Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Objek Wisata Taneh Karo Terindah

Wisata Karo

Mejuah-juah!
15 Objek Wisata di Tanah Karo ini patut kita acungkan jempol, keindahan yang memanjakan mata, bersama keluarga menikmati sejenak indahnya Ciptaan Yang Maha Kuasa. Mari lihat lebih dekat keindahan Alam Tanah Karo sebagai berikut :

Foto oleh Nindia Lubis

"Taman Hutan Raya (Tahura) ini merupakan Obyek wisata yang terletak Kota Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara dan merupakan kawasan hutan seluas lebih kurang 7 Ha yang ditumbuhi berbagai jenis kayu kayuan hutan tropis berusia diatas 60 tahun dan didalamnya berkembang berbagai species kupu kupu langka. Jarak dari Kota Berastagi ke obyek wisata ini berkisar 5 km.

Foto oleh Luciana Adrianto

"Taman Simalem Resort terletak Jl. Raya Merek – Sidikalang KM.9, Merek di kawasan Bukit Merek,Sidikalang. Objek wisata ini menghadirkan pemandangan Danau Toba dari sudut pandang yang sangat luas. Luas areal kawasan wisata ini mencapai 206 ha dgn lebih dr 25 ha telah ditanami tanaman buah jeruk, markisa, terong belanda, alpukat,dll. Taman Simalem ini dikembangkan oleh PT MEREK INDAH LESTARI (perusahaan yang terkait dengan Hotel Sibayak Berastagi) dan NEXUS INVESTMENT Pte Ltd (perusahaan investasi dari Singapura). Taman Simalem Resort sebelah barat Danau Toba dikunjungi ribuan wisatawan lokal, Singapura, Malaysia pada Idul Fitri 1432 H tahun 2014 lalu"

Foto oleh Artemspec

"Tongging di Kawasan Danau Toba masuk ke dalam wilayah administratif kabupaten Karo. Tongging menjadi pilihan alternatif bagi anda yang tidak sempat berkunjung ke Parapat atau juga ke Samosir. View Danau Toba adalah suguhan paling menarik, jangan lupa singgah ke Bukit Gundul, selain itu anda dapat menikmati lezatnya kuliner di tepi Danau Toba.

Foto oleh jenamedan

"Bukit Kubu Berastagi menawarkan panorama padang rumput hijau yang menyejukkan. Pohon Pinus berbaris dan bukit yang menanjak dan menurun, mendukung kegiatan bermain pengunjung yang datang bersama keluarga dan rombongan. Wisatawan yang datang ke Bukit Kubu biasanya bermain layang-layang."

Foto oleh Budie Herfian

"Tepat dibawah kaki Gunung Sibayak teradapat pemandian air panas. Pemandian Alam Sidebu-Debu adalah lokasi paling pas untuk menikmati air belerang dari Puncak Gunung Sibayak. Pemandian ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama dari Kota Medan. Sidebu-Debu juga tempat persinggahan bagi para pendaki yang hendak naik maupun turun dari Gunung Sibayak."

Foto oleh Fandarwin

"Lumbini adalah tempat peribadatan umat Budha di Kabupaten Karo Sumatera Utara. Merupakan tiruan pagoda yang sama, diadopsi dari negara tetangga. Pagoda Lumbini menyuguhkan keindahan yang berbeda, sisi lain tak terlupakan dari kemajemukan dan keharmonisan umat beragama di Sumatera Utara khusunya kabupaten Karo."

Foto oleh Franc Pallares Lopez

"Desa Budaya Dokan terletak di Kecamatan Merek Kabupaten Karo yang jaraknya kira-kira 20 kilometer dari Kota Kabanjahe.Apabila dari Kota Medan jaraknya sekitar 95km. Desa Dokan memiliki atmosfer yang menyenangkan dan tidak terlalu banyak yang mengunjungi. Desa Dokan adalah desa yang strategis yang terletak di antara kota Berastagi dan Danau Toba. Jadi,tidak rugi bila kita berwisata ke desa ini. Penduduk setempatnya juga sangatlah ramah-ramah. Di persimpangan sebelum memasuki Desa Dokan juga terdapat pasar buah yang menjual segala hasil pertanian yang dihasilkan oleh penduduk setempat."

