Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Pantai Hidden Gem di Jayapura, Pesonanya Memanjakan Mata dan Bikin Ngangenin

Pantai Hidden Gem di Jayapura

Karogaul.com - Terletak di bagian paling timur Indonesia, Kota Jayapura –ibu kota Provinsi Papua– memiliki potensi pariwisata yang tidak kalah memikat dari kota-kota lain yang sering dikunjungi para wisatawan. Kalau kamu ngaku anak pantai dan ingin menjelajahi Kota Seribu Pinang ini, yuk, explore pantai hidden gem di Jayapura yang terbilang masih asri. Bahkan, beberapa di antaranya belum banyak dijamah oleh pendatang, loh.

Mengunjungi pantai tersembunyi di Jayapura bisa kamu manfaatkan untuk mengulik sejarah di balik objek wisata yang ada. Kesempatan langka yang belum tentu bisa kamu dapatkan di destinasi lain. Jadi, tunggu apalagi? Ini dia lokasi pantai tersembunyi nan eksotis di Jayapura!

PANTAI BASE G

SUMBER: IG @AYODOLAN (@HANTSUTOMO)

Masih berada di kawasan yang sama dengan Pantai Pasir 6, kamu bisa singgah ke Pantai Base G. Menurut berbagai sumber, pantai ini merupakan saksi bisu dalam sejarah Perang Dunia ke-II pada tahun 1944. Termasuk salah satu pantai hidden gem di Jayapura, Pantai Base G –yang memiliki nama asli Pantai Tanjung Ria– pernah menjadi camp pendaratan oleh para tentara sekutu di tanah Papua.

Berangkat dari latar belakang itulah, nama pantai ini disebut sebagai Pantai Base G. Sebagian besar wisatawan yang penasaran dengan pantai ini, biasanya datang pada sore hari. Selain mempertimbangkan cuaca agar tidak terlalu panas, juga ingin berburu sunset indah.

LOKASI: DESA TANJUNG RIA, JAYAPURA UTARA, KOTA JAYAPURA, PAPUA

PANTAI PASIR 6


Dibalik namanya yang cukup unik, Pantai Pasir 6 menawarkan panorama alam yang cantik dengan latar perbukitan dan pasir berwarna putih. Suasananya yang tidak begitu ramai, cocok banget buat kamu yang ingin mencari ketenangan dan menjernihkan pikiran. Walau demikian, kamu tetap harus berhati-hati saat berenang atau bermain air di pantai ini, karena ombak dan arusnya terbilang cukup besar.

Selain bersantai sambil menikmati view pantai yang memesona, kamu juga bisa mencoba melakukan snorkeling. Sebagai informasi, kalau kamu berencana menghabiskan waktu cukup lama di sini, sebaiknya mempersiapkan bekal makanan, ya, karena belum ada warung atau tempat makan terdekat dari lokasi pantai.

LOKASI: DESA TANJUNG RIA, JAYAPURA UTARA, KOTA JAYAPURA, PAPUA

PANTAI HARLEM

SUMBER: IG @PAPUA.TOURISM

Rasanya tidak berlebihan jika Pantai Harlem atau Pantai Pasir Putih menjadi representasi dari surga tersembunyi di Jayapura. Lokasinya cukup jauh dari perkotaan. Untuk bisa tiba di Pantai Harlem, kamu harus melewati jalanan yang terbilang sulit.

Dari pusat kota, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi –baik itu sepeda motor maupun mobil– sampai ke Dermaga Depapre. Perjalanan akan dilanjutkan dengan naik perahu ke Pantai Harlem dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Sesuai dengan sebutan pantai ini, kamu akan disambut dengan pasir pantai yang putih dan bersih bak mutiara. Juga, semilir angin dari pohon kelapa yang berjejer di area garis pantai sepanjang 700 meter.
LOKASI: KAMPUNG TABLANUSU, KECAMATAN DEPAPRE, KABUPATEN JAYAPURA, PAPUA

PANTAI HOLTEKAMP

Jika pantai-pantai sebelumnya memiliki hamparan pasir putih yang cantik, maka berbeda dengan pantai satu ini. Pantai Holtekamp justru punya ciri khas pasir berwarna keabu-abuan dengan hutan bakau di sekelilingnya. Menariknya lagi, kamu bisa menemukan tiga pantai kecil lainnya yang tidak kalah menawan.

Lokasi ketiga pantai tersebut dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari Pantai Holtekamp. Yang tidak kalah istimewa dari pantai ini adalah menyuguhkan pesona Teluk Youtefa dan Jembatan Merah yang merupakan jembatan ikonik di Jayapura. Kalau kamu mengajak anak-anak, pantai ini aman untuk berenang dan bermain air karena ombaknya tidak terlalu besar.

LOKASI: DESA HOLTEKAMP, KECAMATAN MUARA TAMI, KOTA JAYAPURA, PAPUA

PANTAI DOK II

SUMBER: IG @PAPUA.TOURISM (@ENDRORISDIYANTO)

Butuh waktu sekitar 40 menit berkendara dari Pantai Holtekamp menuju Pantai Dok 2. Objek wisata alam ini mudah dijangkau karena lokasinya dekat dengan Kantor Gubernur Provinsi Papua. Buat kamu yang sudah pernah menjelajahi pantai-pantai yang ada di Ancol, Jakarta Utara, kurang lebih suasananya mirip.

Menikmati pemandangan deburan ombak yang santai dan angin sepoi-sepoi, serta berwisata kuliner usai bermain air, bisa kamu lakukan di sini. Jangan lupa juga foto-foto cantik dengan latar pantai yang luas dan spot tulisan ‘Jayapura City’.

LOKASI: JALAN SOA SIU DOK 2, JAYAPURA UTARA, PAPUA

PANTAI YAKOBA

And the last one is Yakoba Beach! Dibandingkan pantai hidden gem lainnya, Pantai Yakoba tergolong masih sepi. Eits, bukan karena pemandangannya yang kurang bagus, ya, tapi memang lokasi pantai ini cukup sulit ditemukan. Pantai Yakoba berada di balik tebing dan perbukitan tinggi sehingga belum banyak dieksplorasi oleh wisatawan lokal maupun turis asing.

Apalagi, lokasi Pantai Yakoba termasuk kawasan padat penduduk, jadi banyak orang yang tidak terpikir kalau ada pantai yang menawan di sana. Salah satu daya tarik di pantai ini adalah batu-batu karang yang berhamburan di pinggir pantai. Banyak pendatang yang menjadikannya sebagai spot foto Instagenic.

LOKASI: KELURAHAN ARGAPURA, DISTRIK JAYAPURA SELATAN, KOTA JAYAPURA, PAPUA

Itu dia enam pantai hidden gem nan eksotis yang ada di Jayapura. Semoga bisa menjadi inspirasi destinasi tujuan kamu mendatang saat berkunjung ke tanah Papua, ya.