Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sungai Seribu Ikan : Wisata Unik dan Lagi Hits di Klaten, Suasananya Instagramble Banget


Karogaul.com - Siapasih yang gak kenal sama Objek wisata yang lagi hits di Klaten ini, namanya sering dijuluki wisata seribu ikan.
Terdapat objek wisata air diantaranya Umbul Ponggok Klaten, Mata Air Cokro Klaten dan lain sebagainya. Kini terdapat sebuah objek wisata yang tengah viral di media sosial. Namanya adalah Water Gong.

Sungai ikan Watergong merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Wisata ini menawarkan keindahan sungai dan juga keragaman jenis ikan yang ada di dalamnya.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di Sungai ikan Watergong antara lain berenang, memancing, dan menikmati panorama alam yang indah. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati kuliner khas daerah sekitar sungai.

Untuk mencapai Sungai ikan Watergong, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum seperti bus atau travel. Lokasinya berada sekitar 22 km dari Kota Solo dan 35 km dari Kota Yogyakarta.


Sungai Seribu Ikan Watergong

Water Gong Klaten ini merupakan sebuah objek wisata baru yang berada di Jogjakarta. Sungai yang dulunya tempat pembuangan sampah ini, kini berubah menjadi tempat wisata yang diminati wisatawan.

Awalnya memang sungai ini menjadi tempat pembuangan sampah. Hingga akhirnya masyarakat sadar dan bergotong royong membersihkan tempat ini.


Sungai Seribu Ikan Watergong

Lingkungan menjadi bersih, kemudian menjadikan mata air terawat dan terciptanya lokasi wisata ini. Objek wisata air ini memanfaatkan air jernih dari sungai Gejikan. Air yang ada disini terkenal karena memiliki banyak kandungan mineral.

Di Water Gong Polanharjo Klaten ini memiliki panjang 100 meter, dengan setiap petak memiliki panjang lebih kurang 20 meter dan lebar 5 meter. Pada setiap petak, ditaburkan satu ton ikan dan ketika panen dengan bobot 20 ton!

Pada objek wisata ini bukan hanya terdapat sungai dan ikan-ikan yang hidup disana. Namun juga terdapat warung-warung makan di tepi sungainya. 

Ikan yang ada objek wisata Water Gong Polanharjo ini juga dimanfaatkan untuk hidangan ikan bakar, goreng atau fillet. Harga hidangan ikan disini dibanderol mulai dari harga Rp 12.000 per satu ekor ikan.

Dengan budget tersebut, para wisatawan bisa menikmatinya bersama nasi serta sambalnya. Bukan hanya hidangan ikan, disini juga terdapat menu lainnya, seperti pecel dan menu sayuran lainnya.


Sungai Seribu Ikan Watergong

Watergong adalah salah satu sungai yang terletak di Klaten, Jawa Tengah. Daya tarik wisata sungai ikan Watergong Klaten terutama terletak pada keindahan alamnya yang masih asri dan belum terlalu banyak tersentuh oleh aktivitas manusia. Beberapa kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Watergong antara lain:

Berenang: Anda bisa menikmati keindahan sungai ini sambil berenang di air yang jernih dan segar.

Memancing: Sungai ini memiliki beragam jenis ikan, seperti ikan mujair, nila, dan lele. Anda bisa memancing di tepi sungai untuk mencoba keberuntungan menangkap ikan.

Rafting: Jika Anda suka tantangan, Anda bisa mencoba olahraga air rafting di sungai Watergong yang cukup menantang.

Trekking: Anda bisa melakukan trekking di sepanjang tepi sungai dan menikmati keindahan alam sekitar.

Camping: Bagi Anda yang suka petualangan, Anda bisa berkemah di sepanjang tepi sungai dan menikmati suasana malam yang nyaman.

Fotografi: Sungai Watergong juga menjadi tempat yang populer untuk melakukan fotografi, baik itu landscape, potret, maupun fotografi bawah air.

Menikmati kuliner: Di sekitar sungai Watergong, Anda bisa menemukan berbagai makanan khas daerah yang lezat, seperti sate kambing, tahu gimbal, dan wedang ronde.

Itulah beberapa kegiatan wisata yang bisa Anda lakukan di sungai ikan Watergong Klaten. Namun, sebelum melakukan kegiatan tersebut, pastikan untuk memperhatikan keselamatan dan menjaga kebersihan alam sekitar.


Sungai Seribu Ikan Watergong

Watergong adalah sebuah desa wisata yang terletak di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Desa ini terkenal dengan keindahan sungai ikan yang mengalir di tengah-tengah pemukiman warga. Berikut adalah keunikan wisata sungai ikan Watergong Klaten:

Sungai ikan yang jernih: Sungai ikan di Watergong memiliki air yang sangat jernih dan segar. Airnya sangat bersih dan bening sehingga memungkinkan pengunjung untuk melihat ikan-ikan yang berenang di dalamnya dengan jelas.

Spot memancing yang bagus: Bagi para penggemar memancing, sungai ikan di Watergong menjadi spot yang sangat bagus untuk menyalurkan hobi. Banyak jenis ikan yang bisa ditangkap di sini, seperti nila, lele, dan patin.

Suasana desa yang asri: Desa Watergong masih sangat alami dan asri. Warga desa hidup dengan cara yang sederhana dan masih sangat terjaga keasriannya. Hal ini membuat pengunjung merasa seperti berada di pedesaan yang sejuk dan damai.


Sungai Seribu Ikan Watergong

Wahana perahu karet: Wisatawan dapat menaiki perahu karet yang tersedia untuk mengelilingi sungai ikan. Perahu karet tersebut akan mengantarkan pengunjung untuk menikmati pemandangan sungai ikan yang indah.

Kuliner lezat: Selain keindahan alamnya, Watergong juga terkenal dengan kuliner khasnya, yaitu sate ikan. Sate ikan ini terbuat dari ikan nila yang diolah dengan bumbu rempah khas. Rasanya sangat lezat dan sayang untuk dilewatkan.

Potensi edukasi: Selain sebagai tempat rekreasi, Watergong juga memiliki potensi sebagai tempat edukasi. Pengunjung dapat belajar tentang budidaya ikan dan cara menjaga kebersihan sungai yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup ikan.

Tersedia akomodasi: Bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana desa Watergong lebih lama, tersedia akomodasi berupa homestay yang nyaman dan murah. Homestay tersebut merupakan milik warga setempat sehingga akan memberikan pengalaman yang lebih dekat dengan kehidupan masyarakat setempat.


Sungai Seribu Ikan Watergong

Lokasi Water Gong Klaten

Untuk alamat lengkap objek wisata air ini berada di Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474. Objek wisata air ini berjarak sekitar 46 km dari pusat kota Jogja, dan dapat ditempuh perjalanan selama kurang lebih 1.5 jam.

Sedangkan dari Solo, objek wisata ini berjarak 26 km dan dapat ditempuh perjalanan selama kurang lebih 50 menit. Untuk harga tiket masuk lokasi wisata ini adalah Rp 5.000/ orang, murah sekali kan?

Sekian ulasan singkat mengenai "Sungai Seribu Ikan : Wisata Unik dan Lagi Hits di Klaten, Suasananya Instagramble Banget" apakah sobat gaul makin penasaran dengan keunikan sungi ikan klaten ini ?