Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tempat Wisata Keren di Tapanuli Utara : Dekat dengan Danau Toba, Dijamin Pasti Seru !


Karogaul.com
- pasti sudah familiar kan dengan Danau Toba dan segala keindahan yang tersimpan di dalamnya? Nah, rasanya berkunjung ke Danau Toba ini kurang lengkap tanpa menjajal objek wisata di sekitarnya yang nggak kalah keren.

Salah satunya adalah kabupaten Tapanuli Utara. Kabupaten ini patut masuk ke wishlist liburan sobat karo gaul di Sumatra Utara! Ada berbagai jenis tempat wisata yang dapat kamu eksplor sepuasnya, seperti wisata alam, sejarah, hingga religi.

7 Tempat Wisata Keren di Tapanuli Utara

Kali ini kita punya rekomendasi berbagai tempat wisata keren di Tapanuli Utara yang nggak jauh dari Danau Toba khusus untuk kamu nih, sobat karo gaul. Kuy intip apa saja daftarnya di bawah ini!

1. Melihat Pemandangan Danau Toba dari Ketinggian di Huta Ginjang



Tempat wisata yang berada di lereng bukit satu ini disebut sebagai spot terbaik untuk melihat pemandangan Danau Toba. Begitu sampai di sini, sobat karo gaul akan disambut dengan hembusan angin sepoi-sepoi serta udara sejuk.



Huta Ginjang sendiri berarti Kampung Atas. Di sini, sobat karo gaul akan dimanjakan dengan pemandangan Danau Toba, Pulau Samosir, dan pegunungan yang elok dari ketinggian 1.555 mdpl. Takjub bangeeet! Oh ya, jangan lewatkan berbagai aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini yah, salah satunya adalah Paralayang.

Harga: tiket masuk gratis*
Jam & hari buka: setiap hari 24 jam
Alamat: Sitanggor, Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara 22476 (Cek di Google Maps)

Info tambahan: kendaraan harus dalam keadaan prima karena lokasi berada di dataran tinggi dan jalanan menuju tempat wisata berkelok-kelok.

2. Pulau Sibandang, Pulau Eksotis di Tengah Danau Toba



Jika sobat karo gaul berpikir bahwa Pulau Samosir adalah pulau satu-satunya yang berada di tengah Danau Toba, kamu ternyata salah, nih. Ada pulau lain yang bisa kamu temukan di tengah Danau Toba, namanya Pulau Sibandang yang masuk wilayah Kabupaten Tapanuli Utara.



Selain pemandangan alam yang asri dan luar biasa indah, di pulau ini kamu juga bisa melihat langsung proses pembuatan kerajinan kain ulos asli, lho. Kain ulos tersebut dikerjakan oleh masyarakat setempat dari berbagai generasi. Salut banget, ya?

Harga: tiket masuk gratis*
Jam & hari buka: setiap hari, 24 jam
Alamat: Sibandang, Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara

Info tambahan: membawa uang tunai lebih untuk membeli makanan atau oleh-oleh, cara menuju Pulau Sibandang menggunakan kapal dari pelabuhan Desa Unte Mungkur sekitar 600 meter.

3. Rumah Bolon, Rumah Adat Batak Toba




Berkunjung ke Tapanuli Utara rasanya kurang lengkap tanpa menyambangi Rumah Bolon di Kecamatan Muara, Pulau Sibandang. Rumah ini merupakan rumah adat milik Raja Pertama Sibandang Opung Jautan Rajagukguk.



Ada yang bisa tebak berapa usia rumah adat satu ini? Usianya sudah lebih dari 300 tahun, lho. Atap rumah ini berbentuk segitiga, sebagian besar rumahnya dibangun dengan kayu dan tali pengikat. Selain itu, di dalam rumah ini nggak ada kamar atau sekat pemisah. Dulunya, rumah Bolon bisa dihuni hingga 6 kepala keluarga.

Kalau berlibur ke Pulau Sibandang, jangan lupa merasakan wisata sejarah ke rumah adat satu ini ya, keren bangeeet!

