Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapakah Jumlah Uang yang ada di Dunia saat ini ?


Apakah kamu tau, berapa banyak jumlah uang yang ada di dunia ini? Kalau di dompet kamu cuma ada recehan doang, atau kamu cuma bisa pinjam seratus ke teman kamu, tapi jumlah uang yang ada di dunia in jauh di luar perkiraan.

Bagaimana cara menghitungnya?

Sebetulnya cara mengitung uang di seluruh dunia ini agak tricky dan jumlahnya tidak akan pasti. Tapi, kalau kamu tetep mau itung berapa duit yang ada di dunia, cara paling oke adalah ngitung semua uang kertas dan koin yang beredar di dompet orang, celengan, dan mesing ATM.

Coba kita mulai dari rupiah dulu deh. Kata Bank Indonesia di tahun 2023, jumlah uang rupiah yang beredar angkanya tembus Rp 8.505,4 triliun, dan angka ini biasanya akan terus tumbuh 3,4 persen per tahun.

Jangan ngebayangin uangnya ditumpuk menggunung, kaum ekonomi lemah seperti kamu tidak akan sanggup bayanginnya.

Lalu, coba kita liat ke Inggris, mata uang pound sterling dalam bentuk koin dan uang kertas yang beredar jumlahnya sekitar £84 miliar, terus di Amerika Serikat ada sekitar US$2.236 miliar, €1.578 miliar dalam uang Uni Eropa, dan ¥9.616 miliar dalam uang China, dan ditambah uang-uang lainnya dalam berbagai mata uang.

Karena uang tidak punya nilai yang sama di setiap negara, jadi buat ngehitung semua koin dan uang kertas di dunia, kamu perlu ngeukur seberapa banyak satu dolar AS, satu rupiah, atau satu yuan China dalam pound sterling. Kalau pake data terbaru yang ada, hasilnya sekitar £6.113 miliar.

Jumlah ini bisa berubah dengan cepat banget dan mungkin sudah berubah pas kamu baca artikel ini. Ini sebagian gara-gara negara-negara terus cetak uang baru.

Tapi, juga gara-gara nilai tukar yang berubah-ubah. Misalnya, seperti dolar AS yang tidak selalu sama, hari ini US$1 bisa Rp 15 ribu, padahal beberapa tahun lalu cuma Rp 10 ribu, dan sudah pasti beberapa tahun yang akan datang akan jauh lebih tinggi.

Berapa banyak dolar AS yang kamu dapet buat satu rupiah itu tergantung seberapa banyak orang mau pake uang rupiah. Itulah kenapa kalau ada yang bikin uang sendiri, seperti kriptokurensi seperti bitcoin, mereka ngabisin waktu lama buat meyakinkan orang lain buat digunakan.

Tapi mengitung koin dan uang kertas aja tidak cukup buat ngasih tau kita berapa banyak duit yang ada di dunia. Misalnya, orang punya duit di rekening bank mereka yang tidak sesuai dengan koin tertentu.

Di Inggris, sekitar 96% uangnya cuma ada dalam bentuk elektronik. Kalau kamu masukin itu semua, totalnya bukan £84 miliar tapi £2.223 miliar. Kalau kamu tambahin lagi angkanya buat seluruh dunia kamu bakal dapet sekitar £46.557 miliar.

Jadi, kesimpulannya seperti apa?

Bank for International Settlements memperkirakan ada sekitar $8.275.000.000.000, atau $8,28 triliun dolar AS, di 20 negara termasuk wilayah euro tahun 2021, ini data yang paling baru. Tentu aja, dunia ini punya hampir 200 negara, jadi ini cuma perkiraan kasar buat kategori uang yang paling sempit dan mungkin paling gampang diukur.

Jumlah uang global secara total hampir $83 triliun, ini termasuk uang yang disimpan dalam cek perjalanan, deposito, dan jenis-jenis lain yang bisa diperiksa.

Kalau kamu penasaran jumlah pastinya, coba kamu hitung sendiri aja jumlah uang di 200 negara di dunia secara terpisah.

Blog : Kuy