 mengarah Balige dengan waktu tempuh sangat lama sekitar 2 jam. Sebaliknya bila mau menempuh jalan darat dari Kota Medan, lama perjalanan dapat mencapai 6 jam perjalanan.

Walaupun kota Balige tidak begitu terkenal digolongan para turis, namun Balige mempunyai wisata kuliner yang khas serta areal wisata yang unik serta menarik didatangi.

Pengen tau apa aja serta dimana saja destinasi wisata di Balige yang menarik buat didatangi? Berikut adalah rekomendasi areal wisata di Balige yang asik buat liburan dengan sahabat maupun keluarga, ini ulasannya:

1| Pantai Lumban BulBul

Salah satu destinasi wisata di Balige yang sangat terkenal merupakan Pantai Lumban Bulbul. Tepi laut ini ialah salah satu tepian dari Danau Toba. Pasirnya putih serta ombaknya tidak terlalu besar, membuat posisi ini sangat sesuai buat bersantai.

Pantai Lumban BulBul
Foto oleh Anthonius Simangunsong

Tidak hanya itu, untuk wisatawan yang mau bermain air juga tidak butuh takut sebab sarana permainan semacam pelampung, banana boat serta perahu serta buat berkelana sudah ada. Wahana game ini disewakan seharga Rp5. 000 sampai Rp30. 000.

Di sekitar tepi laut pula banyak ditemui penginapan yang dikelola warga sekitar, dengan harga sewa sekitar Rp200. 000 per malam. Warung yang menjual santapan lokal pula nampak berjejer di tepi danau. Wisatawan pula dapat menyewa tikar buat bersantai dari warga sekitar dengan harga bekisar Rp15. 000 per tikar

Ada sebagian cafe yang kerap didatangi turis antara lain merupakan Aquino Cafe, Gadis Tao Resto, Wina Cafe, serta masih banyak yang lain.

2| Pantai Lumban Silintong Balige

Tidak hanya pantai Lumban BulBul, pantai Lumban Silintong Balige pula jadi areal wisata di Balige yang menarik buat didatangi. Tepi laut ini terletak di desa lumban silintong, kec. Balige, Kab. Toga, Sumut

Pantai Lumban Silintong Balige
Foto oleh Maruahal Hutapea

Tepi laut Lumban Silintong Balige jadi areal wisata di Balige yang memiliki panorama alam mempesona. Tepi laut ini airnya tenang serta tidak mengenal sebutan pasang surut.

Sebab seperti itu banyak turis yang bermain air serta menyewa banana boat tanpa khawatir terserang ombak. Tepi laut Lumban Silintong mempunyai sebagian cafe yang biasa didatangi oleh anak muda.

3| Air Terjun Sigura- gura

Kawasan wisata di Balige yang asik buat rekreasi berikutnya ialah Air Terjun Sigura- gura. wahana Air Terjun Sigura- gura ini mempunyai ketinggian kurang lebih 250 m, sehingga membuatnya sebagai air terjun paling tinggi di Indonesia salah satunya.

Air Terjun Sigura- gura
Foto oleh Igo Tri Atmaja

Bukan cuma tinggi, air terjun yang terletak di Desa Halado, Kec. Pintu Pohan Meranti, Kab. Toba Samosir ini pula mempunyai panorama alam alam yang masih asri, sejuk, serta hijau karena pepohonan hutan di sekelilingnya.

Tidak hanya itu, deretan tebing besar, terjal, serta licin yang terukir di sekelilingnya pula memenuhi keelokan air terjun. Bukan cuma itu saja, para wisatawan pula dapat menjajal berolahraga arum jeram di arusnya

4| Wisata Desa Meat

Desa Meat di Kec. Tampahan, Kab. Toba Samosir merupakan salah satu titik buat memandang keelokan Danau Toba, ialah salah satu danau terbesar di Indonesia, yang berada di tengah pulau Sumatera Utara.

Wisata Desa Meat
Foto oleh boima simanjuntak

Desa yang berada pas di pinggiran Danau Toba ini populer dengan panorama alam alam yang luar biasa, mulai dari panorama alam dengan bentangan pesawahan hijau, sampai panorama alam tepi laut serta pegunungan.

Tidak hanya itu, destinasi wisata di Balige yang satu ini pula ialah salah satu surga untuk para pemancing. Cuma saja, buat mengarah ke desa yang eksotik ini, para wisatawan diwajibkan melewati jalur yang berbatu, terjal, serta menukik.

5| Bukit Tarabunga

Bukit Tarabunga
Foto oleh Cibubur Kerja

Bukit Tarabunga terletak di Balige, Toba Samosir, Sumut. Bukit Tarabunga menyuguhkan panorama alam barisan bukit di pinggir danau Toba yang menawan serta mempesona.

