Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Potret Pemandian Bah Damanik, Konon Dahulu Tempat Ini Pemandian Raja dan Keluarganya



Karogaul.com - Seperti yang kita ketahui Kab. Simalungun merupakan wilayah yang mengintari Kota Pematangsiantar. Tidak hanya mempunyai pantai- pantai indah di posisi wisata Parapat, Kabupaten Simalungun pula menaruh pemandian yang tidak kalah indah dari wisata Parapat.



Pemandian Bah Damanik namanya, ataupun yang lebih diketahui dengan istilah Aek Manik. Pemandian Aek Manik yang mempunyai air jernih serta hamparan pasir putih yang indah ini ada di Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

1. Lokasinya yang terletak di tengah- tengah kebun kepunyaan PTPN



Lokasinya yang terletak di tengah- tengah kebun kepunyaan PTPN ini membuat warga di luar Kabupaten Simalungun masih asing mendengar namanya. Walaupun demikian, pemandian yang tidak begitu luas ini kerap dipenuhi warga dekat Pematangsiantar serta Kabupaten Simalungun.

Dikala merambah areal pemandian Aek Manik, kita bisa memandang bilik kolam semacam terdapat bebatuan natural ukiran relief menghiasi sisi bilik yang nampak telah kumal berlumut.



Terdapat pancuran aliran air dari atas bawa air bersih dari pegunungan nampak begitu fresh serta dikelilingi pepohonan hutan membuat para turis tidak merasa kepanasan, walaupun pada dikala siang hari. Lokasinya sesuai buat bercengkrama dengan keluarga ataupun sahabat.

2. Konon katanya ini tempat pemandian Raja Damanik serta keluarganya



Aek Manik ialah pemandian yang tercipta secara natural tanpa sentuhan manusia. Apalagi konon bagi masyarakat setempat, sangking bersihnya, air itu bisa diminum tanpa di masak terlebih dahulu. Pemandian Aek Manik tadinya tempat mandi Raja Damanik serta keluarganya. Setelah itu, kolam ini jadi sumber irigasi sawah warga setempat, sampai jadi tempat wisata.

Hingga dikala ini, pemandian Aek Manik masih dikelola generasi Raja Damanik. Pengelola pula masih senantiasa melindungi kebersihan serta kelestariannya.

3. Jarak tempuh 150 km dari Kota Medan serta 21 km dari Kota Pematangsiantar



Untuk kamu yang tiba dari Kota Medan hingga hendak menempuh jarak 150 km, dengan waktu tempuh dekat 4 jam. Sebaliknya yang tiba dari Kota Pematangsiantar cuma menghabiskan waktu 1 jam buat hingga ke pemandian aek manik.

Baca juga :

| Wisata Miracle DGYP Signature

| Wisata Air Terjun Simangande

Sebaliknya jalur mengarah pemandian Aek Manik apabila kamu tiba dari kota Medan bisa memakai kendaraan bis mengarah ke Pematangsiantar semacam bis intra ataupun sejahtera. Dari kota Pematangsiantar di lanjutkan memakai kendaraan angkutan universal jalan Pematangsiantar ke Sidamanik.



Petualangan menuju wisata eksotik ini membutuhkan waktu 25 menit, sesampai di lapangan desa hutan lama ataupun pasar sidamanik, melanjutkan ekspedisi masuk ke jalur siamatahuting sepanjang 700 m. Apabila berjumpa dengan simpang 3 silahkan belok ke arah kanan serta temukan petunjuk jalur ke posisi wisata.

Posisi wisata tersebut terletak dibawah, hingga turis wajib menuruni puluhan anak tangga. Sehabis menuruni tangga, hingga hingga lah di pemandian alam Aek Manik dimana cirinya air bercorak biru jernih serta sejuk pastinya. Tidak terdapat syarat tiket masuk wisata pemandian Aek Manik alias free.

Demikianlah ulasan singkat mengenai "7 Potret Pemandian Bah Damanik, Konon Dahulu Tempat Ini Pemandian Raja dan Keluarganya" semoga artikel ini bisa menjadi panduan wisatamu saat menjelajahi tempat ini ya sobat gaul. Happy holiday . . .