Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh : Berwisata Sembari Kulineran dan Menikmati Indahnya Pemandangan Laut

Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh

Karogaul.com - Satu lagi yang harus dikenal oleh para pencinta healing mengenai wisata bahari yang terdapat di Aceh yang sangat cocok selaku wisata keluarga, wisata kuliner, serta wisata yang murah meriah dan mantap.

Namanya Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh. Suatu tepi laut yang memesona yang terletak di pinggir jalur utama membuatnya selaku tepi laut yang kerap didatangi tiap hari paling utama oleh warga lokal.

Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh
Foto oleh mngthm

Bila kita berangkat mulainnya dari Kota Banda Aceh, hingga sepanjang jalur mengarah tepi laut ini jadi suatu petualangan wisata kuliner pula yang bisa kita jajal.

Banyak macam kuliner yang disuguhkan di sepanjang jalur dengan cita rasa yang menggugah selera serta perut para pelancong.

Posisi Pantai Cermin Ulee Lheue kurang lebih 7 km dari Banda Aceh, jadi cuma 15 menit saja ekspedisi buat hingga di tepi laut eksotis ini.

Ragam Wisata Serta Keelokan Pantai Cermin Ulee Lheue

Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh
Foto oleh Abu Salma

Dikala berkunjung ke Pantai Cermin Ulee Lheue, hingga terdapat sebagian kegiatan yang dapat dicoba para turis dengan keseruan yang mengasikkan. Antara lain:

1. Berenang dengan si kecil

Terdapat satu spot dengan kedalaman air yang tak begitu dalam, tepatnya saat sebelum jembatan di depan kedai ataupun warung yang berjajar di kawasan ini.

Zona ini umumnya suka dipenuhi wisatawan dikala liburan datang. Sebab spot ini jadi posisi yang pas buat melaksanakan wisata keluarga di tepi laut.

Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh
Foto oleh Muhammad Nazar

Gelombang airnya tidak besar, airnya bening, udaranya lumayan fresh walaupun terletak di samping jalur raya.

Untuk yang mau melaksanakan kegiatan renang bersama kanak- kanak, di warung ataupun kedai- kedai yang berjajar telah berjajar para penjual ataupun sewa ban dengan bermacam dimensi serta wujud yang unik dan menarik.

Serta umumnya tidak hanya berenang, para wisatawan menghabiskan waktu dengan kanak- kanak sembari bermain pasir.

2. Becak Air yang Menyenangkan

Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh
Foto oleh Ranah

Ada pula wahana becak air masih di zona tempat berenang. Suatu perihal yang mengasyikkan dikala mengayuh becak air bila bersama istri ataupun kanak- kanak.

Becak air ini cuma dapat diboseh oleh 2 orang saja ya, serta ingat harus hati- hati dan jangan jauh- jauh dari posisi ini.

3. Sajian Kuliner yang Menggugah Selera

Ada warung ataupun kedai- kedai yang berjajar di dekat zona berenang. Warung ini dengan tepi laut dipisahkan oleh bagian bangunan lesehan.

Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh
Foto oleh Dedy Wahyudi

Bangunan lesehan ialah bagian dari owner warung yang terdapat di depannya. Memanglah free buat duduk lesehan ini, tetapi ada baiknya kamu berupaya jajanan kuliner yang disuguhkan di warung ini.

Rasanya begitu lezat di lidah serta sangat terjangakau gak bikin isi dompet kempes. Ditambah lagi minuman khas tepi laut ialah kelapa muda yang menyegarkan, sembari memandang ke laut lepas jadi suatu kenikmatan yang penuh dengan kesan.

4. Spot Selfie yang instagramble

Dikala hari terus menjadi sore, orang- orang mulai berdatangan serta berda di selama pinggiran tepi laut. Perihal ini disebabkan warga senantiasa mau melihat saat- saat matahari terbenam(sunset) yang menghadirkan panorama alam yang luar biasa indahnya.

Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh
Foto oleh Nurul Angriani

Sore hari jadi waktu kunjungan paling banyak, sebab cahaya matahari tidak sangat terik atau panas. Memanglah panorama alam di Pantai Cermin Ulee Lheue sangat indah, sehingga banyak sudut ataupun spot yang begitu instagrammable.

Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh
Foto oleh Julia Afita

Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh
Foto oleh Laila Anjelia

Sepanjang pinggiran tepi laut seluruhnya ialah spot terbaik buat pengambilan foto, tiap sudut memperkenalkan latar yang berbeda tetapi dengan hasil yang bersama indah serta sangat cocok diposting di media sosial kamu.

Tak sedikit orang yang menjadikan zona Pantai Cermin Ulee Lheue buat dijadikan selaku kebutuhan untuk konten media sosial.

5. Memancing Ikan laut

Yang terakhir merupakan memancing. Pantai CerminLee Lheue sangat populer selaku surganya untuk para mancing mania. Banyak titik yang dapat dijadikan posisi buat memancing.