Alamat: Sibandang, Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara

4. Wisata Pemandian Air Panas Kawah Sipoholon



Ternyata, di sekitar Danau Toba sobat karo gaul bisa berkunjung ke tempat wisata unik satu ini. Yap! Pemandian air panas Sipoholon ini memang banyak diminati wisatawan yang sedang berlibur ke Tapanuli Utara.



Pemandangan bukit kapur berwarna putih yang indah akan menemani kamu berendam di dalam air belerang berwarna biru kehijauan yang memiliki banyak manfaat. Selain berendam, berswafoto dengan latar belakang pegunungan di sini pasti juga keren banget, deh!

Harga: tiket masuk Rp5.000/orang*
Jam & hari buka: setiap hari, 09.00-18.00 WIB
Alamat: Jl. Tarutung, Tapian Nauli, Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara 22474 (Cek di Google Maps)

5. Pemandian Air Soda Parbubu




Berendam di air soda? Konon fenomena alam ini hanya ada dua di dunia lho, termasuk Indonesia, tepatnya di Tapanuli Utara! Kalau sobat karo gaul sudah puas berendam di pemandian air panas, coba deh rasakan pengalaman berendam di air soda ini.

Diberi nama air soda dikarenakan rasa air di sini menyerupai soda. Bahkan, air di pemandian ini juga mengeluarkan gelembung-gelembung seperti soda. Walaupun belum ada penelitian ilmiah mengenai khasiat air soda dari pemandian ini, tapi tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata unik yang sayang untuk sobat karo gaul lewatkan.

Harga: membayar tiket masuk sukarela*
Jam & hari buka: setiap hari, 06.45-19.00 WIB
Alamat: Parbubu I, Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara 22414 (Cek di Google Maps)

Info tambahan: tidak berbicara kotor, menjaga tata krama serta kebersihan

6. Wisata Religi Salib Kasih



Di Bukit Dolok, sekitar 2 kilometer dari Kota Tarutung, sobat karo gaul dapat menemukan objek wisata Salib Kasih. Monumen salib berukuran besar ini dibangun pada tahun 1933 sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa misionaris asal Jerman yang telah membawa agama Kristen masuk ke Tapanuli.

Untuk sampai ke sini, sobat karo gaul harus melakukan pendakian sekitar 1 kilometer menuju bukit tempat Salib Kasih berada. Pemandangan pohon pinus yang menawan serta suasana yang tenang di sekitarnya seakan menambah daya tarik tempat wisata ini. Seru banget, yah?

Harga: tiket masuk Rp10.000/orang*
Jam & hari buka: setiap hari, 24 jam
Alamat: Simorangkir Julu, Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara 22416 (Cek di Google Maps)

7. Tugu Toga Aritonang, Ikon Tapanuli Utara



Familiar dengan marga Aritonang? Ternyata marga ini berasal dari Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, lho. Nah, di sini lah sobat karo gaul dapat menemukan Tugu Toga Aritonang yang berada di perbukitan dan jadi ikon dari Tapanuli Utara.

Tugu kokoh ini dibangun untuk memperkuat keturunan marga Aritonang di mana pun mereka berada. Karena sudah menjadi kawasan pariwisata, untuk kedepannya fasilitas di sini akan terus berkembang. Oh ya, siap-siap dimanjakan dengan panorama alam yang keren banget di sekitar tugu yang bakal bikin kamu takjub!

Harga: tiket masuk gratis*
Jam & hari buka: setiap hari, 08.00-19.00 WIB
Alamat: Desa, Dolok Martumbur, Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara 22476 (Cek di Google Maps)

Saatnya Jelajahi Wisata di Sekitar Danau Toba

Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Begitulah pengalaman berharga yang akan kamu dapatkan jika memutuskan berlibur ke Danau Toba, sobat karo gaul akan menemukan banyak tempat wisata yang nggak kalah keren lainnya, salah satunya di Tapanuli Utara.

Setelah mengetahui berbagai tempat wisata di Tapanuli Utara, kuy langsung rencanakan liburanmu ke Sumatra Utara.