Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keelokan Air Terjun Mangku Sakti - Ciri Khas Warna Air Yang Begitu Unik

Karogaul.com - Air Terjun Mangku Sakti memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan berada di tengah hutan tropis yang rimbun. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam dengan kendaraan roda dua dari Mataram, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Saat sampai di lokasi air terjun, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang sangat menakjubkan. Air Terjun Mangku Sakti memiliki kolam alami yang cukup besar dengan air yang jernih dan segar. Pengunjung dapat berenang di kolam tersebut dan menikmati keindahan alam sekitar.

Selain berenang, pengunjung juga dapat melakukan trekking di sekitar area air terjun. Ada banyak jalur trekking yang dapat diikuti untuk menikmati keindahan alam sekitar. Pengunjung dapat melihat berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang hidup di sekitar hutan tropis yang masih alami.

Air Terjun Mangku Sakti

Namun, karena lokasi Air Terjun Mangku Sakti yang masih cukup terpencil, fasilitas di sekitar area air terjun masih terbatas. Pengunjung disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Selain itu, juga disarankan untuk membawa pakaian ganti dan alas kaki yang nyaman untuk melakukan trekking.

Untuk masuk ke area Air Terjun Mangku Sakti, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- per orang. Pengunjung juga dapat menggunakan jasa pemandu lokal yang dapat membantu mengarahkan jalur trekking dan memberikan informasi mengenai keindahan alam sekitar.

Berdialog soal keelokan alam lombok pasti tidak bakal pernah ada habisnya. Kemana juga Kamu menjejakkan kaki ke penjuru pulau ini tentu hendak menemui bentang alam yang indah. Entah itu berbentuk pegunungan, tepi laut, danau, lembah sampai air terjun. Pada postingan kali ini hendak dibahas salah satu objek wisata yang harus Kamu peruntukan list paling atas itenerary jadwal liburan ke Lombok, ialah air terjun Mangku Sakti.

Air Terjun Mangku Sakti
Pic : @dinitampubolon

Air Terjun Mangku Sakti ialah air terjun yang anti- maintream dengan air yang tidak jernih melainkan bercorak hijau toska. Perihal tersebut sebab kombinasi belerang pada air terjun. Aliran air terjun Mangku Sakti berasal dari Kokoq Puteq yang airnya langsung dari Danau Segara Anak di Gunung Rinjani. Air terjun ini tentu dapat membuat kamu betah mandi lama2 sobat gaul, bermain air maupun hanya menjelajahi alam disekitarnya.

Air Terjun Mangku Sakti
Pic : @ung._

Harga tiket masuk ke lokasi

Meningkatnya popularitas wisata di Lombok bukan cuma karena alam pesisir laut dan pegunungannya. Lebih dari itu, kenampakan alam berbentuk air terjun di pulau ini pula ikut ambil bagian sebab sering didatangi oleh wisatawan dalam negeri ataupun asing. Salah satu air terjun yang tidak sempat sepi pengunjung paling utama disaat liburan merupakan Mangku Sakti waterfall.

Air Terjun Mangku Sakti
Pic : @ttrianaoctav

Objek wisata air terjun di kaki gunung Rinjani ini memanglah sesuai untuk Kamu yang mau mengeksplor sisi lain dari bentang alam pulau Lombok. Tidak hanya panorama alamnya yang memesona, Mangku Sakti waterfall pula tercantum ke dalam jenis destinasi wisata berharga terjangkau. Ya, pihak pengelola memanglah cuma membanderol bayaran retribusi sebesar Rp 10. 000, 00- Rp 15. 000, 00.

Air Terjun Mangku Sakti
Pic : @wiiwinanggraini

Lokasi dan rute mengarah objek wisata

Mangku Sakti waterfall berlokasi di desa Sajang, kecamatan Sembalun, kabupaten Lombok Timur. Aksesbilitas mengarah posisi objek wisata telah bisa Kamu tempuh memakai kendaraan roda 2 ataupun 4. Jaraknya merupakan berkisar 175 kilometer apabila titik keberangkatan dini Kamu merupakan kota Mataram. Bila dikonversikan ke dalam satuan waktu, hingga Kamu perlu 4 jam petualangan buat kesini.

Air Terjun Mangku Sakti
Pic : @nay_hooft

Disebabkan posisi Mangku Sakti Waterfall bersebelahan dengan air terjun Mayung Putek, hingga rute mengarah kedua tempat wisata ini searah. Rute kendaraan yang dapat Kamu tempuh buat menjangkau posisi air terjun ini terdapat 2, ialah lewat Lombok Timur serta Utara. Berikut ini merupakan deskripsi menimpa kedua rute tersebut.


Pic ; @byyxthez

Rute Lombok Timur

Arahkan kendaraan Kamu dari kota Mataram mengarah Halaman Narmda– Mantang– Kopang– Terara– Sikur– Aikmel– Swela– Sapit– Lemor– Sembalun Bumbung– Sembalun Lawang– Sajang.


Pic : @nanokk_lonk

Kegiatan menarik yang dapat dicoba di air terjun Mangku Sakti

Berenang
Aktivitas utama yang Kamu jalani kala berkunjung ke air terjun pasti saja merupakan berenang. Nah, disini Kamu dapat melaksanakan kegiatan tersebut sebab Mangku Sakti waterfall mempunyai kolam natural berair biru bercampur sulfur. Sedangkan itu, buat luas kolamnya sendiri merupakan 15 m serta kedalamannya dekat 2- 4 m.


Pic : @_nininana_

Berenang ataupun berendam disini memanglah membuat badan Kamu jadi lebih fresh. Karena air disini masih terbilang natural sebab belum terkontaminasi oleh senyawa kimia ataupun sampah. Untuk Kamu yang suka menguji adrenalin, disini pula ada titik loncat buat menceburkan diri Kamu. Ketinggian titik loncat ini merupakan dekat 5 m dari atas kolam Mangku Sakti waterfall.

Air Terjun Mangku Sakti
Pic : @wiiwinanggraini

Tidak afdal rasanya apabila liburan Kamu tidak terdokumentasikan dengan baik. Oleh sebab itu, yakinkan baterai kamera Kamu terisi penuh dikala mendatangi Mangku Sakti waterfall. Disini, Kamu dapat mengabadikan bermacam momen semacam waktu berendam ataupun melompat dari ketinggian.

Tidak hanya itu, curug disini pula membentuk kenampakan geologis yang lumayan unik serta instagramable.

Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti
Pic ; @richo_kyle

Secara keseluruhan, Air Terjun Mangku Sakti merupakan tempat wisata yang sangat cocok bagi pengunjung yang mencari suasana alam yang tenang dan damai. Keindahan alam yang masih alami membuat tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Pulau Lombok.

Demikian pembahasan kami tentang Air Terjun Mangku Sakti yang terdapat di Lombok. Sebab tempat ini terdapat di kaki gunung yakinkan peralatan serta benda bawaan kamu cocok kebutuhan. Terimakasih atas kunjungannya. Selamat berhura- hura. Jangan kurang ingat baca postingan yang lain di Karo gaul, banyak kabar menarik yang lain loh sobat gaul.