Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belum ada BUKTI bahwa SEMBIRING berasal dari INDIA

Belum ada BUKTI bahwa SEMBIRING berasal dari INDIA
Foto dari FB : Lord Bandito

Sembiring Singombak ini terdiri dari kurang lebih 15 sub merga yaitu ;

👉Brahmana, 
👉Pandia, 
👉Colia, 
👉Gurukinayan, 
👉Keling, 
👉Depari, 
👉Pelawi, 
👉Bunu Aji,
👉Busok, 
👉Muham, 
👉Meliala, 
👉Pande Bayang, 
👉Maha, 
👉Tekang dan 
👉Kapur. 

Yang dibagi menjadi 3 kelompok, pernikahan SEMBIRING MERGANA yang merupakan pernikahan type ke-6, terjadi antar 3 kelompok ini, tapi hanya di Gugung, di Jahe tidak.

Kelompok Sembiring Brahmana, Pandia, Colia, Gurukinayan dan Keling menganggap mereka seketurunan, sehingga mereka tidak boleh mengadakan perkawinan antar sesama mereka. Penyebutan "Lima ngei kami", itulah asal penamaan LIMANG.

Demikian pula dengan Depari, Pelawi, Bunu Aji dan Busok, mereka ini juga menganggap seketurunan dan pantang mengadakan perkawinan antar sesama mereka.

Sisanya kita anggap sebagai satu kelompok.
 
Namun kesembilan sub marga Sembiring yang terbagi ke dalam tiga kelompok ini, boleh mengadakan perkawinan sesama mereka di luar dari kelompoknya.

Sedangkan Sembiring keturunan Raja KUNCA-TAMPEI-KUWALA berasal dari Kerajaan KUALA AYER BATU terdiri dari lima sub marga yaitu ;

👉Kembaren, 
👉Keloko, 
👉Sinulaki, 
👉Sinupayung dan 
👉Bangko. 

Kelompok Sembiring ini juga memperabukan jenasah keluarga mereka yang meninggal dunia, tetapi abu jenasahnya mereka kubur. Bukan dibuang seperti yang dilakukan kelompok Sembiring Singombak. Mereka ini tidak berpantang memakan daging anjing.

Sama seperti kelompok Sembiring Singombak, kelompok Sembiring Kuala Ayer Batu ini juga dilarang mengadakan perkawinan sesama mereka, kecuali sudah berhubungan sebagai 2 (dua) negeri, Nageri Kepultaken (KARO TIMUR) & Nageri Kesunduten (KARO BARAT), terutama KEMBAREN di Barat yang bebas menikahi sembiring apapun asal tidak sesama kembaren.

Hal spesial yang lain ialah untuk Sembiring Bangko. Kelompok ini sekarang berdomisili di Alas, Aceh Tenggara dan sudah menjadi bagian dari masyarakat Alas, seperti halnya para keturunan Raja Kuala Ayer Batu yang menetap di Sumatera Barat sudah pula menjadi bagian dari masyarakat Minangkabau. Saat ini pada umumnya kelompok merga Sembiring ini sudah memeluk agama Kristen atau Islam dan tidak lagi memperabukan jenasahnya seperti dahulu.

Adapun penyebab hadirnya sub-sub marga ini beberapa diantaranya, DIDUGA berasal dari nama daerah asal mereka di India. Misalnya ;
👉Sembiring Pandia diduga berasal dari daerah Pandya, 
👉Colia dari daerah Chola, 
👉Tekang dari daerah Teykaman, 
👉Muham dari daerah Muoham, 
👉Meliala dari daerah Malaylam, 
👉Brahmana dari kelompok Pendeta Hindu. 
TAPI SEMUA CUMA DESAS DESUS, tidak ada penelitian lebih lanjut.😀

Siapapun para sumbiring/sempiring/sambaring ini, darimana dan sejak kapan atau bilamana mereka terresap sebagai orang Karo 👉yang Jelas ada suatu BUDAYA KARO dipastikan begitu tinggi sehingga mereka yang sudah berbudaya tinggi pula mau tidak mau harus tunduk dan menjadi KARO.

Oleh : AndichristTheodicea KaynEchsed Ginting
Editor : Willem Andrea Sinuraya