Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumber Maron Malang : Pemandian Dengan Kesegaran Sumber Mata Air Alami


Karogaul.com -  Kawasan Malang menyimpan eksotisme wisata tersendiri yang begitu memukau. Meski kini telah banyak wisata buatan bermunculan, wisata alamnya pun tak kalah menarik. Salah satu wisata alam yang sangat menarik di Malang adalah Sumber Maron.

Destinasi wisata yang menyuguhkan pemandian dengan kesegaran sumber mata air alami. Sebelumnya sumber air ini hanya digunakan masyarakat sekitar untuk budidaya kangkung. Serta area beristirahat selepas kegiatan bertani. Namun dengan potensi yang ada akhirnya sumber mata air menjadi kawasan wisata yang cukup populer.

Harga Tiket Masuk Sumber Maron Malang

Untuk dapat menikmati kesegaran dan keindahan tempat wisata ini pengunjung akan dikenakan tiket masuk. Harga tiket masuk tergolong cukup murah, hanya dibedakan berdasarkan usia wisatawan.
Harga Tiket Masuk Sumber Maron Malang
Tiket Masuk Hari BiasaRp5.000
Tiket Masuk Sabtu – Minggu & Tanggal MerahRp10.000


Informasi penting sebelum berkunjung ke Sumber Maron:
|| Pengunjung sudah melakukan vaksin.
|| Wajib mematuhi aturan protokol kesehatan.

Jam Buka Sumber Maron Malang

Tempat wisata ini buka dan bisa dikunjungi setiap. Dengan jam buka mulai dari pagi hingga sore hari.

Jam Operasional
Setiap Hari08.00 – 16.00

Aktivitas Wisata Sumber Maron Malang Sekian lama menjadi sumber air masyarakat sekitar sobat karo gaul, Sumber Maron pun dibuka untuk wisata. Tumbuhan hijau yang menghampar menimbulkan kesejukan bagi siapa saja yang memandang. Tak hanya itu, adanya air terjun semakin menambah keindahan tempat ini.

Air terjun yang ada di sini hanya memiliki tinggi sekitar 6 meter. Dengan tinggi tersebut, air terjun yang memiliki kemiringan sekitar 60 derajat ini sangat cocok digunakan sebagai mandi 
sobat karo gaul. Selain tidak terlalu deras air yang mengalir juga jernih.

Menikmati Keindahan Kolam Ikan Mas

Keasrian lingkungan di wisata Sumber Maron ini benar-benar menyejukkan. Sebelum menikmati suguhan utama berupa air terjun, pengunjung akan menemui kolam ikan. Di kolam pertama ini pengunjung akan mendapati banyak ikan mas memenuhi kolam.

Menikmati Keindahan Air Terjun



Selain tingginya hanya 6 meter, ada keunikan lain yang dimiliki air terjun ini. Air terjun ini berasal dari sumber air yang sangat melimpah. Karena tingginya 6 meter dan mudah dijangkau, pengunjung bisa naik ke air terjun.

Dengan naik ke air terjun secara langsung, tentu menimbulkan sensasi yang berbeda. Selain itu kesegaran air terjun juga benar-benar nikmat dirasakan dari atas. Namun jika khawatir, bermain di bawah air terjun juga tak kalah seru.

Wisata Edukasi Pembangkit Listrik

Tak hanya menyuguhkan wisata alam yang indah, terdapat pula wisata edukasi di sini. Hal tersebut karena terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidra (PLTMH). Pembangkit listrik ini sangat bermanfaat bagi warga sekitar.

Tak tanggung-tanggung, ada 4 desa yang telah menggunakan pembangkit listrik ini. Hal tersebut tentu memberi edukasi tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Alih-alih menikmati keindahan alam, ada pengetahuan lain yang juga didapat.


Kegiatan River Tubing

Dangkalnya sungai serta arusnya yang deras, membuat tempat ini cocok untuk river tubing. River tubing adalah kegiatan menelusuri sungai dengan ban karet 
sobat karo gaul. Air sungai di sini benar-benar masih alami dan tidak kotor, sehingga aman.

Panjang sungai yang ditelusuri untuk river tubing sekitar 500 meter. Sebelum itu, pengunjung diharuskan menyewa ban karet terlebih dulu. Biaya sewanya cukup terjangkau, antara Rp. 3.000 sampai Rp. 15.000 tergantung ukuran.

Aliran air yang cukup deras serta bebatuan yang besar membuat tubbing semakin seru. Permainan ini cukup aman, karena pengunjung tak dilepaskan tanpa pengawasan. Di ujung arena tubbing disediakan palang bambu untuk mencegah pengunjung hanyut.

Selain itu para penjaganya juga siap sedia membantu dan mengawasi pengunjung. Jadi meski cukup memacu adrenalin, keamanan juga terjamin. Hal inilah yang menjadi alasan permainan ini cocok dicoba sekeluarga.

Berenang Di Kolam Air Terjun


Berenang menjadi salah satu aktivitas yang disukai pengunjung. Kejernihan air kolam alami yang ada di bawah air terjun akan menggoda wisatawan sobat karo gaul. Kolam tidak terlalu dalam, namun bagi anak-anak agar lebih aman bisa menyewa ban ke pengelola.

Wisata Kuliner

Setelah kalain lelah mencoba berbagai wahana yang mengasyikkan, kini saatnya untuk mencoba spot berikut. Spot ini berupa kumpulan tempat makan, atau lazim disebut wisata kuliner yang menggugah selera. Selain berbagai keasyikan di wahana, spot ini merupakan alasan pengunjung ingin datang lagi.

Di sini tersedia aneka masakan khas jawa, mulai dari soto, bakso dan lainnya. Harganya pun bisa dibilang sangat murah, mengingat lokasinya yang berada di tempat wisata. Pinggir warung makan yang berupa sungai menimbulkan kesan natural dan sensasi tersendiri.

Fasilitas Di Wisata Sumber Maron



Dengan suguhan keindahan alami yang ditawarkan, terdapat fasilitas lengkap yang disediakan. Yang pertama adalah area parkir yang luas, dengan tarif hanya Rp. 5.000 untuk mobil 
sobat karo gaul. Selain itu juga dilengkapi dengan mushola serta toilet umum yang memadai.

Lokasi Dan Kontak Wisata Sumber Maron

Jalan akses menuju wisata Sumber Maron sudah cukup baik, sehingga membuat lokasi ini mudah untuk dijangkau 
sobat karo gaul. Alamat lengkapnya: Karangsuko, Pagelaran, Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Pagelaran, Malang, Jawa Timur 65174. Untuk pertanyaan lebih lanjut bisa langsung menghubungi Pemerintah Desa Karangsuko.