-->

Produk Pilihan

Kesing

Produk Terbaru

Keindahan Pantai Mangrove Bikin Pengunjung Ketagihan, Kok Bisa !

Publikasi 11 Maret 2020
Pantai Mangrove

Karogaul.com - Kabupaten Serdang Bedagai memang menjadi tempat yang memiliki beragam pantai yang indah untuk di kunjungi di daerah Sumatera Utara.

Salah satunya adalah sebuah pantai yang bernama Pantai Mangrove. Sudah pernah dengar belum? Terus ada yang tahu ngak dimana lokasinya?

Nah, kali ini saya akan memberikan informasi tentang Pantai Mangrove Kampung Nipah yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai pilihan untuk dikunjungi pada waktu liburan.

Ada beberapa hal unik yang bisa kamu temukan jika berkunjung ke Pantai Mangrove Kampung Nipah ini.
Penasaran?!

Oke… Let’s check it out 
1. Sejarah Pantai Mangrove Kampung Nipah
Dahulu warga Kampung Nipah merasa sangat sulit menjadi nelayan. Hingga akhirnya pada masa pemerintahan Soeharto pantai yang berada di pinggiran kabupaten Serdang Bedagai ini dibabat habis untuk pertambakan Udang Windu di sepanjang pesisir Pantai Timur Sumatera Utara pada pertengahan tahun 1980-an.


Hal ini menyebabkan tidak adanya hutan bakau yang menahan gelombang air laut menyebabkan abrasi hingga mencapai rumah-rumah nelayan.

Akibat krisis mangrove, hasil tangkapan seperti udang dan kepiting menjadi semakin sedikit karena hasil laut tersebut kehilangan tempat untuk berkembang biak.

Semakin sedikit tanaman penahan ombak dan air pasang ini mak semakin berkurang pula hasi tangkapan nelayan, berlaku sebaliknya.

Pada tahun 2005 para nelayan secara swadaya menanam bakau di pesisir Desa Sei Nagalawan yang berada di Pantai Timur. Para nelayan tersebut memiliki tekat yang sangat kuat untuk membangun kembali pesisir yang telah rusak tanpa mengemis bantuan kepada pemerintah.

Disaat para suami menanam bakau, para istri nelayan juga membuat inovasi dengan membuat produk makanan ringan secara tradisional.

Dirintis sejak tahun 2004-2009 secara swadaya masyarakat di Desa Sei Nagalawan ingin lepas darikemiskinan dan keluar dari jeratan tengkulak karena karena mereka di eksploitasi secara ekonomi dan sosial dengan bunga yang mencekik hingga 20-30%.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pada tahun 2012 para nelayan di Desa Sei Nagalawan kemudian mendirikan koperasi yang bernama Koperasi Serba Usaha (KSU) Muara Baimbai yang memiliki konsep mengelola wisata edukasi dan mangrove dengan Kampung Nipah.

2. Wisata Edukasi
Pantai Mangrove Kampung Nipah ini merupakan ekowisata pertama yang dikelola oleh masyarakatnya sendiri, dan ini yang pertama di Indonesia.

Nah, jika berkunjung ke pantai ini kamu akan melihat langsung bagaimana pentingnya hutan bakau yang bermanfaat untuk menahan abrasi atau pengikisan garis pantai.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan pengetahuan langsung bagaimana tanaman bakau ini secara langsung dari pihak pantai, menanam langsung bibit bakau hingga melihat langsung proses pengelolaan makanan dari bakau.

Setelah itu, kamu bisa bersantai di pantai ini yang terkenal dengan pasir putihnya.

3. Wisata Kuliner
Selain wisata edukasi, kamu juga bisa menikmati wisata kuliner di Pantai Mangrove Kampung Nipah ini. Ada beragam wisata kuliner yang bisa kamu coba jika berkunjung ke pantai ini.

Kamu dapat memesan ikan bakar dengan harga sekitar Rp10k per ons, kepiting segar (sop/asam manis) dengan harga sekitar Rp8k per ons, udang segar (goreng, sop/asam manis) dengan harga sekitar Rp10k per ons hingga minuman segar seperti kelapa muda dengan harga sekitar Rp10k per buah dan masih banyak menu menarik lainnya.


Selain itu, disini juga menjual makanan tradisional tanpa bahan pengawet berbahan baku dari bakau seperti keripik nipah, teh jeruju, dodol hingga sirup.

4. Fasilitas yang Memadai
Selain wisata edukasi dan kuliner, di Pantai Mangrove Kampung Nipah ini juga sudah tersedia beberapa fasilitas yang terbilang cuckup memadai.

Fasilitas yangtersedia di panytai ini yaitu kantin, toilet, pondok, tempat shalat, area memancing dan terdapat 3 bauh homestay yang bisa kamu pilih apabila ingin menginap di Kampung Nipah ini.
Homestay ini berisi satu kasur ukuran sedang dan satu kipas angin. Kamar ini muat untuk empat orang pengunjung.

5. Referensi sebagai Pantai Romantis
Pantai Mangrove Kampung Nipah ini bisa juga untuk kamu jadikan sebagai salah satu referensi pantai romantis sebagai tempat liburan untuk kamu kunjungi bersama pacar, keluarga, atau sahabat.

Disebut pantai mangrove karena memiliki area yang ditanami pohon mangrove banyak dan rimbun menghijaukan sekitar pantai. Rimbunnya pohon-pohon mangrove ini memberikan kesan yang romantis serta membuat tempat ini menjadi asri dan sejuk.

