Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bur Telege Takengon Aceh : Wisata Negeri di Atas Awan Dengan Pesona Yang Memukan nan Menawan

Bur Telege Takengon

Karogaul.com - Wisata aceh khususnya Tanah Gayo, tak cuma populer dengan hasil alamnya berbentuk kopi yang populer di indonesia bahkan udah terkenal juga di luar negeri. 

Kawasannya yang berbentuk dataran tinggi memperkenalkan pemandangan alam yang memanjakan mata, ditambah lagi dengan sentuhan kearifan lokal yang masih kuat menempel.

Wilayah yang berada di Kab. Aceh Tengah, Aceh, ini dijuluki selaku Negara di Atas Awan, sebab daerahnya di dataran tinggi, serta mempunyai destinasi wisata alam yang sangat memesona.

Bur Telege Takengon
Foto oleh Rizka Zahara

Salah satunya yang paling digemari di golongan kaula muda yakni Bur Telege ataupun Bur Gayo. Branding Baru wisata Aceh Bur Telege berada di Kampung Bale Bujang, Ke. Laut Tawar, Aceh Tengah. Terletak di ketinggian sekitar 1. 250 m di atas permukaan laut.

Indahnya kota Takengon serta Danau Lut Tawar yang telah terkenal ini, dapat dirasakan langsung dari atas ketinggian nya. Bur Telege, ialah objek wisata perbukitan, yang disulap jadi suatu taman dengan wahana dan nuansa kekinian.

Bur Telege Takengon
Foto oleh Faie Ahmad

Bur Telege Takengon
Foto oleh Julia Afita

Objek wisata ini tidak bbegitu jauh dari pusat ibu kota Aceh Tengah, Takengon. Bila wisatawan berada di sekitaran Kota Takengon, tentu hendak nampak tulisan besar“ Gayo Highland” di bukit pas di atas danau, seperti itu posisi wisata Bur Telege.

Lokasi ini membagikan sentuhan pemadangan indah kepada turis. Alamnya yang unik dilengkapi sebagian sarana menjadikan destinasi ini selaku wahana baru buat melepas kebosanan. 

Bur Telege Takengon
Foto Bur Telege Takengon Aceh

Bukan cuma itu, posisi ini pula menyuguhkan kopi khas Gayo untuk wisatawan, sambil merasakan pemandangan indahnya alam kota Takengon.

Menyeruput rasa khas kopi dengan atmosfer sejuk sambil merasakan panorama alam indah ialah suasana yang berbeda ketika berada WarKop.

Makna kata Bur Telege

Wisata Bur Telege memiliki makna puncak telaga.‘ Bur’ dimaksud selaku puncak gunung ataupun bukit, sebaliknya‘ Telege’ bermakna telaga.“ Awal mulanya bukit yang populer dengan Tulisan Gayo High Land ini lebih diketahui dengan istilah Bur Gayo.

Bur Telege Takengon
Foto oleh Danil Ismiratman

Bur Telege Takengon
Foto oleh MasyitahAhza Ahza

Diucap Bur Telege sebab di atas bukit ini ada suatu sumur yang menurut pendapat orang tua dulu, airnya tidak pernah kering meski pun musim kemarau.

Objek wisata perbukitan dibuka semenjak Juni 2017 lalu oleh masyarakat sekitar buat meningkatkan perekonomian masyarakat. 

Daya Tarik & Tiket Masuk Bur Telege

Panorama alam di Bur Telege cukup berbeda dengan wisata perbukitan yang lainnya. Terlebih dapat sambil menikmati seruputan kopi Khas Gayo.“ Nikmatnya di mari dapat menikmati panorama alam serta ngopi santai.

Bur Telege Takengon
Foto oleh Devin madayanti

Bur Telege Takengon
Foto oleh Mukhtar 1986

Bur Telege Takengon
Foto oleh Ones One

Bur Telege Takengon
Foto oleh Teuku Faisal

Buat mengarah lokasi ini dari Kota Takengon lumayan dekat. Cuma berkisar kurang lebih 20 menit. Serta, wisatawan wajib kembali naik ke areal puncak dengan berjalan kaki, saat sebelum dapat merasakan indahnya Kota Takengon dari atas perbukitan. 

Masyarakat setempat mengenakan tarif masuk Rp2. 500 per orang saja soabt gaul.

Demikianlah ulasan signkat mengenai "Bur Telege Takengon Aceh : Wisata Negeri di Atas Awan Dengan Pesona Yang Memukan nan Menawan" apakah kamu tertarik untuk bertamasya ke temapt yang indah dan eksotik ini ?