Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjajal Destinasi Ekstrim Jogja : 7 Tempat Yang Bakalan Menguji Adrenalinmu

wisata jogja

Karogaul.com - Destinasi ekstrim di jogja sangat banyak opsi nya. Keadaan alam yang menunjang buat menguji adrenalin dan keberanian serta penuh tantangan menjadikan kawasan Jogja banyak sebagai tempat wisata ekstrim. 

Dari tepi tepi laut sampai ke wilayah pegunungan, kalian dapat memilah cocok kebutuhan serta kemauan. Seluruh tempat mempunyai panorama yang indah serta keseruan tertentu. Sangat asik bila kalian melancong bersama sahabat ataupun keluarga. 

Jika kalian masih terkategori pendatang baru, tidak harus takut sebab sebetulnya sebagian destinasi wisata ekstrim di jogja pula bersahabat buat para pemula. Berikut adalah 7 destinasi wisata ekstrim Jogja yang pantas jadi tempat liburan kalian selanjutnya.

1. Menikmati serunya gondola bergoyang di Tepi laut Pantai Timang

Pantai Timang
Pic by :@andaa

Areal Gunungkidul Yogyakarta populer dengan deretan tepi laut pasir putih serta lautan yang biru bening. Tetapi tidak seluruh tepi laut nyaman buat didatangi. 

Tepi laut Timang misalnya, yang menyajikan ombak yang dapat memecah karang. Tetapi terdapat metode tertentu buat berhura- hura di Tepi laut Timang, di antara lain menguji keberanian naik gondola rakitan nelayan. 

Gondola simpel ini jadi“ kendaraan” nelayan bawa hasil tangkapan lobster serta saat ini disulap selaku wahana ekstrim.

Pantai Timang
Pic by :@shintiatandika

Tidak hanya gondola, kalian dapat menyeberangi jembatan gantung yang tersusun dari tali serta kayu. Tiupan angin sangat terasa di atas jembatan, mengayun- ayun lapisan tali yang kalian pijak. Bila memandang ke dasar, gelombang air senantiasa bergerak kencang. Memiliki nyali mencobanya?

Lokasi: Jalan. Pantai Sel. Jawa, Tepi laut, Purwodadi, Tepus, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Harga tiket masuk: Rp 10, 000 buat masuk zona tepi laut Gunungkidul; Rp 150, 000 buat naik gondola, Rp 100, 000 buat naik jembatan gantung.

2. Berjalan di atas seutas tali Menantang di Gunung Api Purba

Gunung Api Purba
Pic by :@reinerivan

Wisata Gunung Api Purba tadinya ialah gunung api vulkanik pada era purbakala. Saat ini bentuknya semacam bukit batu yang menjulang besar. 

Anginnya sepoi- sepoi ditemani dengan panorama alam indah menghadap deretan perbukitan di dekat Gunungkidul. Pemandangan yang bagus dan angin yang melegakan membuat pihak pengelola wisata membangun cliff swing buat menarik turis.

Gunung Api Purba
Pic by :@indranezia

Tantangan awal yang wajib kalian lewatkan merupakan menyeberangi jembatan dari seutas tali lho. Tidak terdapat pegangan tangan, badan seluruhnya bertumpu pada kaki yang tiba tali penghubung. 

Setelah itu kalian wajib meloncat serta berayun di atas jurang sedalam 100 m! Semacam apa sensasinya? 

So, kalian wajib membayangkannya sendiri. Tetapi, dari destinasi ini, kalian hendak memandang panorama alam menakjubkan yang menghadap pedesaan serta bukit- bukit yang besar. Asik, kan?

Lokasi: Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Harga tiket masuk: Paket 1- 5 orang– Rp 3, 500, 000, paket 6- 10 orang Rp 4, 000, 000( tercantum transportasi dari kota Jogja ke Gunung Api Purba).

3. Dengan parasut dari atas Bukit Gupit serta terbang di atas ketinggian

Bukit Gupit
Pic by :@haryoprima

Bukit Gupit ataupun yang biasa diucap Watugupit oleh masyarakat setempat merupakan spot paralayang terbaik di daerah DIY. 

Tempat ini telah populer di golongan komunitas paralayang Indonesia ataupun internasional. Tingginya menggapai 900 mdpl serta puncaknya lumayan luas buat melebarkan parasut.

Bukit Gupit
Pic by :@taufiqurhman_

Zona Bukit Gupit sangat sempurna buat berolahraga ekstrim ini, karena angin yang kencang serta tempat yang luas membuat kalian dapat leluasa terbang tidak terhalang pepohonan besar. 

Panorama alam yang disuguhkan pula menakjubkan, terlebih dikala sore hari serta mentari mulai sanset. Jika kalian mau berupaya paralayang ke Watugupit hendaknya mengambil jalan dari Parangtritis ke Gunungkidul supaya lebih dekat.

Lokasi: Giricahyo, Purwosari, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Harga tiket masuk: Mulai dari Rp 300, 000 / orang

4. Serunya Menapak ke perut bumi di Gua Jomblang

Gua Jomblang
Pic by :@linggabinangkit

Caving ke Goa Jomblang ialah wisata ekstrim Jogja yang harus didatangi. Butuh kemampuan spesial buat mengatur tali supaya kalian hingga ke dalam permukaan goa dengan aman. 

