Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Spot Wisata Jakarta Yang Makin Instagenik Seusai Revitalisasi



Karogaul.com - Jakarta selalu menghadirkan sisi kebaruan yang dapat dilihat dari pembenahan sejumlah tempat wisata oleh pemerintah atau disebut revitalisasi. Tidak hanya bertujuan untuk menarik minat wisawatan dari berbagai daerah, revitalisasi juga dilakukan agar warga Jakarta semakin bangga dengan kotanya sendiri.

Bicara soal revitalisasi, beberapa tempat wisata di Jakarta kini telah disulap sedemikian rupa dengan wajah baru yang lebih modern dan menyegarkan. Meski membutuhkan waktu yang cukup lama, akan tetapi hasil revitalisasi yang dilakukan berhasil membuat masyarakat kagum. Ingin tahu di mana saja tempat wisata Jakarta yang memiliki tampilan lebih keren setelah direvitalisasi? Cek list berikut, yuk!

SARINAH

SUMBER: SARINAH.CO.ID

Sempat dilakukan pemugaran, The New Sarinah dengan slogan barunya “The Window of Indonesia” hadir dengan gaya arsitektur yang lebih kekinian. Berbeda dengan Sarinah yang dulu, kini Sarinah mengusung konsep community mall yang diharapkan bisa menjadi ‘rumah’ bagi para pelaku industri kreatif untuk memasarkan produk dalam negeri yang berdaya saing.


Sejumlah fasilitas publik yang baru juga dihadirkan, seperti area bisnis digital (e-commerce), ruang pameran, ruang VIP, creative hub, ampitheater, dan skydeck. Dengan keistimewaan itu, kini Sarinah tidak hanya sebagai tempat berbelanja, tapi juga bertransformasi menjadi destinasi wisata baru di tengah Kota Jakarta.

LOKASI: JALAN M.H. THAMRIN NO. 11, GONDANGDIA, KECAMATAN MENTENG, KOTA JAKARTA PUSAT
BUKA: SETIAP HARI, PUKUL 08.00–20.00 WIB

TAMAN ISMAIL MARZUKI

SUMBER: IG @WAJAHBARU_TIM

Setelah direvitalisasi, Taman Ismail Marzuki (TIM) menjadi bangunan multifungsi (mixed-use building) yang harapannya bisa menjadi wadah bagi para seniman Indonesia untuk berkarya dan berkreasi lebih luas lagi. TIM yang didirikan sejak tahun 1968, kini tidak lagi hanya berfungsi sebagai pusat kesenian dan kebudayaan di Jakarta, tapi juga dialokasikan untuk tempat berkumpul masyarakat dari berbagai kalangan dan usia.

Selain fasilitas gedung pertunjukan dan bioskop, TIM versi sekarang memiliki beberapa area baru. Salah satunya, gedung perpustakaan dengan desain minimalis kontemporer bernama Perpustakaan Jakarta. Terdiri dari tiga lantai dilengkapi ruang membaca, area bermain anak, co-working space, dan ruang podcast. Oh ya, masuk ke TIM tidak dipungut biaya apa pun alias GRATIS, loh.

LOKASI: JALAN CIKINI RAYA NO. 73, CIKINI, KECAMATAN MENTENG, KOTA JAKARTA PUSAT
BUKA: SETIAP HARI, PUKUL 08.00–23.00 WIB

TAMAN MINI INDONESIA INDAH

SUMBER: IG @TMIIOFFICIAL

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) kembali dibuka untuk publik sejak 20 November 2022. Tiket masuknya dapat dibeli secara online melalui website tamanmini.com. Wajah baru TMII mengusung empat pilar pariwisata, yaitu green, smart, culture, dan inclusive. Mendukung pilar green, kawasan TMII menyediakan ruang terbuka dan hijau yang lebih luas sebesar 70 persen dari seluruh area.

Taman Legenda Keong Emas Taman Mini Indonesia Indah

Sesuai dengan visi “The Ultimate Showcase of Indonesian Beauty”, TMII merepresentasikan keragaman budaya Indonesia melalui puluhan anjungan daerah yang terdapat di dalamnya dan mengorkestrasi atraksi seni budaya oleh komunitas seni budaya. Semua wahana TMII juga didesain untuk semua kalangan dan usia, serta ramah terhadap para difabel.

