Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Potret Erupsi Sinabung yang Menyeramkan tapi Terlihat Indah

Photo by Ulet Ifansasti / Getty Images

Gunung Sinabung adalah gunung berapi aktif di Provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Gunung ini telah mengalami erupsi beberapa kali pada tahun 2014-2015 silam, tentu erupsi tersebut menyebabkan hujan abu dan awan panas yang menyebar hingga ke kota Medan, berjarak kurang lebih sekitar 100 kilometer dari gunung tersebut.

Meskipun erupsi Sinabung menimbulkan kerusakan dan kerugian, namun juga menghasilkan pemandangan yang menakjubkan. Berikut adalah 9 potret erupsi Sinabung yang menyeramkan tapi terlihat indah:

1. Gunung Sinabung memuntahkan awan panas asap, yang terlihat dari desa Tiga Pancur pada 12 Februari 2014 di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Badan Nasional Penanggulangan Bencana telah mulai mengungsikan mereka yang tinggal di luar radius 5 kilometer.

Erupsi Sinabung
Photo by Barcroft Media / Getty Images

2. Letusan Gunung Sinabung dilihat dari Tiga Pancur Desa, pada 28 April, 2015 Karo, Sumatera Utara, Indonesia.

Erupsi Sinabung
Photo by Barcroft Media / Getty Images

3. Lava mengalir di kawah Gunung Sinabung dilihat dari Tiga Pancur pada tanggal 26 Juni 2015 dalam Karo, Indonesia. Sekitar 10.000 orang tetap di akomodasi sementara di wilayah Indonesia dari Sumatera Utara sebagai Gunung Sinabung terus memuntahkan Lava Panas.

Erupsi Sinabung
lavaPhoto by Tibt Nangin / 500px.com

4. Penampakan Gunung Sinabung saat menghembuskan awan panas beserta lava panasnya.

Erupsi Sinabung
Photo by Ulet Ifansasti / Getty Images

5. Gunung Sinabung memuntahkan asap piroklastik pada tanggal 3 Januari, 2014 di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Jumlah pengungsi telah meningkat menjadi 19.000 Jiwa

Erupsi Sinabung
Photo by Anadolu Agency / Getty Images

6. Petir selama letusan Gunung Sinabung, yang terlihat dari desa Tiga Pancur pada tanggal 21 Februari, 2015 Karo, Sumatera Utara, Indonesia.

Erupsi Sinabung
Photo by Kharisma Tarigan / Anadolu Agency / Getty Images

7. Gunung Sinabung memuntahkan abu vulkanik dan lava di Kabupaten Karo Sumatera, Indonesia 9 Oktober 2014.

Erupsi Sinabung
Photo by Ulet Ifansasti / Getty Images

8. Gunung Sinabung memuntahkan awan panas asap, yang terlihat dari desa Tiga Pancur pada 13 Oktober, 2014 di Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Gunung Sinabung, setelah selama lebih dari 400 tahun belum pernah meletus.

Erupsi Sinabung
Photo by Yuono Tanto H / NurPhoto / Getty Images

9. Foto slow shutter speed diambil pada Oktober, 6. 2014 menunjukkan lava yang mengalir dari Gunung Sinabung seperti yang terlihat dari desa Tiga Pancur, Sumatera Utara

Foto : Kontributor Getty Image
Editor : Willem A Sinuraya