Foto oleh Franc Pallares Lopez

"Di desa ini terdapat bangunan rumah Tradisional Karo berusia 250 tahun yang dikenal dengan nama Rumah Siwaluh Jabu dihuni oleh 8 kepala keluarga yang hidup berdampingan dalam keadaan damai dan tenteram. Bahan bangunan rumah tradisionil ini dari kayu bulat, papan, bambu dan beratap ijuk tanpa menggunakan paku yang dikerjakan tenaga arsitektur masa lalu. Jarak dari Kota Berastagi ke obyek wisata ini 15 Km yang dapat menggunakan kenderaan umum dan juga kendaraan (bus) wisata."

Foto oleh Jhonny Siahaan

"Sibayak menjadi pusat wisata hiking dan lintas alam paling terkenal di Sumatera Utara. Tempat ini sangat cocok bagi anda para pendaki pemula. Dari puncak Gunung Sibayak anda dapat menyaksikan keindahan Kota Berastagi dan juga Sidebu-Debu, pemandian air panas belerang di Kabupaten Karo. Gunung Sibayak selalu ramai oleh para pengunjung."

Foto oleh Lukmanul Hakim

"Sibuaten adalah gunung tertinggi di Sumatera Utara, gunung yang sudah tidak aktiv ini mulai terkenal semenjak Gunung Sinabung dilarang untuk para pendaki, Gunung Sibuaten kini telah menjadi obyek wisata baru di Kabupaten Karo. View Danau Toba dan hamparan awan diatas gunung menjadi target para pendaki untuk disaksikan secara langsung"
 
Foto oleh Tibta Nangin

"Gua Liang Dahar mempunyai 3 ruang besar dengan ukuran masing masing 500 m, 400 m dan 300 m, serta ruang ukuran kecil lainya. Di dalam gua terdapat mata air yang mengalir melalui terowongan kecil ke Desa Bekerah dan diatas dinding gua terdapat sarang burung layang layang dan kalong. Jarak dari Kota Berastagi ke obyek wisata ini 40 Km, sampai ke Desa Lau Buluh dapat menggunakan kenderaan roda empat dan selanjutnya berjalan kaki lebih kurang 30 menit."

Foto oleh Herman Lubis

"Danau ini memiliki luas lebih kurang 200 Ha diapit oleh alam pegunungan yang ditumbuhi kayu kayuan hutan tropis dan dipinggir danau terbentang lahan seluas 3 Ha sebagai lokasi tempat berkemah. Bagi wisatawan yang berjiwa petualangan, dari obyek ini dapat melakukan kegiatan panjat tebing dan sekaligus pendakian ke puncak Gunung Sinabung melewati hutan belantara. Jarak dari Kota Berastagi ke obyek wisata ini 27 Km dan dapat menggunakan kenderaan roda empat melewati beberapa desa dan lahan pertanian (Agro Wisata)."

Foto oleh Fadhlan Akbar

"Bukit Gundaling tentu sudah sangat sering terdengar dan juga amat banyak dikunjungi oleh turis. Gundaling berasal dari singkatan Good Bye My Darling, mengisahkan tentang 2 sejoli yang berpisah karena zaman Siti Nurbaya. Di Bukit Gundaling anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan menarik seperti menaiki Kuda, berbelanja, dll."

Foto oleh Jhonatan Wicaksana

"Terkenal sebagai salah satu air terjun tertinggi di Sumatera Utara dan Indonesia, Sipiso-piso letaknya tidak terlalu jauh dari Tongging sehingga anda dapat melakukan perjalanan wisata secara berurutan dengan mengunjungi beberapa lokasi. Air Terjun Sipiso-Piso sedikit menantang, karena anda harus menuruni sekitar 100 tangga untuk mencapainya."

Foto Oleh ajdaulay

"Air Terjun ini mempunyai ketinggian jatuh 30 m dan jarak dari monumen Berastagi ke obyek wisata ini lebih kurang 11 Km. Dikelilingi hutan tropis tempat Gibon bergantungan yang kadangkala berteriak bersahut-sahutan dan di sekitar lokasi ini terdapat bajing, burung gagak, phyton dan kupu-kupu berwarna-warni. Disepanjang jalan objek wisata ini dapat dinikmati jagung bakar dan rebus. Untuk sampai ketempat ini dapat menggunakan bus besar atau kecil menuju Medan atau Berastagi dan menuruni tangga dari jalan pada perbatasan Karo-Deli Serdang."

FP : Exploler Karo