Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Kota Terdingin di Indonesia yang Pas untuk Aktifitas Healing


Karogaul.com - Jika Kota Yakutsk di Siberia, Rusia, adalah pemegang kota paling dingin sedunia, maka Indonesia juga punya loh, deretan kota dingin alias super sejuk yang nggak kalah dari Eropa saat musim dingin. Yups, meskipun Indonesia adalah negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa sehingga membuatnya menjadi negara tropis.

Udara dingin dan sejuk ini terjadi lantaran di beberapa kota tersebut berada di dataran tinggi yang tertutup oleh vegetasi. Penasaran kota apa saja? Simak, deretan kota di Indonesia terdingin yang cocok buat tempat kamu melepas penat.

1. KOTA MULIA, PAPUA
SUMBER: IG @OGIE_TRAVEL

Jika Sobat gaul selama ini mengira kota terdingin di Indonesia adalah Bandung atau Bogor, itu belum tepat, ya! Ternyata, kota dengan udara paling dingin dan sejuk di Indonesia jatuh kepada Kota Mulia, Papua. Kota ini berada di Kabupaten Puncak Jaya dan memiliki ketinggian sekitar 2.448 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Kota ini dikelilingi oleh Pegunungan Jayawijaya yang terkenal dengan es salju abadinya itu, loh sobat karo gaul. Rata-rata suhu di siang hari mencapai 15 derajat Celcius, sementara di malam hari mencapai sembilan derajat Celcius. Kebayang dinginnya, kan? Berkunjung ke sini kamu akan disuguhkan lanskap hijau memesona. Sedangkan bagi kamu yang menyukai trekking, bisa banget melipir ke gunung tertinggi di Indonesia lantaran lokasinya yang nggak jauh dari Kota Mulia.

2. KOTA WAGHETE, PAPUA


Kota terdingin lain yang ada di Papua adalah Kota Waghete yang terletak di Kabupaten Deiyai. Kota ini terletak di danau purba yang disebut Danau Tigi dan berada di ketinggian 1.300 mdpl.

Jika siang hari suhunya bisa mencapai 15 derajat Celcius, sedangkan di malam hari menembus 10 derajat Celcius. Di sini kamu bisa menghirup udara sejuk sambil menaiki perahu yang ada di Danau Tigi, manjur banget untuk menenangkan pikiran!

3. MAMASA, SULAWESI BARAT
SUMBER: IG @WONDERFULSULBAR

Kota dengan udara dingin selanjutnya adalah Kota Mamasa yang berlokasi di Provinsi Sulawesi Barat. Berada di ketinggian 1.900 mdpl membuat Kota Mamasa menjadi salah satu kota terdingin di Indonesia.

Selain menikmati sejuknya udara di kota ini, Sobat gaul juga bisa berkunjung ke beberapa wisata hits yang ada di Mamasa, loh. Sebut saja berkunjung ke sentra tenun Mamasa yang menjadi salah satu warisan budaya, Air Terjun Lambanan, hingga melakukan trekking sekaligus camping di Gunung Mambulilling yang memiliki ketinggian mencapai 2.741 mdpl.

4. BERASTAGI, MEDAN

SUMBER: IG @BERASTAGI_

Berastagi sebenarnya adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karo yang termasuk dalam kawasan wisata yang terkenal dengan wisata alamnya sobat karo gaul. Lantaran daerah ini berada di dataran tinggi dengan ketinggian mencapai 1.300 mdpl, mayoritas penduduk di Berastagi adalah petani buah dan sayur.

Saat berkunjung ke Berastagi, Sobat gaul akan disuguhkan kecantikan alam yang masih alami dibalut dengan sejuknya udara sekitar yang tembus 16 derajat Celcius. Daerah ini juga diapit dua gunung loh, yaitu Gunung Sinabung dan Sibayak. Nggak hanya wisata alam, kamu di sini juga bisa melihat Pagoda tertinggi di Indonesia yang merupakan dupe dari Pagoda Shwedagon yang ada di Myanmar.

5. GAYO LUES, ACEH
SUMBER: IG @WONDERFULGAYO.IDN

Gayo Lues, Aceh terletak di Pegunungan dengan ketinggian 1.000 mdpl sehingga membuat tempat ini menjadi kawasan yang memiliki udara dingin. Gayo Lues juga populer dengan produksi kopinya yang sudah dikenal luas.

Bagi Sobat gaul pencinta flora dan fauna, bisa mampir ke Taman Nasional Gunung Leuser yang menyimpan banyak hewan dan tumbuhan yang dilindungi. Karena terkenal dengan sebutan Kota Seribu Bukit, kamu juga bisa menikmati panorama hamparan bukit hijau yang luas seperti Bur Godang, Bur Reko, dan Bukit Cinta.

