Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tempat Wisata Populer di Magetan dengan Pemandangan Memesona

7 Tempat Wisata Populer di Magetan dengan Pemandangan Memesona

Karogaul.com - Magetan mungkin hanyalah sebuah kabupaten kecil di Jawa Timur. Namun, sepertinya hal itu tidak berlaku bagi mereka yang doyan traveling. Kabupaten Magetan justru menjadi salah satu destinasi menarik dan seru untuk dikulik, karena terdapat banyak objek wisata alam yang masih alami.

Kabupaten yang berada di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah ini memang terkenal dengan bentang alamnya yang indah. Tentunya, juga menawarkan atmosfer yang sejuk sehingga membuat wisatawan seakan lupa waktu saat sedang asyik mengeksplorasi tempat-tempat di Magetan.

Kalau kamu penasaran dengan keistimewaan alam di kabupaten ini dan ingin melihatnya secara langsung, silakan berkunjung ke deretan tempat wisata populer di Magetan dengan view memesona berikut ini!

TELAGA SARANGAN

SUMBER: IG @TELAGASARANGAN

Telaga Sarangan atau dikenal juga Telaga Pasir berada pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Luasnya sekitar 30 meter dengan kedalaman hingga 28 meter. Menariknya, asal usul telaga indah ini kerap dikaitkan dengan cerita legenda yang masih dipercaya masyarakat lokal sampai sekarang. 

Konon, telaga ini dihuni oleh seekor naga besar yang selalu meminta persembahan. Jika tidak diikuti, naga tersebut akan keluar dan mengganggu kehidupan warga sekitar. Terlepas dari itu, layaknya telaga wisata, di sini kamu bisa melakukan banyak aktivitas seru, seperti naik speedboat, bermain sepeda air, dan menunggang kuda.

LOKASI: DESA SARANGAN, KECAMATAN PLAOSAN, KABUPATEN MAGETAN

AIR TERJUN TIRTOSARI WONOMULYO

SUMBER: IG @WISATAMAGETAN (@M.HANANRAFI)

Tidak terlalu jauh dari Telaga Sarangan, air terjun ini disebut-sebut sebagai salah satu surga tersembunyi di Magetan. Dari pusat Kabupaten Magetan, kamu harus berkendara selama kurang lebih 45 menit melalui Jalan Raya Sarangan untuk tiba di lokasi Air Terjun Tirtosari Wonomulyo. Berada pada ketinggian 1.200 mdpl, daya tarik dari air terjun setinggi 50 meter ini adalah bentuknya yang bertingkat. Pemandangan alam di sini pun sangat natural dan di sekitarnya sudah dilengkapi fasilitas pendukung wisata.

LOKASI: DUSUN NGLUWENG, DESA NGANCAR, KECAMATAN PLAOSAN, KABUPATEN MAGETAN

RANDUGEDE HIDDEN PARADISE
SUMBER: IG @RANDUGEDEHIDDENPARADISE

Baru hadir pada tahun 2019, Randugede Hidden Paradise menjadi salah satu tempat wisata unggulan di Magetan. Berkonsep resort sawah dan outbound ‘back to nature’, Randugede Hidden Paradise mampu memanjakan setiap wisatawan dengan berbagai wahana yang tersedia. Mulai dari Jeep Adventure, ATV, naik delman, tangkap kelinci, tangkap angsa, terapi ikan, wisata jelajah kali, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa mencicipi aneka makanan tradisional dengan suasana sejuk khas pedesaan.

LOKASI: JALAN RAYA SENTUL, PANDEAN, RANDUGEDE, KECAMATAN PLAOSAN, KABUPATEN MAGETAN

TAMAN GENILANGIT
SUMBER: IG @TAMANWISATAGENILANGIT

Mencari tempat wisata di Magetan yang memiliki banyak spot selfie kekinian? Yuk, merapat ke Taman Genilangit! Selain bisa berfoto cantik di spot-spot menarik, jangan lewatkan juga melakukan berbagai kegiatan seru. Bermain di Rumah Hobbit, memacu adrenalin dengan naik ATV sekaligus menjelajahi seluruh area Taman Genilangit, mencoba flying fox, hingga naik sepeda dan ayunan gantung. Kamu juga semakin dibuat betah dengan pemandangan alam dan deretan hutan pinus yang menjulang tinggi di sekelilingnya.

LOKASI: DESA GENILANGIT, KECAMATAN PONCOL, KABUPATEN MAGETAN

KEBUN BUNGA REFUGIA

SUMBER: IG @KEBUNREFUGIAMAGETAN

Terletak di lereng Gunung Lawu, Kebun Bunga Refugia wajib masuk ke dalam list destinasi wisata di Magelang yang harus dikunjungi. Sesuai namanya, daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah hamparan berbagai jenis bunga yang berwarna-warni. Biasanya, Kebun Bunga Refugia seluas tiga hektare ini ramai didatangi wisatawan saat weekend dan libur panjang. Kalau kamu ingin berfoto dengan leluasa di berbagai spot, sebaiknya datang pada pagi hari.

LOKASI: JALAN RAYA SARAGAN, KECAMATAN PLAOSAN, KABUPATEN MAGETAN

MOJOSEMI FOREST PARK

SUMBER: IG @MOJOSEMIFORESTPARK

Tempat wisata hits di Magetan berikutnya adalah Mojosemi Forest Park. Menghadirkan beragam wahana yang menantang, seperti High Rope Adventure, Jeep Adventure, ATV, flying fox, dan berkuda. Cocok banget buat kamu yang suka bertualang. Ada juga paket menjelajahi hutan, lengkap dengan tour guide yang akan mendampingi. Tidak ketinggalan, rasakan serunya ‘bertemu’ dengan berbagai jenis dinosaurus pada zaman pra-sejarah di Mojosemi Forest Park.

LOKASI: JALAN CEMORO SEWU NO. KM. 5, KALI JUMOK, SARANGAN, KECAMATAN PLAOSAN, KABUPATEN MAGETAN

KEDUNG NGANCAR

SUMBER: IG @DOLANMAGETAN (@CANDRAWPAM)

Sebelum mengakhiri jalan-jalan kamu di Magetan, nikmati dulu pesona alam dan sejuknya atmosfer pegunungan di Kedung Ngancar. Lokasinya yang jauh dari perkotaan, cocok untuk kamu yang ingin me-refresh pikiran sejenak dengan suasana tenang di alam terbuka. Di sini, kamu bisa berenang di kolam jernih dengan air berwarna kehijauan. Namun, meski airnya terlihat tenang, kamu tetap harus berhati-hati, ya, karena airnya cukup dalam. Kalau merasa ragu, sebaiknya gunakan pelampung ban agar lebih aman.

LOKASI: DESA NGANCAR, KECAMATAN PLAOSAN, KABUPATEN MAGETAN

Nah, itu dia rekomendasi tempat wisata populer di Magetan, termasuk beberapa destinasi hidden gem yang menarik untuk dijelajahi. Semoga bisa menambah referensi untuk next trip mendatang, ya.