Produk Pilihan

Kesing Karo

Produk Terbaru

Pria Muslim Bertato Salib

Publikasi 21 August 2019

karogaul.com - Saya seorang pemuda dari Suku Karo dan beragama Islam. Saya ingin membagikan sedikit pengalaman saya hidup dalam berbagai perbedaan. Dua bulan yang lalu saya mengabadikan tatto salib di tubuh saya.

Dibantu oleh teman saya yang juga seniman tattoo @defretestattoomedan.
Terimakasih brather udah mau menyumbangkan karyanya buat tubuh saya. Dan yang paling buat saya senang, sudah mau mendengarkan celotehku tentang indahnya perbedaan agama.
Sedikit cerita dan alasan mengapa saya mengabadikan tatto salib ini. Menurut saya, semua ajaran agama sama. Tidak ada yang mengajarkan tentang kebencian. Dan kita juga tau kalo perbedaan adalah ciptaan Tuhan. Yang tujuannya agar kita dapat menunjukkan saling menghormati, saling merangkul.

Bukan sesuka kita yang membuat hancur persatuan seperti sekarang ini.
Lalu, mengapa gambar beliau? Saya hidup dari kecil hingga sampai sekarang dengan keluarga saya yang berbeda-beda agama. Saya sangat mengerti bagaimana hidup saling menghormati dan saling menerima dalam perbedaan.

Mungkin hal inilah yang membuat saya berbeda pandangan dengan mereka yang hidup hanya di lingkungan yang sama. Selama hampir 2 tahun saya hidup bersama orang-orang yang sudah seperti saudara saya yang berbeda ras, suku, budaya, dan agama.

Ketika saya melakukan petualangan dengan scooter kesayangan saya ke Indonesia Timur, mulai dari NTB hingga Papua yang mayoritas Nasrani, pertamakalinya saya menginjakkan kaki ke daerah ini, tidak seorangpun yang saya kenal sebelumnya. Tapi, dengan begitu mudahnya mereka menerima saya tanpa mempermasalahkan suku dan agama saya.
Perbedaan yang cukup mencolok dari kebiasaan, budaya, agama tidak membuat jarak diantara kita.

Begitu tersentuh saya ketika ditanya agama, saya bilang saya seorang muslim. Kemudian mempersilahkan saya shalat bahkan disediakan sajadah yang memang tidak saya miliki. Mereka bukan muslim tapi dengan senang hati mempersilahkan saya shalat dan menyediakan sajadah.
Seandainya sebagai rakyat Indonesia dengan banyak perbedaan bisa memperlakukan sesama seperti ini, bisa menghargai agama orang lain, menerima perbedaan tanpa mengurangi ibadah kita, sungguh sangat indah. Ketika agama dikaitkan dengan masalah lain yang dilakukan oknum yang memeluk agama itu sendiri, maka dengan bijaksana jangan kita salahkan agamanya, tapi masalah oknumnya yang memeluk agama. Lebik bijaklah dalam berpikir.

Next time saya ingin mengukir gambar Bunda Maria. Bagi teman seniman tatto yang ingin menyumbangkan karya gambarnya saya sangat senang menerimanya.
TERIMAKASIH.

Semoga pengalaman saya ini bisa menginspirasi teman-teman semua untuk bisa menerima dan menghormati perbedaan. Karena kita satu Indonesia.

Oleh: Rey Bulang Tarigan Silangit

Artikel

Baca Artikel Lainnya

Review Product

Artikel

Jasa Pengiriman
Bank Transfer
Copyright © 2018 Karo Gaul - All Rights Reserved
%10
%17
%20
%25
%30
%40
+100
+300
+350
+500
$100000
$150000
$200000
$240000
$250000
artikel
batak news
brando mamana
distro karo gaul
dunia karo
education
ekonomi
humor
islam
Jaket
Jaket Karo
kampus
kaos
Kaos Karo
kaos karo gaul
karo artis
karo gaul
karo gokil
karo islam
karo kuliner
karo news
karo puisi
karo sejarah
karo sumatera
karo unik
karo wisata
KBB
Kesing
Kesing Karo
kolom
kompas
langka
laucih
Mata Najwa
medan
meme karo
Millennial
modus
motivasi
Mug
Mug Karo
nasional
news
Ng. Sembiring
nias news
peristiwa
Potret
produk
Promo
Q&A
riong
sadis
singgamanik
store
sumut
Tempat Wisata di Indonesia
Theodorus Ginting
tiger karo
Topi
Topi Karo
trending
video
viral