Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tempat Makan Keluarga Adem dan Sejuk dengan View Alam di Bogor



Karogaul.com - Setelah jalan-jalan mengelilingi Kota Bogor, kurang afdol rasanya jika belum berwisata kuliner ke restoran hits yang ada di sana. Pasalnya, Kota Hujan ini memiliki segudang kuliner lezat yang sayang banget kalau nggak dieksplor. Terlebih, banyak restoran di Bogor yang cocok jika dikunjungi bersama keluarga.

Selain tempatnya luas, deretan rumah makan keluarga di Bogor ini juga memiliki view out of the box dan berkonsep unik. Mulai dari konsep tradisional dengan gaya lesehan hingga yang modern. Keduanya tentu seru untuk dikunjungi karena menawarkan masakan sunda yang lezat dengan view alam menawan. Daripada bingung mau makan ke mana, mending pergi ke deretan restoran keluarga di Bogor paling hits dengan view alam ini, yuk!

1. RUMAH AIR RESTO


SUMBER: IG @RUMAHAIRRESTO

Menawarkan konsep restoran bernuansa alam, Rumah Air adalah sebuah restoran yang terdiri dari gubuk-gubuk kecil yang mengapung di tengah danau. Gubuknya sendiri terbuat dari bambu yang memberikan kesan tradisional dan ramah lingkungan. 

Rumah Air resto dikelilingi oleh pepohonan hijau dan danau sehingga suasananya terasa lebih sejuk dan asri. Di sini, kamu dapat menyantap hidangan khas Sunda sambil menikmati pemandangan alam sekitar. Selain tempatnya luas, menunya juga variatif mulai dari olahan ikan, sayur, dan sambal yang menggugah selera. Fyi, kamu juga dapat menaiki wahana perahu bebek untuk mengitari danau, loh.

ALAMAT: JALAN BOGOR NIRWANA RESIDENCE, BOGOR, JAWA BARAT
HARGA: MULAI DARI RP30.000* PER PORSI

2. KAMPUNG KECIL RESTO


SUMBER: IG @KAMPUNGKECIL_OFFICIAL

Masih mengusung konsep yang sama, Kampung Kecil Resto juga terapung di atas air. Hanya saja, di resto ini kamu bisa memilih dengan gaya lesehan di dekat kolam atau non-lesehan. Di dalamnya terdapat puluhan saung yang dapat menjadi tempat kumpul keluarga. Tempatnya terbilang sangat luas, struktur bangunannya masih menggunakan bahan tradisional -bambu-. 

Saat hari semakin gelap, suasana di Kampung Kecil Resto semakin indah dan syahdu ditemani lampu aksen kuning. Menunya juga beragam, mulai dari seafood, olahan ayam, telur, hingga aneka sayur dan jus buah.

ALAMAT: JALAN RAYA CIANGSANA NOMOR 1, CIANGSANA, KECAMATAN GUNUNG PUTRI, KABUPATEN BOGOR
HARGA: MULAI DARI RP29.000* RIBU PER PORSI

3. GURAME COBEK MANG DAYAT


SUMBER: IG @GURAMECOBEKMANGDAYAT

Rekomendasi tempat makan keluarga di Bogor selanjutnya adalah Gurame Cobek Mang Dayat. Restoran ini nggak pernah sepi pengunjung, loh. Berkonsep semi-outdoor, tempat makan ini cocok dijadikan tempat makan seru bersama teman atau keluarga. Kamu bisa pilih mau duduk di indoor dengan meja kursi, atau outdoor dengan gaya lesehan di saung. 

Jika memilih lesehan di saung, kamu akan mendapati suasana sejuk dan fresh lantaran lokasinya berada di ruang terbuka hijau yang luas. Menu yang wajib kamu order saat singgah ke sini di antaranya, karedok, ayam goreng original, sup iga asam pedas, kangkung kebul, gurame bakar kecap, dan ayam bakar betutu.

