Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rasanya Ditinggal Ibu untuk Selama-lamanya. Hati dan Dunia Hancur Serti Luluh Lantah



Rasa kehilangan yang menyesakkan seperti ini belum pernah aku rasakan sebelumnya. Aku sangat terpukul, aku tidak tahu harus berbuat apa. Aku seperti dalam keadaan linglung, seperti sedang berada di mimpi buruk yang tidak bisa aku bangunkan.

Aku tidak bisa mempercayai bahwa ibu tidak ada lagi. Dia adalah segalanya bagiku, dan aku tidak bisa membayangkan hidup tanpanya. Dia selalu ada untukku, tidak peduli apa pun yang terjadi. Dia selalu mendukungku, selalu membuatku tertawa, selalu membuatku merasa dicintai.

Aku masih ingat saat aku kecil, ketika aku jatuh dan terluka. Ibulah yang datang untuk menenangkanku dan merawat lukaku. Dialah yang memelukku dan mengatakan bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Aku masih ingat saat aku pertama kali masuk sekolah. Ibulah yang mengantarku dan membantuku belajar. Dialah yang selalu ada untukku di hari-hari pertama sekolah, ketika aku merasa takut dan kesepian.

Aku masih ingat saat aku pertama kali jatuh cinta. Ibulah yang memberikanku nasihat dan dukungan. Dialah yang selalu ada untukku, ketika aku merasa bahagia dan ketika aku merasa sedih.

Ibu adalah sahabatku, guruku, dan malaikatku. Dia adalah orang yang paling mencintaiku di dunia ini. Aku tidak akan pernah melupakannya, dan aku akan selalu mencintainya.

Aku sangat rindu ibu. Aku tidak tahu bagaimana aku akan hidup tanpanya. Tapi aku tahu bahwa dia akan ingin aku bahagia. Dia akan ingin aku melanjutkan hidupku. Jadi aku akan mencoba untuk kuat. Aku akan mencoba untuk tersenyum. Dan aku akan mencoba untuk tidak lupa betapa dia mencintaiku.

Aku akan selalu mencintaimu, ibu.

Cara Mengatasi Rasa Kehilangan

Kehilangan orang yang dicintai adalah salah satu pengalaman paling sulit yang dapat dialami seseorang. Tidak ada cara yang benar atau salah untuk berduka, dan setiap orang akan melalui prosesnya dengan cara yang berbeda. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi rasa kehilangan.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi rasa kehilangan:

  • Berikan dirimu waktu untuk berduka. Tidak ada waktu yang tepat untuk berduka, jadi jangan memaksakan diri untuk merasa baik-baik saja sebelum kau siap.
  • Bicaralah dengan seseorang tentang perasaanmu. Ini bisa menjadi teman, anggota keluarga, terapis, atau siapa pun yang kau percayai.
  • Ingatlah semua hal baik tentang orang yang kau cintai. Fokuslah pada kenangan indah yang kau miliki bersamanya, dan biarkan itu membantumu melewati masa-masa sulit.
  • Lakukan sesuatu yang istimewa untuk orang yang kau cintai. Ini bisa apa saja, seperti menanam pohon di halamannya, menyumbangkan uang ke yayasan amal favoritnya, atau hanya melakukan sesuatu yang kau tahu dia akan menyukainya.

Bersabarlah dengan dirimu sendiri. Kesedihan adalah proses yang alami, dan tidak ada cara yang benar atau salah untuk berduka. Beri dirimu waktu untuk menyembuhkan, dan kau akan menemukan jalanmu kembali.

Ingatlah, orang yang kau cintai akan selalu ada di hatimu. Dia akan selalu mengawasimu, dan dia akan selalu bangga padamu.