6. RUTENG, NUSA TENGGARA TIMUR (NTT)
SUMBER: IG @FLORES_NTT

Ruteng merupakan sebuah kota kecil yang berada di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Kota ini berada di dataran tinggi yang mencapai ketinggian 1.200 mdpl dengan suhu mencapai 15 derajat Celcius. Disarankan untuk menggunakan pakaian tebal agar nggak kedinginan ya, Sobat gaul.

Nggak hanya memiliki pemandangan alam eksotis dan asri, Kota Ruteng juga terkenal dengan arsitektur bangunannya yang kece parah, loh. Kota ini dipenuhi dengan bangunan-bangunan katedral dan biara dengan desain ala Eropa yang khas. Atraksi wisata lain yang bisa kamu kunjungi adalah Gua Liang Bua yang merupakan gua legendaris, tempat ditemukannya tulang-tulang dari spesies Homo floresiensis.

7. KOTA BATU, JAWA TIMUR
SUMBER: IG @EXPLORE_BATUMALANG

Kondisi topografi Kota Batu yang berbukit-bukit menjadikan kota ini menjadi salah satu kota terdingin di Indonesia dengan suhu mencapai 15-19 derajat Celcius. Kamu udah nggak asing lagi kan sama kota wisata satu ini. Yups, Kota Batu, Jawa Timur memang penuh dengan destinasi wisata favorit keluarga!

Di sini, Sobat gaul bisa menikmati apel fresh yang dipetik langsung dari kebunnya karena memang Kota Batu merupakan penghasil apel terbesar di Indonesia. Nggak hanya itu, kamu juga bisa wisata dengan konsep healing garden yang menyediakan bunga dan tanaman cantik seperti Selecta, Batu Love Garden, dan Coban Rais.

8. DIENG, WONOSOBO
SUMBER: IG @WISATADIENG_ID

Kota terdingin lainnya yang terletak di Jawa Tengah tepatnya di Dieng, Wonosobo dengan rentang ketinggian sekitar 2.115 mdpl. Bahkan, pada tahun 2019 kawasan ini pernah mencapai suhu minus sembilan derajat Celcius sehingga air pun sampai membeku seperti salju. Kebayang nggak sedingin apa, Sobat gaul?

Udah nggak diragukan lagi deh kawasan wisata satu ini. Selain terkenal dengan udara dinginnya, Dieng juga terkenal dengan beberapa wisata alamnya, loh. Sebut saja trekking dan camping di Gunung Prau, Telaga Merdada, Kawah Sikidang, Telaga Warna, dan Batu Pandang Ratapan Angin.

9. BATURADEN, PURWOKERTO
SUMBER: IG @WISATAPURWOKERTO

Destinasi wisata dengan kota terdingin lain yang berada di Jawa Tengah adalah Baturaden. Tepatnya berada di Kota Purwokerto dengan suhu rata-rata 17-25 derajat Celcius, lantaran sangat dekat dengan kaki Gunung Slamet. Selain itu, kawasan ini dikelilingi oleh hutan pinus yang luas dengan beberapa sumber mata air dari air terjun dan sungai.

Tenang! berwisata ke Baturaden nggak bakal kedinginan kok, karena di sini juga menyediakan pemandian air panas. Nggak ketinggalan banyak spot foto Instaworthy yang bakal bikin liburan kamu tambah berkesan.

10. CIWIDEY, BANDUNG
SUMBER: IG @JELAJAHCIWIDEY

Memiliki ketinggian 1.600 mdpl membuat kawasan wisata ini menjadi favorit banyak orang, Ciwidey, memiliki suhu udara yang dingin dan sejuk. Bahkan, suhu terendahnya bisa mencapai 13 derajat Celcius.

Pesona alam yang ditawarkan Kota Ciwidey memang nggak diragukan lagi, banyak wisata alam yang memanjakan mata dan menenangkan pikiran. Contohnya, wisata Kawah Putih, perkebunan teh & stroberi, pemandian air panas, Bukit Jamur, bumi perkemahan, hingga resort yang nyaman untuk staycation.

Itu dia deretan kota di Indonesia yang memiliki suhu dingin dan sejuk yang bisa Sobat gaul kunjungi untuk tempat healing, melepas penat. Udara alami dari pegunungan nggak cuma bikin fresh pikiran, tapi juga menyehatkan paru-paru, loh. Jadi, Sobat gaul berencana untuk berkunjung ke destinasi nomor berapa nih? Eitsss.. Jangan lupa siapkan jaket dan pakaian yang tebal, ya.