Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Destinasi Wisata Alam di Medan yang Memiliki Panorama Indah nan Asri

kawah putih

Karogaul.com
 - Medan. Kota terbesar di luar Pulau sumatera utara ini ternyata kaya akan ragam wisata alam yang akan membuat siapapun berdecak kagum sobat gaul. Pegunungan Bukit Barisan yang membentang dari utara ke selatan sudah memberikan jaminan ketersediaan panorama indah sobat gaul. Sebagai bonus, di pegunungan ini terletak Danau Toba dan Gunung Sibayak yang keindahannya sudah terkenal di mana saja.

Tapi bagi sobat gaul yang merasa bahwa tempat wisata utama Danau Toba terlalu mainstream, tidak ada salahnya ikut bersama kami menjelajahi sisi lain Danau Toba serta objek wisata alam lainnya yang tidak kalah memukau. Mari kita jelajahi pemandangan alam lainnya, baik di gunung maupun pantai yang masing-masing memiliki keunikannya tersendiri.

Nah, bagi Anda para pecinta wisata alam, sebelum mulai berkemas-kemas, ada baiknya buka dan tinjau kembali itinerary sobat gaul dan bersiaplah menjumpai pesona-pesona wisata alam baru di Medan yang tak kalah seru. Berikut ini ulasannya :

1. Rasakan unik dan putihnya salju yang tidak membuat Anda membeku: Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Memanglah tidak terdapat salju di mari. Ini merupakan kawah berisi air panas dengan air bercorak biru kehijauan. Kawah ini dikelilingi batuan kapur bercorak putih, sehingga arinya nampak semacam hamparan es.


Photo via Sri_hendarto-2

Tempat ini lumayan seragam dengan Kawah Putih di Kawasan Ciwidey, Jawa Barat. Cuma saja, jauh lebih hening serta belum sangat terekspos oleh para turis.


Photo via Harlim,Maulanaazz

Terdapat pula aliran air sungai yang menyatu dengan curahan air panas sobat gaul. Tetapi paduan air ini tidak terasa panas sehingga banyak dimanfaatkan wisatawan buat mandi.


Photo via Hangdhamin

Kawah Putih Dolok Tinggi Raja
HTM: Rp5.000,- untuk parkir
Lokasi : Dolok Marawa, Silau Kahean, Kab. Simalungun, Sumatera Utara.

2. Serunya melalui jeram di tengah kesunyian hutan: Arung Jeram Sungai Wampu

Sungai Wampu memanglah mempunyai bermacam penawaran unik serta menarik buat Kamu. Jeram yang menantang, pesona hutan tropis, air terjun, serta panorama alam lembah sungai yang memesona.


Photo via Taki-Taki

Terkadang, sobat gaul bisa memandang kegiatan penduduk dekat yang memancing di sungai, menarik, bukan? Sungai ini mempunyai sebagian anak sungai yang hendak membuat petualangan arung jeram Kamu lebih berkesan lagi. Jalan yang kerap dilalui umumnya diawali dari Desa Marike serta berakhir di Jembatan Bahorok


Photo via Rapidplus_indonesia

Kalau masih belum puas, ada baiknya singgah ke pemandian air panas yang juga tersedia di sana untuk bersantai sejenak sobat gaul.


Photo via Rapidplus_indonesia

Arung Jeram Sungai Wampu
HTM: Mulai dari Rp250.000,- per orang (min. 6 orang)
Lokasi: Desa Maryke, Kec. Kutambaru, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

3. Menikmati keelokan alam dari atas rumah pohon: Bukit Indah Simarjarunjung

Bukit Indah Simarjarunjung memanglah sudah jadi destinasi kesukaan buat menikmati keelokan Danau Toba sobat gaul. Serta saat ini jadi terus menjadi menarik dengan dibangunnya sebagian rumah tumbuhan yang unik.

Bukit Indah Simarjarunjung
Photo via Sanysipayung

Bayangkan sobat gaul lagi merasakan kesegaran hawa yang menusuk kulit, sembari mengamati burung- burung bermigrasi, serta indahnya Danau Toba serta Pulau Samosir dan hijaunya hutan Pegunungan Bukit Barisan dari suatu rumah tumbuhan! Benar, seluruh itu dapat Kamu jalani di mari sobat gaul. Panorama alam yang sangat spektakuler merupakan pada dikala matahari terbenam! Terdapat pula flying fox mini tetapi lumayan menarik buat dicoba.

Bukit Indah Simarjarunjung
Photo via Andi_pratama94

Bukit Indah Simarjarunjung
Photo via Satryaazmi

Bukit Indah Simarjarunjung

Harga: Rp5. 000,- per 5 menit, Rp10. 000,-( parkir mobil)
Lokasi: Jalan. Simarjarunjung, Parik Sabungan, Dolok Pardamean, Kab. Simalungun, Sumatera Utara

4. Serunya memandang aliran air beriringan memecah di antara batuan: Pantai Salju

Disclaimer: Tempat ini bernama“ Pantai Salju” dengan tanda kutip, sebab ini tidaklah pantai serta tidak bersalju sobat gaul. Tetapi bukan berarti tidak terdapat yang luar biasa di mari.