Destinasi wisata di Balige ini mempunyai banyak spot gambar menarik yang dapat dicoba turis. Bukit Tarabunga senantiasa ramai didatangi turis paling utama dikala akhir minggu serta weekend.

6| Museum TB Silalahi

Museum TB Silalahi merupakan areal wisata sejarah berbentuk museum individu yang mengupas perjalanan seseorang Ayah TB Silalahi. 

Museum TB Silalahi
Foto oleh Jerry Simorangkir

Petualangan kehidupan dia diawali sejak dia masih kecil kala masih jadi penggembala kerbau, sampai jadi seseorang jenderal. Harapannya, cerita ini bisa memotivasi anak muda buat mencapai cita- cita. Tidak cuma itu, museum ini pula terbuat untuk melestarikan adat istiadat Suku Batak.

Bermacam produk kebudayaan Batak bisa kita pelajari di mari. Mulai dari ulos, aksara Batak, silsilah keluarga Batak, boneka Sigale- gale, sampai pakaian tradisional Batak. 

Deskripsi tiap- tiap barang juga sudah ada dalam Bahasa Indonesia ataupun Inggris. Museum ini berada di Jalur Pagar Batu Nomor 88 Desa Silalahi.

7| Sapo Juma Tongging

Sapo Juma sesungguhnya ialah suatu penginapan di pinggir Danau Toba. Atmosfer yang tenang dengan panorama kecantikan Danau Toba merupakan perihal yang hendak kamu miliki.

Sapo Juma Tongging
Foto oleh Tukang jalan

Belum lama nama Sapo Juma lumayan hits di media sosial khususnya di IG. Perihal ini tidak lepas dari keelokan bunga bunga menawan di zona Sapo Juma. Tidak sedikit wisatawan yang berpotret- potret di posisi kebun bunga Sapo Juma ini.

Belum lama nama Sapo Juma lumayan viral di media sosial spesialnya di instagram. Perihal ini tidak lepas dari keberadaan bunga bunga menawan di zona Sapo Juma. Tidak sedikit wisatawan yang berpotret- potret di posisi kebun bunga Sapo Juma ini.

8| Bukit Pahoda

Bila melancong kesini, tak lengkap rasanya apabila tidak merasakan indahnya panorama alam sunrise di Pahoda. Panorama cahaya surya yang membias melewati Danau Toba sampai mengarah ke bukit, hingga indahnya begitu luar biasa. 

Bukit Pahoda
Foto oleh Karolina Br Hombing

Terlebih, kala cuaca lagi terang, hingga kecantikan langit birunya hendak terus menjadi membuat destinasi ini begitu berkesan.

Tempat terkenal ini sudah terdapat semenjak tahun 1970 an lalu. Dulu, letaknya terbilang hening namun saat ini sudah ramai dengan turis. Pahoda ini juga jadi tempat andalan warga sebab pesona alam yang dimilikinya begitu memikat.

9| Taman Eden 100

Destinasi wisata yang menarik sekali buat didatangi ialah Taman Eden 100. Destinasi wisata terkenal ini mempunyai tempat yang asri, sejuk, serta teduh. 

Taman Eden 100
Foto oleh Martin Rajay

Sehingga, halaman yang posisi tepatnya terdapat di Desa Pasar Lumban Julu ini sesuai sekali buat dijadikan pas berkemah. Terlebih, lebih seru lagi apabila melaksanakan kemah bersama dengan rombongan.

Tidak hanya melaksanakan aktivitas kemah, tiap turis pula bisa melaksanakan bermacam aktivitas yang lain yang pasti saja tidak kalah seru di Halaman Eden 100. 

Misalnya saja semacam mendaki Bukit Senyum, agrowisata, hingga mendatangi bermacam spot menarik yang yang lain. Tidak hanya itu, halaman ini pula dapat Kamu peruntukan selaku tempat buat semata- mata menghabiskan waktu buat bersantai.

10| Balerong Onan Balige

Balerong Onan Balige
Foto oleh Frederik Johan

Tak lengkap rasanya bila kalian tidak melangkahkan kaki ke pusat pasar Balerong Onan Balige yang dulu dibentuk oleh Belanda serta hingga saat ini masih senantiasa terpelihara dengan baik. 

Disini kalian pula dapat mencicipi berbagai kuliner khas Batak, terdapat mie gomak sampai panganan tradisional lapet yang memiliki cita rasa yang menggugah selera.

Demikianlah ulasan singkat mengenai "10 Wisata Balige Yang Paling Banyak Dikunjungi Karena Pesonanya Begitu Menawan" apakah kamu berminat buat mengunjunginnya ?