Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayam Cipera , Masakan Khas Karo Yang Mengunggah Selera



Karogaul.com - Masyarakat Sumatera Utara punya banyak kuliner tradisional. Salah satunya Suku Karo yang mendiami Sumut dan sebagian Aceh. Kuliner Sumatera Utara terkenal dengan kelezatannya dan pemberian bumbu rempah yang kaya. 

Salah satu andalan kuliner tradisional Suku Karo yaitu cipera. Cipera merupakan makanan olahan daging ayam kampung dengan tepung jagung. Tampilan cipera sangat menggugah selera seperti gulai di masyarakat minang dengan kuah lebih kental. 

Secara tradisional cipera biasa disajikan saat pesta adat masyarakat Karo. Sehingga makanan ini termasuk makanan istimewa. Saat ini cipera mudah ditemukan di rumah-rumah makan seperti di Brastagi dan Kabanjahe.



Kalau kamu berkunjung ke Sumatera Utara khususnya ke wilayah Kabupaten Karo, wajib coba menu cipera. Cipera memiliki rasa gurih dan cocok disajikan dengan nasi putih. 

Rasa gurih juga berasal dari santan selain beragam bumbu seperti buah asam cikala, kunyit, bawang, serai, cabai, kemiri, dan tomat. Daging ayam pada cipera dipotong-potong kecil dan dimasak dengan tepung jagung hingga berkuah kental. 

Selain itu ada campuran lain jamur merang sehingga membuat cipera kaya bahan dan bumbu. (merahputih)