Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemandangan Laut Dari Atas Ranjang : 13 Penginapan Dekat Pantai Jogja Dengan Panorama Spektakuler


Karogaul.com
- Tahukah Anda kalau wilayah Yogyakarta bukan sekadar di sekitaran Malioboro saja? Tak jauh di ujung selatan Jogja sobat karo gaul, tepatnya di pesisir selatan Pulau Jawa terdapat salah kabupaten terluas di Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu Gunung Kidul.

Mungkin saja dulu nama Gunung Kidul selalu identik dengan daerah pedesaan yang amat tertinggal. Namun beberapa tahun terakhir – seiring dengan perkembangan industri pariwisata, Gunung Kidul kian “berdandan” dan memaksimalkan potensinya.

Asal tahu saja, Gunung Kidul memiliki penuh pesona alam dan lanskap yang amat indah, mulai dari kawasan dataran tinggi sampai pantai-pantai tersembunyi nan eksotis sobat karo gaul. Jadi tak ada salahnya kalau mulai sekarang Anda memasukkan Gunung Kidul dalam rencana liburan ke Jogja. Dan untuk bisa menikmati keindahan alam Gunung Kidul secara maksimal, kami telah menemukan beberapa penginapan dengan pemandangan yang spektakuler untuk Anda di sana!

1. Infinity pool di batas samudera bagi para penikmat selfie dan Instagram: Inessya Resort

Bagi Anda yang gemar selfie, bermain Instagram, atau ingin sekadar eksis di media sosial, inilah lokasi wajib di daerah Pantai Kukup: Inessya Resort. Keistimewaan utama dari resort ini adalah infinity pool di bibir tebing dengan latar belakang birunya Samudera Hindia. Memandang matahari terbit ataupun terbenam di cakrawala atau melihat indahnya Pantai Kukup dari ketinggian ditemani sejuknya air kolam? Anda pasti sudah bisa menebak kalau pengalaman berenang di tempat ini akan sulit dicari tandingannya.


Photo Via Nandhaphotographi_

Bertualang berdua, bersama keluarga, ataupun rombongan, tempat ini menjamin kesan liburan yang tidak akan terlupakan sobat karo gaul. Atau sebagai lokasi foto pre-wed? Bisa juga.

Photo Via Toro.s_18, Donidhonce

Oh iya, bagi para pecinta alam, hotel ini juga menyediakan fasilitas berkemah di bibir pantai, lho.

Inessya Resort
Harga kamar mulai Rp1.250.000 per malam (Rembulan Room)
Alamat: Jl. Ke Puncak Timur, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta. 
Telepon: 0858 6655 3844

2. Surga mungil di pelataran Pantai Selatan: Villa Alcheringa

Surga mungil ini berjarak sekitar 30 km dari Kota Yogyakarta dan sekitar 1,5km dari Pantai Parangtritis. Dari sini, Anda akan disajikan pemandangan indah Pantai Parangtritis, 70m dari atas bukit! Seperti menikmati pemandangan dari lantai 18 lho! Dan serunya, sang empunya tempat ini telah menyiapkan semua yang Anda perlukan untuk menikmati indahnya Pantai Parangtritis. Hmmm… Apa saja ya?

Pertama, kamar dengan balkon agar Anda bisa melihat keindahan pantai sampai puas, lalu kolam renang sejuk yang dilengkapi juga dengan pemandangan pantai, pekarangan dengan kolam ikan dan tanaman gantung yang asri, Jacuzzi, restoran, peminjaman sepeda gratis, sampai karaoke sobat karo gaul. Apa saja yang Anda perlukan untuk liburan penuh kemewahan bisa ditemukan di sini! Bagaimana, sudah mencakup semua yang Anda harapkan dari sebuah surga liburan, kan?

