Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Gambar Pemandian Sembahe, Lokasi dan Wahana Alam Terbuka


Karogaul.com - Sembahe adalah salah satu desa yang berada di Kec.Sibolangit, Kab. Deli Serdang. Daerah Sembahe ini terkenal juga dengan lokasi wisata alam yang banyak dikunjungi sobat gaul karena keunikan alamnya.

Anda pasti tahu bukan?
Nah… seperti yang kita tahu pada umumnya, wisata di Sembahe ini memang terkenal dengan lokasi wisata pemandian alam dengan aliran sungainya yang panjang dan deras dan bening pula.


Tak hanya memilki lokasi wisata pemandian alam yang terkenal, Sembahe ini ternyata juga memiliki beberapa hal unik yang perlu kamu ketahui sobat gaul.


Apakah kam tahu 5 hal menarik yang ada di wisata Sembahe. Penasaran apa saja yang menjadi hal unik di pemandian Sembahe ini kan ? Yups . . . langsung saja kita simak yuk gaissss.

1. Sejarah Pemandian Alam Sembahe
Ternyata Pemandian Alam Sembahe ini sudah dibuka sejak tahun 70 an lo gais…
Pemandian Alam Sembahe sebenarnya berasal dari nama sebuah sungai tempat pemandian alami yang terletak di Kampung Mbelin, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang.


Kampung Mbelin Sembahe ini terletak ± 800 mdpl dengan luas kurang lebih sekitar 300 hektar. Batasnya adalah antara Bingkawan dan Sibolangit.


Sungai Sembahe ini memang terkenal dengan memiliki air yang jernih, dingin, deras dan diselingi dengan pemandangan batu – batu yang besar. Hal inilah yang menjadikan Pemandian Alam Sembahe ini banyak dikunjungi karena cocok untuk melepas penat dari rutinitas sehari – hari.

2. Asal - Usul Nama Sembahe
Uniknya pemberian nama Sembahe ini ternyata memiliki cerita yang cukup menarik. Pemberian nama Sembahe pada daerah ini ternyata berasal dari asal mula kata “Sembahe” yang dulunya “Sembahe Ganjang” yang merupakan sebuah bukit yang yang dipagari hutan lebat dan terdapat ukiran pahatan seperti patung.


Masyarakat sekitar menamakan patung ini dengan sebutan “Gana – Gana”. Nah, setiap orang yang lewat jika ia laki – laki maka harus memberikan rokok dan jika ia perempuan maka harus mempersembahkan sirih (berdasarkan tradisi suku Karo), dari tradisi inilah muncul kata “Sembah – e” (sembahlah Gana – Gana itu).


3. Area Pegunungan yang Dingin
Pemandian Sembahe tepat berada di daerah dataran tinggi yang terletak ± 800 mdpl. Karena terletak di dataran tinggi, hal inilah yang menjadikan udara di daerah Sembahe ini cukup dingin seperti berada di Berastagi.


Salah satu yang membuat  Sembahe ini banyak dikunjungi adalah karena udara yang dingin membuat pengunjung betah berlama - lama untuk merefresh pikiran sejenak dari rutinitas sehari – hari. 

Selain itu, daerah Sembahe ini juga masih asri dan banyak dikelilingi pepohonan yang hijau dengan panorama yang instagenik sehingga dapat memanjakan mata dari hiruk pikuk kota yang rumit heheh.

 4. Lokasi Rafting untuk Pemula
Aliran sungai sembahe yang cukup deras dan banyak diselingi batu-batu cadas yang besar menjadikan lokasi pemandian Sembahe ini juga cocok untuk dijadikan sebagai lokasi rafting.


Rafting (arung jeram) di pemandian alam di Sembahe ini memang cukup mengasyikkan. Selain itu, pemandangan di sekitar pemandian yang dikelilingi pepohonan yang hijau dan udara yang dingin pastinya akan membuat kamu betah untuk berlama – lama di Sembahe ini.



5. Dekat dari Kota Medan
Berlibur ke pemandian alam di Sembahe ini memang menjadi salah satu pilihan berlibur yang dekat dari Kota Medan. Hal ini dikarenakan jarak antara Kota Medan ke Sembahe ini hanya memakan waktu kurang lebih sekitar ± 1,5 jam sobat gaul.


Untuk menuju ke pemandian Sembahe, kamu tempuh dengan kendaraan pribadi atau dengan kendaraan umum seperti Bus Sinabung, Murni atau Sumatera Transport. Jadi itu dia hal unik yang harus kamu ketahi jika berada di pemandian Sembahe gais . . .