Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Wisata Tasikmalaya Yang Hits, Pemandangan Green Canyon Hingga Indahnya ketinggian Curug



Karogaul.com - Dikenal sebagai sentra kerajinan kain bordir, Tasikmalaya yang juga dijuluki Kota Santri ternyata menawarkan pengalaman liburan unik dengan sederet tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bahkan, beberapa di antaranya belum banyak diketahui karena letaknya yang cukup tersembunyi. Buat kamu yang berencana tamasya ke Tasikmalaya, berikut ini rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu jelajahi. Check the list!

1. CURUG CIPARAY TASIKMALAYA




Kalau kamu tertarik road trip keliling Pulau Jawa, spot wisata alam satu ini jangan sampai terlewat untuk disambangi. Berada di kaki Gunung Karacak dan Gunung Dinding Air, salah satu daya tarik Curug Ciparay adalah jeram air yang jatuh dari ketinggian 80 meter. Semakin eksotis dengan kawasan hutan hijau di sekelilingnya. Curug Ciparay memiliki dua air terjun yang berbeda dalam satu lokasi. Satu lagi bernama Curug Dua Ciparay atau Curug Kembar Ciparay.



ALAMAT: DUSUN PARENTAS, KECAMATAN CIGALONTANG, KABUPATEN TASIKMALAYA
BUKA: SETIAP HARI, PUKUL 08.00–17.00 WIB

2. TONJONG CANYON




Dengan mengunjungi Tasikmalaya, kamu bisa melihat tebing-tebing tinggi dan sungai berair hijau yang memesona mirip Grand Canyon di Amerika Serikat. Nama lokasinya, Tonjong Canyon. Selain bersantai menikmati pesona alam yang mengagumkan plus foto-foto dengan latar keren, kamu juga bisa berkemah di sekitar kawasan Tonjong Canyon. Tersedia juga fasilitas lain seperti gazebo, toilet, dan musala untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Yang perlu diingat, sebelum mengunjungi objek wisata ini, pastikan kamu dalam kondisi yang fit, ya.



ALAMAT: DESA NAGROG, KECAMATAN CIPATUJAH, KABUPATEN TASIKMALAYA
BUKA: SETIAP HARI, PUKUL 06.00–16.00 WIB

3. PANTAI KARANG TAWULAN



Buat kamu yang butuh vitamin sea, berkunjunglah ke Pantai Karang Tawulan saat berada di Tasikmalaya. Pantai pasir putih ini termasuk salah satu hidden gem di Tasikmalaya karena lokasinya yang tersembunyi, tepatnya di balik tebing tinggi. Deburan ombak yang cukup deras seakan menyambut kedatangan kamu. Belum lagi, view laut lepas di depan mata, bebatuan karang, dan keindahan sunset di waktu senja, membuat kamu enggan beranjak. Harga tiket masuk Pantai Karang Tawulan sangat terjangkau loh, atau hanya Rp3.500* per orang.



ALAMAT: DESA KALAPAGENEP, KECAMATAN CIKALONG, KABUPATEN TASIKMALAYA
BUKA: SETIAP HARI, 24 JAM

4. TAMAN WISATA KARANG RESIK



Ini dia tempat wisata hits di Tasikmalaya. Menggabungkan konsep wisata edukasi, sejarah, dan taman hiburan dalam satu lokasi, tidak heran jika Taman Wisata Karang Resik selalu ramai pengunjung, terutama saat weekend. Kawasan wisata ini menyediakan wahana yang seru untuk semua kalangan dan usia, seperti taman bunga, farm house, hingga spot foto Instagramable. Restoran dan kafe juga ada, loh. Jadi, kamu tidak perlu repot keluar area untuk mencari makanan atau camilan ringan.



ALAMAT: JALAN MOHAMAD HATTA, SUKAMANAH, KECAMATAN CIPEDES, KABUPATEN TASIKMALAYA
BUKA: SETIAP HARI, PUKUL 09.00–16.30 WIB

5. WISATA ALAM PASIR KIRISIK



Kalau di Bandung ada The Lodge Maribaya, nah di Tasikmalaya ada tempat wisata alam yang menawarkan vibes seperti di Bandung. Namanya, Wisata Alam Pasir Kirisik. Daya tarik tempat ini, yaitu memiliki banyak spot foto menarik seperti kapal Titanic, sky swing, gardu pandang, balon udara, kursi gantung, taman bunga, hingga spot foto 3D. Objek wisata ini juga memungkinkan kamu untuk berkemah karena tersedia camping ground yang cukup memadai.



ALAMAT: DESA GURANTENG, KECAMATAN PAGERAGEUNG, KABUPATEN TASIKMALAYA
BUKA: SABTU–KAMIS, PUKUL 07.00–17.00 WIB DAN JUMAT, PUKUL 13.00–17.00 WIB

6. KEBUN TEH TARAJU



Selanjutnya, ada Kebun Teh Taraju, yaitu area perkebunan teh terbesar di Jawa Barat. Dengan luas 8.027 hektare, kebun teh ini terletak di Kecamatan Taraju, sekitar 48 kilometer dari pusat keramaian Kabupaten Tasikmalaya. Meskipun kebun teh ini mengutamakan daun teh sebagai komoditas utama di daerahnya, tapi kamu juga bisa menemukan jajaran pepohonan kopi, cengkeh, dan aren. Selain itu, kamu bisa berwisata sejarah ke sebuah bangunan lawas yang dulunya merupakan pabrik teh milik pemerintah Belanda.



ALAMAT: JALAN RAYA BOJONGGAMBIR, KECAMATAN TARAJU, KABUPATEN TASIKMALAYA
BUKA: SETIAP HARI, 24 JAM

7. AMPERA WATERPARK

Buat yang ingin seru-seruan bersama keluarga dan anak-anak, main ke Ampera Waterpark, yuk! Waterpark ini memiliki wahana kolam yang terbagi berdasarkan usia, mulai dari wahana kolam anak, kolam batita, kolam arus, dan kolam ombak. Jadi, kamu bisa main air bareng si kecil dengan aman. Di sini juga ada spot khas yang unik loh, yaitu teko raksasa khas Sunda berwarna hijau yang merupakan air mancur. Oh ya, jangan lupa berfoto ala negeri dongeng di bangunan istana kerajaan yang ada di dalam area waterpark.



ALAMAT: JALAN RAYA SUMEDANG–CIBEUREUM NO. 217, PAMOYANAN, KECAMATAN CIAWI, KABUPATEN TASIKMALAYA
BUKA: SABTU–KAMIS, PUKUL 08.00–16.00 WIB DAN JUMAT, PUKUL 13.00–16.00 WIB

Nah, itulah tujuh rekomendasi tempat wisata hits di Tasikmalaya yang menarik banget untuk kamu kunjungi.