Villa Alcheringa
Harga kamar mulai Rp950.000 per malam (Superior Room)
Alamat: Jl. Tembus Puncak Mantingan RT 07, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kab. Bantul, Yogyakarta.
Telepon: 0821 7166 0999 | 0878 3783 1195

3. Villa pantai sebagai tempat pelarian yang ideal dari kejenuhan kota: Adinda Beach Villas

Villa di perbukitan dengan sajian panorama Pantai Parangtritis yang terkenal ini hanya berjarak sekitar 25 km dari pusat Kota Yogyakarta. Sangat ideal kan sebagai tempat melarikan diri dari kejenuhan kota?
Meskipun lokasinya hanya 1 km dari Pantai Parangtritis, tapi villa ini memberikan suasana tenteram 100% lho, berkat lokasinya yang cukup jauh dari jalan utama. Jadi hotel serba kayu dengan arsitektur Jawa ini memiliki 6 villa serba kayu yang dapat Anda pilih sebagai tempat pelarian.


Photo Via Ohmartan

Di balik ketenteramannya, posisinya di perbukitan menyajikan pemandangan Pantai Parangtritis yang tidak terhalang sama sekali sobat karo gaul. Senja adalah waktu yang pas untuk bersantai di berandanya, sambil menikmati indahnya langit kemerahan yang memantul di laut di kejauhan.


Saat hari mulai gelap, bagaimana kalau pergi berwisata kuliner di sekitar Parangtritis? Lanjut!

Adinda Beach Villas
Harga kamar mulai Rp847.623 per malam (Villa 1 kamar tidur)
Alamat: Jl. Puncak Parangtritis, Desa Parangtritis, Kec.matan Kretek, Kab. Bantul, Yogyakarta. 
Telepon: (0274) 368 729

4. Ratunya hotel di Pantai Selatan: Queen of the South Resort

Tahukah Anda ada beberapa cerita dari tamu hotel ini yang berfoto, mengunggahnya di medsos dan mendapat komentar “Lagi di Bali ya?” Dan tempat inipun dijuluki “Jogja rasa Bali.”

Apa yang memberi citarasa Bali di tempat ini sobat karo gaul? Letaknya yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia, kolam renang yang langsung menghadap ke Samudera Hindia, dengan pemandangan matahari terbenam yang tidak kalah mempesona akan dengan mudah mengecoh follower Anda.

Pemandangan Laut Selatan yang mempesona juga dapat langsung Anda nikmati dari kamar hotel lho.
Resort ini terletak sekitar 2.5 kilometer dari Pantai Parangtritis. Sudah pasti, tempat ini layak juga disebut sebagai ratunya hotel di Pantai Selatan Jogja dan layak menjadi pilihan utama untuk merasakan indahnya “Bali” di pesisir Selatan Jawa.

Queen of the South Resort
Harga kamar mulai Rp815.032 per malam (Standard Double Room)
Alamat: Desa Parangrejo, Kec. Purwosari, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta. 
Telepon: (0274) 367 136

5. Villa di atas tebing dengan view laut dan kolam pribadi: Radika Paradise Villa and Cottage


Terletak di atas Bukit Tenggole, kawasan Pantai Indrayanti, Gunungkidul, Radika Paradise Villa & Cottage menawarkan dua pemandangan berbeda: hutan jati dan Samudera Hindia.

Resor dengan model bangunan unik ini memiliki 13 cottage dan 8 vila dengan berbagai kapasitas, mulai dari 2, 6 dan 10 orang sobat karo gaul. Bahkan beberapa villa punya kolam infinity pool sendiri dengan view dahsyat!

Nah, kalo kamu ingin menikmati sisi lain Jogja, kayaknya resort ini bisa dijadikan pilihan buat liburan nanti.

Radika Paradise Villa & Cottage
Harga kamar mulai dari Rp480.000 per malam (Deluxe Room)
Alamat: Jl. Pantai Selatan Jawa, Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta. 
Telepon: 0812 9862 3668

6. Menikmati view laut sambil rebahan di ranjang: Edge Resort Yogyakarta


Nginep di sini kamu akan selalu dimanjakan oleh indahnya pemandangan laut pantai selatan dengan deburan ombak yang menenangkan.