Pantai Salju
Photo via Zulfie_herwinsyah

Tempat ini sesungguhnya merupakan sungai yang alirannya dipadati bermacam batuan unik. Aliran air sungai berjalan beriringan serta memecah dikala menabrak batuan, yang bagi penduduk setempat jadi semacam“ salju” sobat gaul.

Pantai Salju
Photo via Ahmat_iyan

Bebatuan yang banyak mencuat di tengah aliran sungai member keunikan tertentu sobat gaul. Luangkan diri buat singgah di Spot yang sempurna buat menaikkan koleksi gambar Kamu ini!

Pantai Salju
Photo via Bhellamoritahutagalung

Sarana tempat ini memanglah belum banyak ada, meski demikian Kamu bisa menyewa ban dari warga dekat buat menikmati kesegaran air di sana sobat gaul

Pantai Salju
Harga: Rp15. 000,-( parkir mobil)
Lokasi: Desa Mabar, Kecamatan Bangun Purba, kab. Deli Serdang.

5. Bersantai menikmati keelokan“ pantai” di atas gunung: Bukit Paropo Silalahi

Pantai di atas gunung sobat gaul? Oke, ini bukan pantai yang sesungguhnya sebab sesungguhnya“ pantai” ini merupakan“ Pantai Danau Toba.” Memanglah sebab luasnya, Danau Toba telah menyamai laut, serta salah satu“ pantai” nya yang indah merupakan Bukit Paropo.

Bukit Paropo Silalahi
Photo via Rahmadjaliass

Bukit Paropo ialah destinasi wisata yang lagi naik daun sobat gaul. Dari mari Kamu bisa menikmati birunya air Danau Toba, yang tidak kalah dengan pesona pantai populer di dunia!

Bukit Paropo Silalahi
Photo via Ajidmajed

“ Pantai” yang indah ini terhampar sampai 28 km sobat gaul. Saksikan pula indahnya lukisan alam dikala pegunungan hijau berjumpa dengan jernihnya air Danau Toba.

Bukit Paropo Silalahi
Photo via Yudhiekasatria

Bukit Paropo Silalahi
Lokasi : Desa Silalahi I, Silahi Sabungan, Kab. Dairi, Sumatera Utara

6. Bermain dengan gajah serta temukan indahnya alam yang di balik rimbunnya hutan: Tangkahan– Langkat

Di balik rimbunnya hutan di Halaman Nasional Gunung Leuser sobat gaul, tersembunyi tempat wisata seru yang telah banyak digandrungi oleh para turis: Tangkahan.

tangkahan langkat
Photo via Tangkahaninn

tangkahan langkat
Photo via Ernimahdalena007

Salah satu energi tarik tempat ini merupakan para turis bisa memandikan gajah sembari di tengahi kerimbunan hutan sobat gaul. Untuk Kamu yang belum puas berkelana hutan serta bermain dengan gajah, ada jalan trekking dengan panorama alam yang tidak kalah menarik.

tangkahan langkat
Photo via Lizawijgers, Espressocyclist

Tangkahan pula meniliki sebagian air terjun yang airnya sangat jernih, lho. Kamu dapat memilah buat berenang ataupun hanya berendam menikmati sejuknya air serta indahnya panorama yang terdapat.

Tangkahan

HTM: Rp3. 000,- per orang, Rp10. 000,-( parkir mobil), Rp5. 000,-( parkir sepeda motor)
Lokasi: Namu Sialang, Batang Serangan, Kab. Langkat, Sumatera Utara.
Kontak: 0813 158 9019, 0878 8800 2004

7. Menantang jeram sambil berseluncur di air yang jernih: Sei Bingei

Sungai Bingei, ataupun yang diucap Sei Bingei oleh warga dekat, mempunyai banyak jeram menantang, tetapi di lokasi tertentu airnya lumayan tenang sobat gaul.Terdapat sebagian opsi rute yang ditawarkan. Rute yang universal merupakan Namo Nangka sampai Bendungan Namu SIra- sira. dengan lama pengarungan menggapai 2 jam. sobat gaul bisa pula memilah rute yang lebih panjang, dari Desa Lau Seridi sampai Bendungan Namu Sira- sira.

Sei Bingai Rafting
Photo via Huda_z

Air sungai ini betul- betul jernih. Pada bagian sungai yang tenang, sobat gaul dengan bebas bisa memandang bawah sungainya. Salah satu“ wahana” yang ada di sungai ini hendak bawa Kamu meluncur dari ketinggian nyaris 9 m dengan kemiringan 45 derajat sobat gaul. Sangat sesuai untuk siapapun yang mau menaikkan kandungan adrenalinnya.

Sei Bingai Rafting
Photo via Fauzymarbun,Wahyu_ws08

Bagi sobat gaulyang ingin menikmati rasanya menjadi Tarzan rimba, jangan lewatkan flying fox, yang juga tersedia di tempat ini.

