Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjajal Pemandian Alam Desa Sembahe, Lokasi 1,5 Jam dari Medan

sembahe
Karogaul.com - Sembahe merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Daerah Sembahe ini terkenal dengan memiliki lokasi wisata alam yang banyak dikunjungi.

Kamu pasti tahu bukan?
Yap… seperti yang kita tahu pada umumnya, daerah Sembahe ini memang terkenal dengan lokasi wisata pemandian alam dengan aliran sungainya yang panjang dan deras.


Selain memilki lokasi wisata pemandian alam yang terkenal, Sembahe ini ternyata juga memiliki beberapa hal unik yang perlu kamu ketahui.

Nah, kali ini saya akan memberikan informasi tentang 5 hal unik yang ada di Sembahe. Penasaran apa saja yang menjadi hal unik di Sembahe ini?
Oke… langsung saja kita simak.

1. Sejarah Pemandian Alam Sembahe

Tahukah kamu jika Pemandian Alam Sembahe ini sudah dibuka sejak tahun 70 – an lho…
Pemandian Alam Sembahe sebenarnya berasal dari nama sebuah sungai tempat pemandian alami yang terletak di Kampung Mbelin, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang.


Kampung Mbelin Sembahe ini terletak ± 800 mdpl dengan luas sekitar 300 hektar. Batasnya adalah antara Bingkawan dan Sibolangit.

Sungai Sembahe ini memang terkenal dengan memiliki air yang jernih, dingin, deras dan diselingi dengan pemandangan batu – batu yang besar. Hal inilah yang menjadikan Pemandian Alam Sembahe ini banyak dikunjungi karena cocok untuk melepas penat dari rutinitas sehari – hari.

2. Asal Muasal Nama Sembahe

Tidak banyak yang tahu bahwa pemberian nama Sembahe ini ternyata memiliki cerita yang cukup menarik. Pemberian nama Sembahe pada daerah ini ternyata berasal dari asal mula kata “Sembahe” yang dulunya “Sembahe Ganjang” yang merupakan sebuah bukit yang yang dipagari hutan lebat dan terdapat ukiran pahatan seperti patung.


Masyarakat sekitar menamakan patung ini dengan “Gana – Gana”. Nah, setiap orang yang lewat jika ia laki – laki maka harus memberikan rokok dan jika ia perempuan maka harus mempersembahkan sirih. Dari tradisi inilah muncu kata “Sembah – e” (sembahlah Gana – Gana itu).


3. Daerah Pegunungan yang Dingin

Daerah Sembahe ini memang berada di daerah dataran tinggi yang terletak ± 800 mdpl. Karena terletak di dataran tinggi, hal inilah yang menjadikan udara di daerah Sembahe ini cukup dingin seperti berada di Berastagi.

Nah, hal inilah yang membuat daerah Sembahe ini banyak dikunjungi oleh pengunjung. Karena udara yang dingin membuat pengunjung betah berlama – lama untuk merefresh pikiran sejenak dari rutinitas sehari – hari.

Selain itu, daerah Sembahe ini juga masih asri dan banyak dikelilingi pepohonan yang hijau sehingga dapat memanjakan mata dari hiruk pikuk kota yang rumit heheh.

 4. Lokasi Rafting untuk Pemula

Aliran sungai sembahe yang cukup deras dan banyak diselingi batu – batu yang besar menjadikan lokasi pemaandian alam Sembahe ini juga cocok untuk dijadikan sebagai lokasi rafting.


Rafting (arung jeram) di pemandian alam di Sembahe ini memang cukup mengasyikkan. Selain itu, pemandangan di sekitar pemandian yang dikelilingi pepohonan yang hijau dan udara yang dingin pastinya akan membuat kamu betah untuk berlama – lama di Sembahe ini.


5. Pilihan Berlibur yang Dekat dari Kota Medan

Berlibur ke pemandian alam di Sembahe ini memang menjadi salah satu pilihan berlibur yang dekat dari Kota Medan. Hal ini dikarenakan jarak antara Kota Medan ke Sembahe ini hanya memakan waktu sekitar ± 1,5 jam.


Perjalanan ke Sembahe ini bisa kamu tempuh dengan kendaraan pribadi atau dengan kendaraan umum seperti Bus Sinabung atau Sumatera Transport. Nah, itu dia 5 hal unik yang ada di Sembahe yang perlu kamu ketahui.