Entah itu dari teras kamar, restoran, kolam renang, dari atas ranjang sambil tiduran, atau bahkan dari kamar mandi sekalipun kamu nggak akan bisa lepas dari view spektakuler tersebut. Lokasinya yang berada di atas bukit menghadap samudera memang benar-benar ideal sekaligus romantis sobat karo gaul. Pas banget untuk yang mau staycation berdua dengan pasangan.

Edge Resort Yogyakarta
Harga kamar mulai dari Rp1.566.000 per malam (Superior Double)
Alamat: Jl. Gua Langse, Area Hutan, Giricahyo, Kec. Purwosari, Yogyakarta, DI Yogyakarta, DI Yogyakarta. 
Telepon: 0812 2773 1085

7. Menikmati Pantai Baron dari ketinggian: Baron Lighthouse Cottage


Dengan hanya lima buah kamar bergaya cottage yang terdiri dari 4 kamar standard dan satu Family Room, kalau mau nginep di sini kami sarankan untuk reservasi jauh-jauh hari karena peminatnya lumayan banyak.

Siapa sih yang nggak mau nginep di hotel dengan pemandangan semenakjubkan ini sobat karo gaul? Hampir setiap sisi dinding kamarnya memiliki jendela besar sehingga kamu bisa puas menikmati panorama pantai dan ombak yang berkejaran.

Mau bersantai sambil berenang-renang cantik juga bisa, karena hotel ini juga dilengkapi dengan dua buah infinity pool dengan kedalaman berbeda.

Baron Lighthouse Cottage
Harga kamar mulai dari Rp693.000 per malam (Deluxe Double)
Alamat: Mercusuar Tanjung Baron, Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta. 
Telepon: 0811 2651 229

8. Menginap di batas samudera: Embun Segoro Homestay

Kalau ingin merasakan bertetangga dengan Samudera Hindia, cobalah datang ke tempat yang berjarak sekitar 42 km dari Yogyakarta ini. Embun Segoro Homestay memang bertetangga dengan Samudera Hindia, langsung berhadapng dengan Pantai Krakal dengan ombaknya yang menantang.

Photo Via Kristgideon

Anda bisa memulai hari dengan snorkeling di pantainya atau hiking menyusuri hijaunya perbukitan tepi pantai. Setelah puas berpetualang dan menikmati pesona keindahan alamnya, lanjutkan petualangan seru Anda dari dalam hotel dengan makan malam romantis di tepi laut sobat karo gaul berteman sinar matahari terbenam dan langit kemerahan!

Buat yang ingin merasakan memasak di batas samudera, Embun Segoro juga tahu impian Anda dan menyediakan dapur lengkap dengan perlengkapan masaknya. Jadi, ingin menggoreng ikan hasil memancing tadi?

Embun Segoro Homestay
Harga kamar mulai Rp500.000 per malam (Couple House)
Alamat: Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta. 
Telepon: 0823 2860 6538

9. Mengintip serunya ombak yang saling berkejaran dari balik jendela: Kalpilon Indah Cottage


Hotel ini berlokasi di Pantai Baron, pantai yang terkenal sebagai tempat berburu kuliner dan seafood segar di tempat pelelengan ikannya. Pantai ini terletak sekitar 46 km dari kota Yogyakarta.

Untuk mengintip ombak yang saling berkejaran itu, pilih saja kamar yang menghadap langsung ke Pantai Baron. Kamarnya sengaja dirancang memiliki jendela luas agar Anda dapat menikmati serunya “pertandingan” ini dengan leluasa.

Bagi Anda yang berminat melakukan aktivitas di pantai, para staf yang ramah dapat membantu menyediakan fasilitas bagi para penikmat snorkeling sobat karo gaul.

Kalpilon Indah Cottage
Harga kamar mulai Rp250.000 per malam (Budget Double Room)
Alamat: Jalan Pantai Krakal, Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta. 
Telepon: 0818 0416 4546

10. Penginapan serba kayu, serba nyaman, dan serba menawan: De Omah Slili

Penginapan yang menawarkan pesona indahnya Pantai Slili ini juga menyuguhkan eksotisnya perpaduan rumah limasan Jawa yang bertetangga dengan bangunan modern. Uniknya lagi, nyaris semua bagian dari kedua bangunan ini terbuat dari kayu!

