Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bikin Lidah Gemeter, 8 Oleh-oleh Khas Belitung di Pusat Kota Pangkalpinang


Karogaul.com - Jalan-jalan sudah, kulineran juga sudah. Kalau gitu saatnya berburu oleh-oleh! Pulau Bangka punya berbagai jenis oleh-oleh yang enak dan unik buat keluarga atau teman-teman kamu.

Kerupuk, kue kering, asinan, sambal, hingga terasi bisa jadi oleh-oleh kalau kamu ke Bangka. Karena cita rasanya yang berbeda, kamu pasti pengen beli semuanya deh.

Dengan harga yang terjangkau, hampir semua oleh-oleh khas Bangka ini bisa kamu dapatkan di pusat Kota Pangkalpinang.

Oleh-oleh Khas Belitung di Pusat Kota Pangkalpinang

Jika kamu nggak punya terlalu banyak waktu untuk cari oleh-oleh, nggak masalah kok. Banyak toko oleh-oleh di Pangkalpinang yang menjual berbagai macam penganan khas Bangka. Kalau masih punya banyak waktu, kamu bisa mampir ke pasar tradisional di Bangka.

Untuk kamu yang sudah atau lagi mempersiapkan liburan selanjutnya ke Pulau Bangka, karo gaul akan memberikan referensi oleh-oleh yang harus dibeli saat akan kembali ke rumah.

1. Kemplang



Kemplang adalah cemilan yang umumnya terbuat dari ikan tenggiri dicampur dengan tepung tapioka. Ada juga kemplang yang terbuat dari udang atau cumi-cumi. Bentuk kemplang ini bermacam-macam, sobat karo gaul. Ada yang berbentuk bulat, segi empat, lonjong, dan lainnya.

Cemilan yang seperti kerupuk ini cara masaknya nggak cuma digoreng dengan minyak lho, tapi bisa juga dipanggang/dibakar atau digoreng dengan pasir!

Rasanya gurih banget dan crunchy. Selain dimakan begitu saja, kamu juga bisa menikmati kemplang dengan sambal terasi khas Bangka yang rasanya pedas dan manis atau sambal tauco. Nendang banget!

Banyak sekali toko oleh-oleh di Pulau Bangka yang menjual kemplang terutama di Kota Pangkalpinang. Salah satunya adalah toko LCK yang berlokasi di Jl. Jendral Sudirman. Toko ini menjual kemplang dengan harga terjangkau.

Harga: mulai dari Rp23.000*
Jam & hari buka: setiap hari, 07.30-21.00 WIB
Alamat: Jl. Jendral Sudirman No.30, Gedung Nasional, Kec. Taman Sari, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684 (Cek di Google Maps)

2. Sirup Jeruk Kunci

Ilustrasi

Sudah nyobain es jeruk kunci kan selama liburan di Pulau Bangka? Kalau rasanya yang asem-asem segar itu ternyata cocok banget di lidah kamu, kamu bisa beli sirup jeruk kunci sebagai oleh-oleh nih. Sirup ini bisa diseduh dengan air hangat atau dicampur dengan es.

Selain untuk stok kamu di rumah kalau cuaca lagi terik dan pengen yang menyegarkan, sirup jeruk kunci bisa buat oleh-oleh yang cocok untuk keluarga, teman atau kolega kamu. Rasanya akan lebih ciamik lagi kalau dicampur dengan somboi atau manisan buah dari Cina.

Harga: mulai dari Rp37.500*
Jam & hari buka: setiap hari, 07.30-21.00 WIB
Alamat: Jl. Jendral Sudirman No.30, Gedung Nasional, Kec. Taman Sari, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684 (Cek di Google Maps)

3. Asinan Kelubi



Terbuat dari buah kelubi, asinan ini rasanya manis, kecut, dan asin. Untuk buah kelubi sendiri bentuknya seperti buah salak tapi lebih kecil. Kulitnya sama-sama bersisik dan berwarna coklat saat sudah matang. Rasanya sendiri asam dan agak sepat.

Katanya orang-orang Bangka udah biasa bikin asinan ini sendiri. Terkadang asinan kelubi dimakan dengan garam cabe seperti rujakan untuk memberikan sensasi pedas. Oh ya, buah kelubi ini kaya akan vitamin C lho dan bagus untuk kulit. Gimana? Sepertinya menarik untuk dicoba ya sobat karo gaul?

Harga: mulai dari Rp30.000/toples*
Jam & hari buka: Senin-Sabtu, 09.00-17.00 WIB
Alamat: Jl. Batu Giok I, Bukitintan, Kec. Girimaya, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684 (Cek di Google Maps)

4. Kue Rintak



Kue ini juga dikenal dengan nama kue sagu. Biasanya, kue rintak ini berbentuk seperti bunga dan memiliki tekstur yang agak keras saat kamu gigit tapi lembut dan akan meluber di mulutmu. Kue ini rasanya manis, sobat karo gaul.