Kedalaman gua menggapai 15- 80 m dari permukaan tanah, dengan permukaan yang licin, jadi kalian wajib luar biasa hati- hati, lho! 

Buat kalian yang belum sempat caving sama sekali, hendak terdapat pemandu wisata yang akan mendampingi kalian masuk ke bawah gua.

Gua Jomblang
Pic by:@siscalim2002

Panorama alam semacam hutan tumbuhan jati, lumut serta paku- pakuan jadi penyambut dikala menuruni mulut gua. 

Sehabis hingga di perut gua, kalian hendak melewati jalur setapak naik- turun, licin serta terjal. Di mari kalian dapat sungai dasar tanah serta sinar matahari yang menarik, pula stalaktit serta stalakmit eksotis, yang hendak membuat hasil gambar ciamik.

Lokasi: Jetis Wetan, Pacarejo, Kec. Semanu, Kab. Gunung Kidul, Wilayah Istimewa Yogyakarta 55893
Harga tiket masuk: Gratis buat caving mandir( bawa perlengkapan pribadi), mulai dari Rp 450, 000 Bila dengan Pemandu

5. Melawan Derasnya ombak di jembatan gantung Tepi laut Pantai Sinden

Pantai Sinden
Pic by :@dimas. hy

Lokasi tepi laut ini terdapat di Kab. Gunungkidul, Jogja serta tidak begitu jauh dari Tepi laut Timang. Perlu usaha ekstra buat menggapai bibir tepi laut sebab kalian wajib berjalan menjajal perbukitan pegunungan karst. 

Panorama alam yang ditawarkan merupakan perbukitan karang yang besar menutupi birunya tepi laut, dan ombak yang kencang jadi panorama alam pembuka dikala kalian berkunjung ke mari.

Pantai Sinden
Pic by :@ginanjarrisang

Wisata ekstrim yang disuguhkan di mari merupakan meniti jembatan gantung yang memanjang kurang lebih 40 m, yang menyatukan 2 bukit. 

Jembatannya senantiasa bergoyang menjajaki hembusan angin yang begitu kencang. Ombak tidak luput dengan kerasnya hantamannya ke karang. 

Terlebih jika kalian tiba dikala air pasang, ombak dapat saja menghantam jembatan serta mengombang- ambingkan lapisan kayu serta tali yang menghubungkan nya ke daratan. Tertarik menikmati sensasinya? Ayok kalo ko berani!

Lokasi: Jepitu, Girisubo, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Harga tiket masuk: Rp 25, 000 buat naik jembatan

6. Bersepeda atau Gowes downhill di tepi jurang Bukit Klangon

Bukit Klangon
Pic by :@chaniiiss

Zona Bukit Klangon sangat sesuai buat kalian yang gemar dengan sepeda downhill lho, maka sangat sesuai buat zona wisata ekstrim di jogja. 

Panorama alam dekat Gunung Merapi nampak jelas semenjak kalian hingga ke mari, sehingga berikan suasana beda dengan perkotaan.

Bukit Klangon
Pic by : Abah Lima Jagoan

Jalan downhill di Bukit Klangon mempunyai panjang kurang lebih 20 km serta rata- rata memerlukan waktu sekitar 1, 5 jam buat hingga ke garis finish. 

Treknya menantang, dengan bawah bebatuan serta lintasan yang berkelok. Pencinta downhill yang tertarik berupaya lintasan ini harus waspada serta sangat berjaga- jaga bila tidak mau hadapi perihal yang tidak di idamkan. 

Terdapat pula jalan jembatan kayu yang dirancang spesial buat sepeda downhill, yang nyatanya tidak kalah menegangkan.

Lokasi : Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Tiket masuk wisata: Free, Rp 4, 000 buat parkir

7. Memandang Jogja dari Gunung Merapi

Gunung Merapi
Pic by :@yasinaku24

Untuk yang suka mendaki gunung, Gunung Merapi jadi energi tarik tertentu yang wajib dijelajahi. Merasakan pemandangan panorama Jogja ataupun Magelang, maupun melihat puncak gunung Sindoro serta Sumbing dapat dicoba di mari.

Gunung Merapi
Pic by :@ulumpolem

Dengan Puncak Garuda telah tidak lagi terdapat di puncak Gunung Merapi, Pasar Bubrah jadi titik terakhir yang dapat dikunjungi para pendaki. 

Buat dapat melaksanakan pendakian, para pendaki harus mempunyai keahlian bawah pendakian serta keselamatan diri. Tidak hanya itu, menguasai keadaan alam serta cuaca pula jadi modal berarti buat dapat beraktifitas disini.

Lokasi : Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Harga tiket Masuk: Rp 15, 000/ orang

Demikianlah ulasan singkat mengenai " Menjajal Destinasi Ekstrim Jogja : 7 Tempat Yang Bakalan Menguji Adrenalinmu" apakah kamu tertarik buat mengunjungi wisata menantang ini ?