Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Potret Pemandangan Air Terjun Ponot Asahan : Cek Lokasi, Fasilitas dan Akses Lokasi Wisata

Air Terjun Ponot Asahan

Karogaul.com - Air Terjun Ponot merupakan air terjun tertinggi di Indonesia. Memiliki ketinggian kurang lebih 250 meter bersama dengan debit air yang cukup deras dan susunan air terjun yang bertingkat menjadi daya tarik dan keindahannya tersediri wisata ini.

Air Terjun Ponot Asahan
Photo by @cousinsbackpacker

Aliran air terjun ponot bersumber dari aliran Sungai Ponot yang merupakan anak Sungai Asahan dan terdapat di ketinggian 700 mdpl. Lantaran berada di dataran tinggi jadi suhu hawa menjadi lebih sejuk dan rindang sobat gaul.

Air Terjun Ponot Asahan
Photo by @_anindarmdni98

Di bawah air terjun ponot ini ada terdapat bebatuan alam berukuran besar sebagai pelengkap keindahan. Di beberapa momen pengunjung dapat memandang ribuan kelelawar terbang di atas air terjun. Namun keberadaan kelelawar ini malah menambah keunikan fenomena alam destinasi wisata air terjun ponot ini sobat gaul.

Air Terjun Ponot Asahan
Photo by @atikarahmi_marpaung

Menurut pengalaman wisatawan yang pernah berkunjung ke tempat ini, sensasi paling mengasyikkan ketika berada disini adalah saat berlomba mencoba dinginnya air terjun. Sensasi terkena gemercikan air terjun seakan menambahkan kesegaran tersendiri buat pengunjung, Meski perjuangan untuk menuju lokasi air terjun lumayan memacu adrenalin, seketika lelahmu akan terobati saat sudah mencapai lokasi ini sobat gaul.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Ponot

Air Terjun Ponot Asahan
Photo by @iksan_32

Untuk setiap pengunjung yang tertarik untuk bertamasya ke air terjun ponot ini, informasi berkaitan harga tiket masuk kawasan wisata air terjun ini sudah kami rangkum. 
Untuk Tiket Masuk + Kendaraan Roda Dua dipatok bersama dengan harga Rp. 10.000. 
Sedangkan untuk Tiket Masuk + Kendaraan Roda Empat perlu membayar Rp. 20.000.

Jam Operasional Air Terjun Ponot

Air Terjun Ponot Asahan
Photo by @dinnnn___15

Pengunjung sanggup berkunjung dan nikmati keindahan air terjun tiap-tiap hari. Rata-rata pengunjung menghabiskan kurang lebih satu jam untuk bermain air dan juga berswafoto disini. Anda pun mampu merasakannya bersama menikmati sejuknya cipratan air dan berfoto di spot-spot yang ada.

Aktivitas Dan Daya Tarik Wisata

Setelah sampai di lokasi keberadaan air terjun, pengunjung bisa banget melaksanakan beragam kesibukan mengasyikkan layaknya berenang dan bermain, menyusuri jalur menuju puncak air terjun sampai berswafoto sobat gaul.

1. Berenang di Air Terjun Ponot Sobat Gaul
Ada yang kurang rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk bermain air di wisata ponot ini. Begitu juga saat singgah ke area wisata ini. Pengunjung bisa berenang atau bermain air sembari nikmati keindahan alam yang disuguhkan. Sensasi beendam di bawah guyuran air terjun yang dingin jadi pengalaman yang tak terlupakan pastinya untuk sobat gaul.

Air Terjun Ponot Asahan
Photo by @agus_andriawan

Kita tau air terjun ponot asahan ini mempunyai debet air yang deras sehingga wisatawan harus berhati-hati pas berenang atau bermain air di sini. Kami sarannkan untuk tidak datang saat musim penghujan, dikarenakan debet air terjun ini akan semakin deras dan berbahaya.

2. Mendaki Puncak Air Terjun
Setelah suka bermain air dan berenang, pengunjung dapat menyusuri jalan lebih ke atas untuk menikmati panorama sekitar. Perjalanan yang dilalui tidak begitu susah dan tidak curam meski agak sedikit mendaki. Sepanjang pendakian terdapat bebatuan besar untuk berpegangan waktu berjalan. Ketika sudah sampai puncak, pengunjung bisa lihat segera PLTA Sigura-gura dari kejauhan.

Air Terjun Ponot Asahan
Photo by @mhmadardis

Selain itu sobat gaul, pengunjung dapat berswafoto di bermacam sudut daerah wisata ini. Seperti di atas bebatuan serta berenang dan bermain air. Kehati-hatian dan kewaspadaan atas jalan yang licin mesti menjadi perhatian sobat gaul saat mengabadikan gambar.

Fasilitas Air Terjun Ponot

Air Terjun Ponot Asahan
Photo by @_anindarmdni98

Destinasi wisata ini tetap dikelola secara swadaya oleh wargat setempat untuk fasilitas terbilang masih sederhana dan seadannya. Hanya beberapa pedagang makanan dan minuman ringan, dan satu kamar mandi yang berada di dekat parkir. Hal ini tentu terlampau disayangkan mengingat banyaknya pengunjung yang tertarik untuk berkunjung ke air terjun tertinggi di Indonesia ini sobat gaul.

Lokasi & Rute Menuju Air Terjun Ponot

Objek wisata air terjun ini terletak di Desa Tangga, dekat bersama dengan Porsea Paritohan, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Bandar Pulau, Kabupaten Asahan Sumatera Utara.

Air Terjun Ponot Asahan
Photo by @fujia_risa

Buat menuju zona wisata air terjun sanggup menempuh perjalanan sekitar 2-3 jam dari Kota Kisaran. Selain itu pengunjung bisa menentukan perjalanan dari tiga kota lain di Sumatera Utara, yakni melalui Kota Porsea di Kab. Tobasa, Kota Pematang Siantar di Kab. Simalungun atau Kota Rantau Parapat di Kab. Asahan.

Air Terjun Ponot Asahan
Photo by @mclflows

Khusus bagi wisatawan yang berangkat berasal dari Kota Medan terutama dahulu menuju Kota Tebing Tinggi. Biasanya para pengunjung berasal dari Kota Medan ini berangkat pakai kendaraan pribadi sobat gaul.

Air Terjun Ponot Asahan
Photo by @ari_arlim

Akses menuju air terjun sanggup anda lewati dengan kendaraan bermotor roda dua ataupun roda empat tetapi pengunjung kudu waspada karena di lebih dari satu ruas jalan terdapat jalur yang berlubang serta melalui perkebunan kelapa sawit. 

Demikianlah ualsan singkat mengenai "10 Potret Pemandangan Air Terjun Ponot Asahan : Cek Lokasi, Fasilitas dan Akses Lokasi Wisata" apakah sobat gaul di akhir pekan ini akan mengunjungi tempat yang indah ini ?