Sei Bingai Rafting
Photo via Hendro_thai

Hulu sungai di Pegunungan Bukit Barisan memahat banyak air terjun indah yang hendak menawan segala indera sobat gaul. Serta tiap- tiap air terjun ini mempunyai keunikan serta keindahannya tiap- tiap. Meski cuma tercatat 3 air terjun di mari, tetapi sesungguhnya catatan air terjun unik di dekat Medan jauh lebih panjang lagi.

Tetapi terdapat yang butuh diwaspadai wisatawan sobat gaul, ialah aliran air yang dapat jadi deras dengan seketika bila terjalin hujan di atas gunung. Jadi, wisatawan wajib senantiasa waspada supaya tidak hanyut terbawa aliran sungai.

Sei Bingai Rafting
Harga: Mulai dari Rp250.000,- (rafting package), Rp10.000,- (flying fox)
Lokasi: Jalan Perkebunan, Durian Lingga, Sei Bingai, Belinteng, Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

8. Air terjun Simangande : Selami keelokan serta resapi suara alam dalam derasnya air terjun

Air terjun dengan 2 tingkatan besar ini menjulang setinggi 500 m sobat gaul! Benar. Bisa jadi air terjun ini belum dimasukkan dalam arsip air terjun paling tinggi di Indonesia, sebab bila benar hingga tentu air terjun ini hendak jadi jawara baru sobat gaul. 

Tidak hingga di sana sobat gaul, bilik bebatuannya berupa hati, sehingga oleh para wisatawan kerap dijuluki“ air terjun cinta.” Yap, menaikkan keromantisan di tengah hutan belantara. Tunggu apa lagi, siapkan kameramu serta jebret!

Air Terjun Simangande
Photo via Aisoise

Sayangnya, saat ini air terjun ini bisa mengering di masa kemarau sobat gaul. Jadi, cobalah peruntungan Kamu di masa penghujan. Selaku bonus, Kamu pula bisa menikmati panorama alam Danau Toba dari mari sembari menunggu terbitnya matahari di ufuk timur. Sempurna!

Air Terjun Simangande
Photo via Frans_halozil

Air Terjun Simangande
Lokasi: Di antara Desa Tuktuk dan Desa Tomok, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara

9. Air terjun Dua Warna

Desa suka makmur mempunyai air terjun yang lumayan unik sobat gaul. Air terjun dengan 2 gradasi warna, di mana di bawahnya bercorak putih abu- abu, sebaliknya air terjun yang jatuh nampak bercorak biru muda. Bukan cuma warna, temperatur airnya juga berbeda di mana air yang bercorak putih hendak terasa lebih hangat.

Air terjun Dua Warna sibolangit
Photo via Sekitarnusantara

Air terjun ini mempunyai ketinggian 100 m serta terletak di ketinggian dekat 1. 400m di atas permukaan laut sobat gaul. Ditambah dengan kerimbunan hutan di sekelilingnya, membuat air terjun ini layak buat didatangi.

Air terjun Dua Warna sibolangit
Photo via Azimshafee

Konon air di mari memiliki belerang yang baik buat kesehatan kulit sobat gaul. Tetapi, tidak dianjurkan buat meminumnya, sebab hendak beresiko.

Air terjun Dua Warna sibolangit
Photo via Sang.pemula,Ozygojex

Akses ke air terjun ini lumayan susah. Oleh karenanya, dianjurkan buat mengenakan sepatu serta baju yang aman buat trekking sobat gaul. Jangan takut, seluruh rasa letih dipastikan terlunasi sehabis hingga di mari.

Air Terjun Dua Warna
Lokasi : Desa Suka Makmur, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

10. Sampuren Putih: Air terjun tujuh tingkat

Cocok dengan namanya, air terjun ini bertingkat 7 dengan total ketinggian dekat 150 m sobat gaul. Air yang jatuh membentuk buih- buih bercorak putih, sehingga diberi nama“ Sampuren Putih.”. Tetapi air terjun“ pemalu” ini cuma membiarkan tingkatan terakhirnya yang bisa dilihat dengan jelas sobat gaul. 6 tingkatan sisanya tertutupi bebatuan tebing serta dibutuhkan usaha ekstra buat mendaki hutan dengan medan yang lumayan menantang.

Sampuren Putih
Photo via Ade.y.h

Bawah air terjun ini lumayan dangkal serta dipadati batuan kecil sobat gaul. Tidak hanya itu, konon airnya pula mempunyai isi belerang sehingga banyak turis yang memilah buat berendam di mari.

Sampuren Putih
Photo via Mrizkianandap

Air Terjun Sampuren Putih
Lokasi: Desa Basukum, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara

Sekian ulasan singkat mengenai "10 Destinasi Wisata Alam di Medan yang Memiliki Panorama Indah nan Asri " sobat gaul mangu ngunjungin yang mana dulu nih ? jangan lupa kunjungi salah satu wisata ini kalau sobat gaul liburan ke sumut ya. Happy holiday.