Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gunung Sibuaten Karo -- Lautan Awan yang Menghiasi pemandangan Danau Toba

sibuaten
Image source: instagram.com/fakhrii_ahmad

Meski kalah terkenal dibandingkan Gunung Sibayak yang populer di kalangan pendaki gunung, gunung ini digadang-gadang merupakan puncak tertinggi di Sumatera Utara, Gunung Sibuatan. Gunung yang mempesona dengan sejuta cerita.

Seperti kata orang bijak, ``Kalau melihat alam secara mendalam, kamu akan memahami segalanya dengan lebih baik. '' Nyatanya, Gunung Sibuatan yang dicap oleh Kabupaten Kalo ini menawarkan pengalaman yang luar biasa.

Salah satu pengalaman yang luar biasa adalah menyaksikan indahnya pemandangan Danau Toba dari ketinggian 2.457 meter di atas permukaan laut.

Pendaki terlebih dahulu tiba di kantor pendaftaran sebelum mendaki gunung. Umumnya pengelola lokal adalah generasi muda pelestari lingkungan (genpari).Seluruh barang milik pendaki juga akan diperiksa dan dicatat.

``Barang-barang milik setiap pendaki kami catat agar bisa diperkirakan berapa banyak sampah yang mereka bawa saat turun gunung dan mengurangi pencemaran alam,'' kata seorang manajer setempat, Doni Lingga, 28, beberapa waktu lalu.

Saat ini ada beberapa syarat untuk mendaki Gunung Sibuatan. Diantaranya, setiap orang harus meninggalkan tanda pengenal seperti KTP sebagai bukti, dan pendaki masih berada di puncak. Setidaknya satu vaksinasi diperlukan dengan menunjukkan bukti atau masalah perlindungan.

Anda juga harus membawa perlengkapan yang ditentukan pihak pengelola, seperti: tenda double layer, logistik yang sesuai, baju ganti, alat masak, gas portable, sepatu, kasur, sleeping bag, jas hujan, kompor.

Jika mendaftar, seluruh pendaki membayar biaya pendaftaran tambahan.
👉Tarif per orang Rp 15.000,
👉Roda dua Rp 15.000/unit, dan
👉Roda empat Rp 40.000/unit.

Selain itu, pengelola juga akan memberi tahu Anda peraturan khusus seperti: Misalnya waktu pendakian terakhir adalah pukul 13.00 WIB dan terakhir turun dari puncak adalah pukul 13.00 WIB, maka Anda masih bisa tiba di kantor pendaftaran pada pukul 19.00 WIB.

Saat ini terdapat lima pusat evakuasi di Gunung Sibuatan. Namun shelter yang direkomendasikan untuk mendirikan tenda adalah Shelter 5 yang digunakan sebagai tempat perkemahan. Shelter 3 dan 4 ditutupi oleh platform kayu berongga, jadi tidak disarankan untuk mendirikan tenda.

Salah satu daya tarik Gunung Sibuatan adalah jalur pendakiannya yang dipenuhi akar pohon yang menjadi rumah bagi berbagai tanaman langka, antara lain anggrek hutan, beliung, dan jamur. Salah satu jalur trekking yang wajib kamu dan adik-adik coba adalah jalur Nagalinga.

Jalur ini merupakan pilihan yang paling menantang karena Anda akan menjumpai jalanan berlumpur yang akan merangsang gairah Anda untuk mendaki gunung. Estimasi waktu trekking pada jalur ini adalah 7 hingga 8 jam pendakian.

Sesampainya di puncak Gunung Sibuatan, kalian akan disambut lautan awan yang menghiasi pemandangan Danau Toba. Panorama yang tidak biasa ini pasti akan memanjakan mata.

Mohon hormati peraturan yang berlaku pada waktu tertentu, terutama mengenai jadwal turun.Yang terpenting jangan melenceng dari rute yang dituju. Sebab, bahaya bisa datang tanpa peringatan.

Abba seperti binatang buas, tersesat tanpa ada yang menolongnya. Gunung Sibuatan ditakdirkan menjadi rumah dimana semua orang dapat merasakan keagungan Penciptanya. Pesona buatan ini tidak akan mengecewakan Anda. Jadi jangan kecewa jika Anda tidak pergi. Danau Toba juga begitu megah dan megah meski dilihat dari puncak Gunung Sibuatan.