Selain itu, disana juga ada sebuah jembatan yang menghubungkan pantai dan hutan mangrove yang sering menjadi spot foto favorit para pengunjung. Jembatan yang teduh dan romantis ini juga cocok kamu jadikan sebagai tempat pengambilan foto pre wedding.

6. Bagaimana Cara Mencapai Lokasi Pantai Mangrove Kampung Nipah?
Pantai Mangrove Kampung Nipah ini dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 1,5 – 2 jam dari kota Medan menuju Simpang Pantai Kelang, Kecamatan Sei Buluh lalu kemudian masuk kedalam kurang lebih sekitar 8 km lagi.

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan akses jalan yang jelek karena kondisi jalan jalan sudah cukup baik dan sudah diaspal. Hanya ada beberapa bagian jalan saja yang masih harus diperbaiki tetapi masih bisa untuk kamu lewati.

Nah, itulah sekilas informasi tentang 5 hal unik tentang Pantai Mangrove Medan dan cara mencapai lokasinya.


Ternyata terdapat beberapa hal unik mulai dari sejarah hingga edukasi yang tersembunyi dibalik indahnya Pantai Mangrove Kampung Nipah ini.

Oiya, bagi kamu yang sedang berkunjung ke kota Medan atau sedang ingin ke luar kota melalui Bandara Internasional Kuala Namu jangan lupa untuk singgah ke Pojok UKM Deli Serdang ya…

Pojok UKM merupakan tempat belanja hasil produksi UMKM Deli Serdang mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan hingga souvenir yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Deli Serdang yang pastinya unik dan menarik.

Pojok UKM Deli Serdang terletak di Jalan Karya Utama No. 4 Lubuk Pakam (Komplek Kantor Bupati Deli Serdang). Lebih tepatnya terletak disamping Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Deli Serdang.

Pojok UKM kini juga sudah hadir di Taman Buah Lubuk Pakam lho…

Pojok UKM Taman Buah Lubuk Pakam berada di area sebelah kiri Pintu Masuk Utama Taman Buah Lubuk Pakam. Tepatnya berada di area sebelah kiri Patung Buah Taman Buah Lubuk Pakam.
Jadi, buat kamu yang ingin berekreasi ke Taman Buah Lubuk Pakam, kamu bisa singgah sebentar ke Pojok UKM untuk membeli cemilan atau oleh-oleh khas Deli Serdang pastinya.

Buat kamu yang sedang ingin keluar kota melalui Bandara Internasional Kualanamu, kamu juga bisa mencari oleh-oleh khas Deli Serdang di Stand Deli Serdang Mall Kualanamu.

Baca Juga : Yuk bikin Album Foto kamu di : Phootobok Karo Gaul

Di Stand Deli Serdang Mall Kualanamu ini juga tersedia beragam oleh-oleh khas Deli Serdang mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan hingga souvenir yang bisa kalian jadikan oleh-oleh khas Deli Serdang yang pastinya unik dan menarik.

Stand Deli Serdang Mall berada di dalam Stasiun Kereta Api Bandara (Railink) Bandara Kualanamu International Airport. (Deliserdangmall)

------------------------------
Jangan Lupa !
Cetak Foto jalan2 Kamu 
di toko Karo Gaul
photobook jalan jalan
photobook jalan jalan

photobook jalan jalan
photobook suka-suka

photobook jalan jalan
photobook wisata

photobook jalan jalan
photobook traveling

photobook karo
Photobook Karo

Info Pemesanan : 
casing karo


Artikel

Baca Artikel Lainnya

Review Product

Dompet & Jam Custom

Pesan Sekarang : Klik Disini

Reseller Karo gaul

Join Sekarang : Klik Disini

Artikel

Jasa Pengiriman
Bank Transfer
Copyright © 2020 |Karo Gaul
%0
%100
%17
%20
%25
%30
%40
%50
%60
+0
+100
+1000
+10000
+10500
+12000
+150
+1600
+200
+2000
+250
+300
+3100
+350
+400
+4000
+50
+500
+550
$0
$100000
$12000
$120000
$1200000
$1400000
$150000
$1520000
$185000
$198000
$20000
$200000
$240000
$2400000
$250000
$2520000
$260000
$280000
$300000
$350000
$3600000
$40000
$400000
$42000
$440000
$50000
$500000
$52000
$60000
$600000
$70000
$700000
$750000
$800000
Alat Cuci Motor
APD
artikel
batak news
brando mamana
disinfektan
dompet
dompet custom
Face Shield
Hand Sanitizer
Helm
Helm Gaul
islam
Jaket
Jaket Karo
jam
jam custom
kampus
kaos
Kaos Batak
Kaos Karo
Kaos Kemerdekaan
karo artis
karo gaul
karo gokil
karo islam
karo kuliner
karo news
karo puisi
karo sejarah
karo sumatera
karo unik
karo wisata
KBB
Kesing
Kesing Batak
Kesing Batik
Kesing Jawa
Kesing Karo
Kesing Simalungun
Kesing Toraja
Kesing uang
Koas Karo
kolom
kurma
madu
makanan
masker
masker corona
masker custom
masker hijab
masker karo
masker scuba
maskes custom
minum
Minyak Karo
Mug
Mug & Tumbler
news
Photobook
Photobook Karo
Polaroid
pop socket
powerbank
powerbank batak
powerbank karo
produk
Promo
Q&A
Reseller
singgamanik
tiger karo
Topi
topi coronar
Topi Karo
tumbler
Tumbuk lada
video
vintage
viral