Paling enak menyantap kue ini dengan kopi atau susu. Penganan ini sangat disukai orang lokal baik tua maupun muda. Bedanya dengan kue sagu yang biasa kamu jumpai, ukuran kue rintak ini lebih besar dan tebal serta berwarna kecoklatan.

Harga: mulai dari Rp25.000/bungkus*
Jam & hari buka: setiap hari, 08.00-22.00 WIB
Alamat: JL. Ahmad Yani No. 59, Batin Tikal, Taman Sarii, Batin Tikal, Taman Sari, Pangkalpinang, Bangka Belitung Islands 33121 (Cek di Google Maps)

5. Bong Li Piang

Kue dengan isian selai nanas dikenal dengan nama Bong Li Piang di Bangka. Rasanya asam, manis dan gurih tentunya harus banget sobat karo gaul coba nih. Kue ini terbuat dari tepung terigu, gula aren serta santan.

Namanya seperti masakan Cina karena kue ini merupakan perpaduan budaya lokal dan budaya Tionghoa Hakka. Bong Li Piang termasuk salah satu kue tradisional Indonesia.

Bong Li Piang berbentuk seperti bakpia berwarna kecoklatan. Paling enak makan kue ini bersama kopi atau teh panas sambil bersantai di pagi hari atau di sore hari. Aduh, wajib banget dibeli sebagai oleh-oleh ya sobat karo gaul.

Harga: mulai dari Rp10.000*
Jam & hari buka: setiap hari, 07.30-21.00 WIB
Alamat: Jl. Jendral Sudirman No.30, Gedung Nasional, Kec. Taman Sari, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684 (Cek di Google Maps)

6. Terasi Toboali

Ilustrasi

Terasi atau belacan asli Bangka Belitung itu terkenal banget dan menjadi incaran para wisatawan di sana. Terbuat dari udang rebon, terasi ini biasanya dipakai untuk bikin sambal.

Rasanya sedikit berbeda dengan rasa terasi pada umumnya karena bahannya segar, langsung dari tangkapan nelayan lokal.

Kalau rindu sambal belacan ala Bangka Belitung, terasi toboali ini merupakan bahan paling utama. Kalau ada keluargamu atau temanmu yang suka sambal, pasti seneng banget deh dibawain oleh-oleh belacan ini. Terasinya nggak pahit dan warnanya kemerahan yang menunjukkan bahwa kualitasnya emang oke.

Harga: mulai dari Rp5.000*
Jam & hari buka: setiap hari
Alamat: Batin Tikal, Taman Sari, Pangkalpinang, Bangka Belitung 33684 (Cek di Google Maps)

7. Otak-Otak Ase



Selain menjadi kuliner wajib saat kamu mengunjungi Pulau Bangka, otak-otak ase ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Rasanya yang lebih enak akan bikin kamu nggak ragu-ragu lagi untuk membeli otak-otak ini sebagai buah tangan untuk orang-orang terdekat kamu.

Ada dua pilihan otak-otak yang dijual di sini yaitu otak-otak yang terbuat dari ikan dan cumi.-cumi Otak-otak ikan ada yang direbus, dibakar, dan digoreng krispi.

Kalau otak-otak cumi hanya ada yang versi direbus. Selain itu, ada tiga jenis saus teman makan otak-otak ini; saus tauco, saus terasi, dan saus cabai. Perlu kamu perhatikan bahwa otak-otak ini hanya bertahan selama tiga hari jika dimasukkan di dalam kulkas, sobat karo gaul.

Harga: mulai dari Rp2.500/bungkus*
Jam & hari buka: setiap hari, 08.00-22.00 WIB
Alamat: Jl. Kp. Bintang No.151, Bintang, Kec. Rangkui, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684 (Cek di Google Maps)

8. Sambal Rusip


Banyak orang Indonesia yang suka sambal. Mau memperkenalkan jenis sambal yang unik ke keluarga atau teman-teman kamu yang doyan pedes? Coba deh bawain oleh-oleh sambal rusip.

Sambal ini unik karena terbuat dari ikan kecil yang difermentasi selama satu minggu dengan bumbu garam, gula merah, bawang merah, cabai, dan jeruk kunci. Aromanya agak kuat dan rasanya asam dan manis. Pokoknya beda deh dari sambal pada umumnya.

Harga: mulai dari Rp20.000*
Jam & hari buka: setiap hari, 07.30-21.00 WIB
Alamat: Jl. Jendral Sudirman No.30, Gedung Nasional, Kec. Taman Sari, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684 (Cek di Google Maps)

Bawa Pulang Oleh-Oleh dari Pangkalpinang yang Banyak!

Nah, abis puas berwisata keliling Pangkalpinang, jangan lupa untuk membeli banyak pilihan oleh-oleh serperti yang udah disebutin di atas.