Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukit Bintang Lembah Berbate, Wisata Kekinian yang lagi Hits di Banda Aceh

Bukit Bintang Lembah Berbate

Karogaul.com - Dijuluki Serambi Mekah, Banda Aceh yang merupakan ibu kota Provinsi Aceh punya banyak tempat wisata dan rekreasi yang asyik untuk dikunjungi bersama keluarga. Tidak heran jika kota ini selalu ramai dengan wisatawan, terutama saat momen libur panjang. Jika kamu berencana traveling ke Aceh, cobalah mampir ke daerah Kabupaten Aceh Besar.

Ada destinasi baru yang cocok dipilih sebagai tujuan vacation keluarga. Bukit Bintang, namanya. Penasaran, dong, apa saja daya tarik dari wisata Bukit Bintang di Kabupaten Aceh Besar? So, let’s check it out!

BERADA DI KAWASAN DATARAN TINGGI

SUMBER: IG @LINGKAACEH (@ZULKIRAM3011)

Dibuka pertama kali pada tahun 2022, Bukit Bintang Lembah Berbate berada di Jalan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar. Meski terbilang baru, tempat wisata ini mampu menarik perhatian masyarakat sekitar, bahkan pendatang dari luar kota. Lokasi Bukit Bintang yang terletak di dataran tinggi, membuat udara di sekitarnya terasa sejuk seperti di pegunungan.

Menuju lokasi Bukit Bintang ini tidaklah sulit. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik itu sepeda motor maupun mobil melalui Jalan Medan – Banda Aceh. Jarak tempuhnya kurang lebih 29 kilometer atau membutuhkan waktu sekitar 42 menit. Walaupun berada di kawasan puncak, perjalanan menuju Bukit Bintang Lembah Berbate terbilang mulus. Namun, tetap perlu berhati-hati karena ada beberapa jalur yang mendaki dan menurun.

TERKENAL DENGAN WAHANA SELUNCURAN PELANGI

SUMBER: IG @BUKIT_BINTANG_RESTO_VILLA

Seperti tempat wisata pada umumnya, Bukit Bintang Lembah Berbate juga menghadirkan wahana bermain yang seru untuk dicoba. Salah satu yang populer dan mampu menguji adrenalin, yaitu seluncuran pelangi. Oh ya, sebagai informasi, ada beberapa kriteria khusus yang telah ditetapkan pihak pengelola wisata bagi pengunjung yang ingin menaiki wahana seluncuran pelangi. Karena wahana ini cukup menantang, maka anak-anak tidak disarankan mencoba.

Alternatif buat pengunjung yang membawa anak yaitu mengajak si kecil bermain air di kolam renang berukuran kecil dan tidak dalam. Di sisi kiri dan kanan kolam, terdapat pondok atau gazebo untuk duduk bersantai. Ini bisa dimanfaatkan para orang tua untuk memantau anak yang sedang asyik berenang sambil menikmati view alam di sekitar Bukit Bintang.

MENGHADIRKAN SPOT FOTO YANG INSTAGRAMABLE

SUMBER: IG @LINGKAACEH (@ZULKIRAM3011)

Tidak jauh dari kolam renang tersebut, para pengunjung bisa mengabadikan momen terbaik dengan berpose di depan spot balon udara besar berlatar pemandangan kota di ketinggian. Ada juga bangunan yang memiliki desain atap unik. Bukan sekadar pemanis, bangunan itu bisa disewa bagi para pengunjung yang ingin menginap.

Nah, pengunjung yang bermalam di sana akan mendapatkan fasilitas satu kali makan gratis yang dapat digunakan untuk makan pagi, siang, atau malam. Di lokasi tempat wisata ini juga terdapat kafe untuk menyesap kopi dan teh hangat sambil menikmati sejuknya udara. Kafe tersebut buka mulai pukul 10.00–20.00 WIB.

Sebagai informasi, Bukit Bintang Lembah Berbate buka setiap hari, mulai pukul 09.00–24.00 WIB. Tidak dikenakan biaya tiket masuk alias GRATIS. Hanya, kamu perlu membayar tarif parkir Rp5.000* (mobil) dan Rp2.000* (sepeda motor).