LOKASI: JALAN RAYA TAMAN MINI, PONDOK GEDE, KOTA JAKARTA TIMUR
BUKA: SENIN–JUMAT, PUKUL 06.00–17.00 WIB DAN SABTU–MINGGU/ LIBUR NASIONAL, PUKUL 05.00–17.00 WIB

KOTA TUA JAKARTA

SUMBER: IG @WISATAKOTATUA (@GRAHAYUDA_PRASETYA)

Kota Tua merupakan salah satu tempat wisata hits di Jakarta yang dulunya disebut Batavia Lama atau Oud Batavia. Kawasan seluas 15 hektare ini terdiri dari deretan bangunan tempo dulu berarsitektur khas kolonial Belanda yang sebagian besar dijadikan museum bersejarah. Sebut saja, Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Prasasti, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Museum Bank Indonesia.

Selain berwisata masa lalu dengan mengunjungi museum-museum yang ada, kawasan Kota Tua Jakarta kini menghadirkan ilustrasi masa depan kota modern. Wajah baru Kota Tua juga lebih ramah dengan para pesepeda dan pejalan kaki, serta terintegrasi dengan transportasi publik. Ke depannya, kawasan Kota Tua akan menjadi zona rendah emisi atau low emision zone (LEZ).

LOKASI: JALAN PINTU BESAR UTARA NO. 27, PINANGSIA, TAMANSARI, KOTA JAKARTA BARAT
BUKA: SETIAP HARI, PUKUL 06.00–22.00 WIB

TEBET ECO PARK

SUMBER: IG @TEBETECOPARK

Diresmikan pada April 2022 oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Tebet Eco Park (TEP) –dulu bernama Taman Honda Tebet– menjadi magnet baru bagi warga ibu kota. Kemudian, taman seluas 7,3 hektare ini sempat ditutup sementara karena proses revitalisasi. Sejumlah fasilitas baru dihadirkan, seperti kolam ikan, taman hewan, dan tempat barbeque.

Tebet Eco Park Jakarta

Tidak ketinggalan, ada juga taman-taman tematik dan playground area yang asyik untuk tempat bermain si kecil. Sebelum berkunjung ke taman ini, kamu harus mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi JAKI, ya.

LOKASI: JALAN TEBET BARAT RAYA, KECAMATAN TEBET, KOTA JAKARTA SELATAN
BUKA: SETIAP HARI, PUKUL 07.00–11.00 WIB (SESI I) DAN PUKUL 13.00–17.00 WIB (SESI II)
 
TAMAN LITERASI MARTHA CHRISTINA TIAHAHU

SUMBER: IG @TAMANLITERASI.JKT (@ADE.IRWN21)

Selain Tebet Eco Park, kamu juga bisa hangout saat akhir pekan dengan bersantai di Taman Literasi Martha Tiahahu. Setelah direvitalisasi, taman seluas 9.170 meter persegi ini memiliki enam area plaza, yaitu Plaza Utara, Plaza Kabaresi, Plaza Bunga, Plaza Selatan, Plaza Anak, dan Plaza Timur.

Sesuai namanya, taman ini bukan sekadar sebagai ruang terbuka hijau (green space), tapi juga dimanfaatkan untuk sarana literasi nasional. Harapannya, komunitas anak muda yang bergerak di bidang literasi dapat menghidupkan taman ini dengan berbagai kegiatan yang inovatif.

LOKASI: JALAN SISINGAMANGARAJA, MELAWAI, KECAMATAN KEBAYORAN BARU, KOTA JAKARTA SELATAN
BUKA: SETIAP HARI, PUKUL 07.00–22.00 WIB

JPO KARET SUDIRMAN (JPO PINISI)

SUMBER: IG @LOVE_JKT (@ALIVIKRY)

Karet Sudirman pada awalnya hanya berfungsi sebagai jembatan penyeberangan orang (JPO) yang sudah berdiri sejak tahun 1980-an. Pada awal 2021, JPO ini dibenahi kembali dengan dibangunnya struktur jembatan baru berbentuk melengkung sebagai jalur khusus pesepeda.

Menariknya, terdapat anjungan pemandangan yang didesain menyerupai kapal Pinisi –kapal kayu legendaris khas masyarakat Bugis–. Karena itulah, JPO Karet Sudirman disebut juga dengan JPO Pinisi. Dengan keunikan itu, JPO Pinisi kini menjadi salah satu spot Instagramable dan kekinian di Jakarta.



LOKASI: JALAN JENDERAL SUDIRMAN, KARET SEMANGGI, KECAMATAN SETIABUDI, KOTA JAKARTA SELATAN
BUKA: SETIAP HARI, PUKUL 08.00–20.00 WIB

Nah, itulah tujuh spot wisata di Jakarta yang telah direvitalisasi dan kini memiliki wajah baru yang lebih keren. Kalau masih bingung mau ke mana saat akhir pekan nanti, kunjungi saja tempat-tempat wisata di atas dan dapatkan pengalaman seru dengan sejumlah fasilitas baru yang dihadirkan.