Sekalipun di atas jembatan serta di pinggir jalur raya, tidak sedikit oran yang melaksanakan kegiatan memancing mania ini.

Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh
Foto oleh Rabbuka Yeshua Hamasiah

Memanglah memacing di Pantai CerminUlee Lheue menyuguhkan suasana khusus, terlebih dikala memancing di atas bebatuan yang tersususn apik, sembari merasakan keelokan alam hasil ciptaan tuhan yang sangat mengasikkan.

Serta para mancing mania kerap pula memperoleh ikan besar dikala melaksanakan kegiatan memancing di Pantai Cermin Ulee Lheue.

Sejarah Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh

Nilai sejarah suatu tempat paling utama Destinasi wisata senantiasa jadi energi pikat bonus buat mendatangkan para turis ke lokasi ini. Demikian juga dengan sejarah Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh.

Walaupun sejarah tentang Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh cuma berdasar dari cerita rakyat, dari mulut ke mulut, tetapi pantas jadi salah- satu sumber referensi suatu sejarah.

Sejarah nama Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh berasal dari peristiwa terpisahnya Pulau Weh dengan Ulee Lheue yang disebabkan salah- satunya oleh suatu letusan gunung berapi pada kala itu.

Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh
Foto oleh Rosyad Tamrin

Perihal ini dirasa lumayan rasional, sebab terdapatnya kesamaan bebatuan yang terdapat di Pantai Cermin Ule Lheue Aceh dengan yang terdapat di Balohan Sabang jadi suatu tanda- tanda kalau dulu Ulee Lheue menyatu dengan Pulau Weh yang terdapat di Sabang.

Sejarah lahirnya nama Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh diambil dari kata Ulee Lheueh yang berarti“ terpisah”, artinya jadi terpisah sebab peristiwa alam tersebut.

Seperti itu sejarah nama Panti Cermin Ulee Lheue Aceh walaupun cuma berdasar kepada cerita rakyat dekat, tetapi sekali lagi pantas jadi pertimbangan referensi sejarah.

Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh
Foto Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh

Terpaut dengan sejarah Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh terdapat salah- satu sumber yang melaporkan kalau tadinya tepi laut ini bernama Pantai Cermin.

Serta sejarah Pantai Cermin tidak dapat lepas dari cerita Tgk Dianjong seseorang ulama Tasawuf serta seseorang yang faqih dalam ilmu fiqih yang sudah menyelamatkan harkat martabat sultan di mata kekuasaan Inggris pada dikala itu.

Seperti itulah sejarah, senantiasa terdapat ruang untuk sudut pandang yang lain. Bergantung darimana menguasai dan merangkai suatu alur sejarah.

Lokasi Serta Alamat Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh

Posisi serta alamat tepi laut Ulee Lheue terletak di Gampong Ulee Lheue Kec. Meuraksa Kota Banda Aceh Prov. Aceh– Indonesia.

Rute Mengarah Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh

Rute mengarah Pantai Cermin Ulee Lheue dari Kota Banda Aceh sangatlah dekat, cuma berjarak kurang lebih 7 km dengan total waktu tempuh dekat 15 menit petualangan.

Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh
Foto oleh Fazlur Rahman

Bila rute berawal dari Kota Banda Aceh, hingga rute berikutnya ambil Jalur Medan Banda Aceh setelah itu Masuk ke Jalur Soekarno- Hatta.

Setelah itu jalan tersebut hendak masuk ke Jalur Sultan Iskandar Muda. Serta sehabis itu, kamu hendak masuk ke Jalur Pelabuhan Lama Pantai Ulee Lheue.

Lokasi Pantai Ulee Lheue terletak di samping kiri Jalur Pelabuhan Lama Ulee Lheue. Sebab memang jalur ini merupakan jalan mengarah ke pelabuhan.

Jam Buka Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh

Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh buka dari jam 06. 00 hingga dengan jam 18. 00 dari hari Senin hingga dengan hari Pekan.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh

Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh
Foto oleh Lilis Ardilla Tambunan

Harga tiket masuk ke Pantai Cermin vUlee Lheue Aceh adalah free(gratis). Cuma saja wisatawan terkadang wajib membayar parkir di sebagian titik dengan tarif sebesar Rp. 2. 000 saja.

Duduk di kedaipun free, cuma saja kita mesti menghargai owner kedai. Paling tidak kita membeli suatu yang didagangkan oleh owner kedai. Baik itu santapan ataupun kelapa muda nya.

Penginapan Di Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh

Buat turis yang mau merasakan keelokan Tepi laut Ulee Lheue dapat menginap di Kota Banda Aceh, sebab lokasi pusat kota dengan tepi laut ini sangatlah dekat. Banyak opsi sarana serta harga yang bisa kalian pilih yang sesuai dengan isi kontong.

Demikianlah ulasan signkat tentang " Pantai Cermin Ulee Lheue Aceh : Berwisata Sembari Kulineran dan Menikmati Indahnya Pemandangan Laut" apakah kamu tertarik untuk mengunjungi kawasan laut yang indah ini ?