Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun Bibijilan : Berasal Dari Sebuah Gua Dan Mengalir Di Antara Bebatuan


Karogaul.com - Di Sukabumi, Jawa Barat, tepatnya di Kecamatan Nyalindung terdapat sebuah tempat wisata air yang digadang-gadang menjadi air terjun atau curug terbaik yang ada di Sukabumi. Hal tersebut bukanlah suatu hal yang berlebihan, karena ketika kamu berada di Curug Bibijilan bukan hanya 1 curug yang akan kamu temui.

Masing-masing tingkatan curug mempunyai keindahan yang sangat luar biasa, bahkan ada yang menyerupai air terjun yang ada di Sumba. Lokasi alamnya yang masih sangat alami merupakan daya tarik selanjutnya dari Curug Bibijilan. Penasaran? Berikut ulasan lengkap tentang Curug Bibijilan, check this out!

Perjalanan Menuju Curug Bibijilan

Sebelum membahas mengenai keindahan Curug Bibijilan, kamu harus tahu dulu jalur perjalanan dan trekking menuju Curug Bibijilan. Perjalanan yang akan kamu lalui cukup mudah, dengan jalan yang sudah beraspal dan bagus. Kamu akan melewati lokasi yang pernah terjadi di Nyalindung.

Mendekati curug, jalan yang kamu lalui mulai sepi dan menyempit. Jalanan beraspal pun tak lagi kamu lalui. Lokasi Curug Bibijilan ada disebelah kanan jalan. Ketika melewati pintu masuk Curug Bibijilan hamparan pohon pinus menyambutmu dengan kesejukan udaranya. Indah dan sejuk sekali.

Hamparan Pohon Pinus. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Trekking dimulai setelah kamu memarkirkan kendaraan yang dibawa. Untuk mencapai lokasi Curug Bibijilan kamu harus melakukan perjalanan dengan didominasi turunan.

Ketika kamu mulai menuruni anak tangga, terdapat papan peringatan yang memberitahu kita supaya lebih hati-hati. Setelahnya kamu mulai menapaki jalan setapak yang masih alami untuk sampai menuju lokasi Curug Bibijilan. Trekkingnya cukup terjal dan licin, karena masih berupa tanah dan bebatuan.

Namun, trekking yang kamu lakukan tak berlangsung lama. Seketika kamu sudah dapat melihat Curug Bibijilan. Curug Bibijilan ini mempunyai 14 tingkatan, dimana untuk mencapai ke setiap curugnya kamu harus melakukan trekking yang lebih menantang dari yang kamu lalui tadi. Namun trekking yang kamu lakukan akan sebanding dengan pemandangan menakjubkan yang akan kamu dapatkan.

Pesona Keindahan Curug Bibijilan

Penyematan nama Bibijilan merupakan pemberian dari seorang sesepuh Desa yang sangat dihormati. Kata tersebut berasal dari bahasa Sunda, dimana curug artinya air terjun dan bibijilan artinya bermunculan. Mungkin maksud penamaan tersebut ialah ditingkatan curug yang pertama kamu dapat melihat air yang sesekali menyemprot ke permukaan, atau mungkin bisa juga karena dilokasi tersebut bermunculan banyak curug atau air terjun .

Tadi sudah saya sebutkan diawal, bahwa Curug Bibijilan ternyata mempunyai 14 tingkatan. Dimana setiap tingkatan Curug mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Para pengunjung biasanya hanya sampai di Curug tingkatan yang pertama saja, karena memang tidak ada petunjuk untuk menuju tingkatan yang selanjutnya.

Disetiap tingkatan curugnya memiliki aliran air yang cukup deras dan bersih, juga kolamnya berwarna hijau toska, serta memiliki kolam alami yang dapat kamu nikmati. Di tingkatan curug yang ke 3 dan ke 5 memiliki karakteristik yang hampir sama, yakni berundak-undak. Airnya mengalir melalui bebatuan besar yang saling bertumpuk tak karuan.

Sumbanya Sukabumi. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Inilah yang disebut-sebut mirip dengan air terjun yang ada di Sumba, bahkan disebut sebagai “Sumbanya Sukabumi”. Sungguh indah sekali, trekking terjal yang kamu lalui terbayar sudah dengan hamparan keindahan curug yang ada didepan mata.

Namun, ketika musim hujan tiba Curug Bibijilan ditutup untuk para pengunjung. Karena aliran airnya akan lebih deras dan membahayakan.