ALAMAT: JALAN RAYA BUBULAK, CILENDEK BARAT, KOTA BOGOR
HARGA: MULAI DARI RP30.000* PER PORSI

4. SAWAH ABAH


SUMBER: IG @SAWAHABAHBOGOR

Menyantap hidangan lezat dengan view persawahan hijau bisa dilakukan di Sawah Abah. Hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja dari Sentul, loh. Menawarkan konsep menyatu dengan alam, di sini kamu bisa menikmati hidangan di saung yang menghadap sawah atau area indoor dengan view sawah. 

Menu andalan yang nggak boleh dilewatkan adalah sup ikan bambu, ikan bakar bambu, kangkung ngebul, dan ayam goreng kampung. Bakwan goreng dan mendoan gorengnya juga jangan sampai lolos, ya!

ALAMAT: JALAN LKR. DRAMAGA NOMOR 16, DRAMAGA, KABUPATEN BOGOR
HARGA: MULAI DARI RP35.000* PER PORSI

5. GURIH 7 BOGOR


SUMBER: IG @RESTOGURIH7BOGOR

Rumah makan di Bogor satu ini pernah menjadi topik perbincangan di sosial media, karena pesonanya yang memikat. Gimana nggak, setiba di sini kamu akan disambut dengan nuansa alam dan pedesaan khas Sunda. Daya tarik utama dari Gurih 7 Bogor yaitu adanya air terjun mini yang menambah asri suasana. 

Selagi menunggu masakan siap, kamu bisa main air di sungai kecil atau sekadar berfoto-foto dengan background out of the box. Gurame goreng sambal mangga, udang bakar madu, gurame terbang, dan sapi lada hitam adalah deretan menu andalan yang wajib dicoba.
 
ALAMAT: JALAN RAYA PAJAJARAN NOMOR 102, BANTARJATI, KECAMATAN BOGOR UTARA,
HARGA: MULAI DARI RP20.000* PER PORSI

6. KLUWIH SUNDA

SUMBER: IG @KLUWIH_SUNDAAUTHENTIC

Rekomendasi restoran keluarga di Bogor selanjutnya adalah Kluwih Sunda. Kluwih Sunda adalah sebuah restoran yang hanya menyajikan makanan dan minuman Sunda autentik. Resepnya pun didapat dari turun-temurun. Fyi, Presiden Jokowi beserta keluarga juga pernah berkunjung ke Kluwih Sunda, loh. 

Nggak heran jika resto ini selalu ramai pengunjung. Selain menunya yang menggugah selera, konsep bangunan di restoran ini juga nggak kalah keren. Di setiap sudut restoran, kamu akan menemukan berbagai macam tanaman hijau yang menyegarkan mata. Menu rekomendasi yang wajib diorder adalah empal ceurik, ayam bakakak bakar, nasi bakar, sate soto, dan sate maranggi.

ALAMAT: JALAN BINA MARGA I NOMOR 12, BARANANGSIANG, KECAMATAN BOGOR TIMUR
HARGA: MULAI DARI RP35.000* PER PORSI

7. KAMPOENG KONENG


SUMBER: IG @KAMPOENGKONENG

Nggak hanya menyajikan masakan Sunda, Kampoeng Koneng juga menawarkan makanan khas ‘kampung’ yang siap menggoyang lidah. Ambience di restoran keluarga satu ini adem dan sejuk banget! Terdapat banyak saung bambu yang berjejeran rapi dikelilingi oleh tanaman dan pepohonan rimbun. 

Dengan udara sejuk khas Sentul, kamu bisa menikmati aneka macam hidangan bercita rasa Nusantara. Selesai menyantap hidangan, kamu bisa melakukan aktivitas seru yang disediakan restoran ini, loh. Seperti trekking, berinteraksi dengan hewan di mini zoo, belajar membatik, dan memancing. Seru banget, kan?

ALAMAT: JALAN TAPOS, SENTUL SELATAN, BOJONG KONENG, BABAKAN MADANG
HARGA: MULAI DARI RP40.000* PER PORSI


Nah, itu dia deretan restoran keluarga hits di Bogor dengan view alam memesona. Semoga informasi di atas dapat menginspirasi kamu dalam memilih restoran, ya!