Kamar yang nyaman dan bersih siap menyambut kedatangan Anda kapan saja. Fasilitas kamarnya cukup lengkap juga lho, ada beranda, AC, kamar mandi dengan shower, dan TV kabel.

Tapi jangan lupa, tepat di seberang jalan adalah Pantai Slili, pantai mungil di antara dua bukit nan cantik sobat karo gaul. Keindahannya bisa dinikmati juga dari dalam hotel – sambil duduk di kursi rotan dan menyeruput teh manis di beranda kamar, mungkin?

De Omah Slili
Harga kamar mulai Rp900.000,- per malam
Alamat: Jl. Pantai Slili, Desa Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta. 
Telepon: 0811 2638 858
E-mail: omahslili@gmail.com

11. Cari dan temukan jiwa petualangan Anda sembari bersantai: Jiwa Laut Soul of the Sea Joglo

Inilah tempat bagi Anda yang mencari petualangan besar sembari bersantai di Gunung Kidul. Letaknya di kawasan Pantai Watu Kodok yang masih perawan dan berpasir putih indah.


Kamarnya juga bergaya Jawa dan menawarkan panorama sawah dan hutan nan asri dan hijau, dan tentu saja… Pantai Watu Kodok. Sebagai informasi, Pantai ini dinamai Watu Kodok karena terdapat karang yang bentuknya menyerupai kodok. Nah penasaran ‘kan?

Oh iya, kalau sedang musim buah, para tamu bisa dengan bebas makan buah segar yang dipetik langsung dari pohon. Di sana ada pohon srikaya, markisa, pepaya, dan masih banyak lagi. Jadi

Jiwa Laut Soul of the Sea Joglo
Harga kamar mulai Rp1.158.000 per malam
Alamat: Kelor Kidul, Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta. 
Telepon: 0812 2548 1293

12. Penginapan “tenteram” dengan paduan suara alami: Villa Tentrem

Nikmati keindahan “paduan suara” alam: suara kicauan burung bernyanyi, debur ombak, dan semilir angin yang bertiup dari beranda kamar sambil memandang pesona Pantai Selatan Jawa sobat karo gaul.
Arsitektur tradisionalnya juga akan membuat Anda kerasan berlama-lama tinggal di sini. Kayu cantik yang menghiasi seluruh ruangan hotel ditambah pesona pantai yang mengintip dari kejauhan seakan menjadi pelengkap paduan suara alam itu.

Nah, giliran paduan suara kita dimulai sambil menyaksikan matahari senja pulang ke peraduannya. Kita lanjutkan acara dengan barbecue bersama. Siapkan gitar Anda dan mulailah bernyanyi bersama.

Villa Tentrem
Harga mulai Rp790.000 per malam (Villa with sea view)
Alamat: Jl. Sepanjang, Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta.

13. Fasilitas lengkap dan sunset yang memukau: Taman Watu Resort


Meski tempat yang juga dikenal dengan nama Taman Watu Gesing ini populer sebagai tempat nongkrong di cafe sambil kulineran di sore hari menjelang matahari terbenam sobat karo gaul, rupanya masih banyak yang belum tahu kalau di sini juga terdapat fasilitas resort untuk pengunjung yang ingin lebih puas lagi menikmati keindahan pemandangan laut selatan.

Ada tiga tipe kamar bergaya tradisional khas Jawa yang bisa dipilih, dari yang berkapasitas 2 orang, 4 orang, sampai rumah besar yang dapat menampung 20 orang sekaligus! Dan seperti namanya, area di sekitar resort ini memang dipenuhi batu-batu karang yang membuatnya jadi lebih unik dan eksotik.

Taman Watu Resort
Harga kamar mulai dari Rp550.000 per malam (Couple Room)
Alamat: Bolang, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta. 
Telepon: 0812 8564 2407

Bagaimana, apakah Anda sudah menentukan pilihan mau menginap di hotel yang mana untuk liburan nanti sobat karo gaul?