Ragam Wisata Curug Bibijilan

Banyak hal yang dapat kamu lakukan ketika berada di area Curug Bibijilan, yakni:

1. Outbound Dan Flying Fox

Untuk kamu para pecinta olahraga uji nyali, kamu akan mendapatkan yang kamu sukai di area Curug Bibijilan.

Kegiatan Uji Nyali Di Curug Bibijilan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kamu akan menikmati kegiatan outbound yang menantang disekitar aliran air Curug Bibijilan. Siapkan saja mental dan fisik kamu untuk mengikuti kegiatan tersebut.

2. Berenang

Disetiap tingkatan curug terdapat kolam alami yang merupakan tempat penampungan aliran airnya. Kolam tersebut terlihat berwarna hijau toska dan banyak digunakan sebagai tempat berenang oleh para pengunjung.

Kolam Alami Curug Bibijilan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kedalaman kolamnya beragam, ada yang dangkal ada pula yang dalam. Ketika berenang kamu harus memperhatikan keadaan aliran airnya.

Jika kira-kira sedang sangat deras lebih baik kamu urungkan niat untuk berenang. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Bermain Air

Menikmati kesejukan air yang dialirkan merupakan hal yang harus kamu lakukan ketika berada di Curug Bibijilan.

Sejuknya udara dan dinginnya air merupakan perpaduan yang dapat menyegarkan badan dan fikiran kita.

Menikmati Air Curug Bibijilan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kita dapat duduk-duduk dipinggiran kolamnya sembari memandangi aliran Curug Bibijilan, kadang jika kamu beruntung kamu dapat menemukan hewan lutung yang melihatmu dari atas pohon.

4. Camping

Camping atau bermalam di alam dengan hanya menggunakan sebuah tenda merupakan salah satu cara menikmati indahnya alam.

Kegiatan tersebut dapat kamu lakukan ketika berada di area Curug Bibijilan, dengan hamparan pohon pinus yang siap memayungimu.

5. Berfoto

Mengabadikan keindahan alam dan curug Bebedilan harus kamu lakukan, unggahlah dimedia sosial yang kamu miliki. Biarkanlah semua orang melihat keagungan tangan Tuhan lewat penciptaan Curug Bebedilan.


Lokasi Dan Alamat Curug Bibijilan

Lokasi Curug Bibijilan tak jauh dari Goa Buniayu, jadi setelah menikmati Goa Buniayu baiknya kamu lanjutkan menuju Curug Bibijilan.

Alamat Curug Bibijilan lengkapnya berada di Kampung Lebak Nangka, Desa Kerta Angsana, Kecamatan nyalindung, Kabupaten sukabumi Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Bibijilan

Rute menuju Curug Bibijilan jika dari pusat kota Sukabumi akan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Arahkan kendaraanmu menuju lokasi Goa Buniayu, kemudian teruskan perjalanan hingga menemukan pintu masuk Curug Bibijilan.

Jika kamu tidak tahu rute tepatnya lebih baik ikuti petunjuk jalan yang sudah disediakan serta jangan malu bertanya kepada warga sekitar.

Tiket Masuk dan Parkir Curug Bibijilan

Untuk menikmati Curug Bibijilan yang menakjubkan, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar:Tiket masuk : Rp. 6.000,- per orang
Tiket parkir motor : Rp. 3.000,-
Tiket parkir mobil : Rp. 10.000,-
Jam Operasional Curug Bibijilan

Jam operasional Curug Bibijilan dibuka setiap hari Senin sampai dengan hari minggu mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 18.00 sore.

Fasilitas Curug Bibijilan

Fasilitas Curug Bibijilan sudah lengkap, yakni dengan adanya:Area parkir motor dan mobil
*Kamar mandi
*Warung-warung makanan dan minuman
*Mushola
*Penginapan Terdekat Curug Bibijilan

Penginapan dekat dengan area wisata Curug Bibijilan belum tersedia, namun jika kamu ingin menginap di Sukabumi kamu bisa mendapatkan penginapan sejauh lebih dari 7 km jaraknya dari Curug Bebedilan.

Setelah mengetahui keindahan yang akan kamu dapatkan ketika berada di Curug Bebedilan diatas, pastikan weekend ini kamu datang mengunjunginya.

Keindahan alam yang masih sangat alami merupakan obat terbaik untuk mengembalikan jiwa dan raga yang dipenuhi penat.

Ajaklah sanak saudara maupun kawan komunitasmu untuk ikut mengunjungi Curug Bebedilan. Jangan lupa siapkan foto terbaikmu ketika berada di Curug Bebedilan, ya!