Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pajak Ular Sambu : Tempat Jual Beli Barang Bekas Tertua di Medan, "Tetap Jeli Biar Gak Diulari"

pajak ular medan

Karogaul.com - Pajak ular, seperti itu nama tempat perdagangan barang bekas di Jalan Sutomo, simpang Jalan Veteran, Medan ini. Namanya unik! Dan pasti saja sangat Medan banget. Pajak untuk orang Medan itu sebutan buat Pasar, bukan pajak dalam artian cukai, ataupun setoran harus buat negara.

Jadi jika kalian lagi di Medan, serta mau berangkat ke pasar, pas bilang ke tukang becak," Bang, ke Pajak Sambu," ataupun," Mamak ingin pigi ke Pajak Simpang Limun! Jaga rumah baik- baik. Jangan perkenankan adekmu ke pasar hitam".

Apa itu Pasar Hitam? Orang Medan malah mengenakan kata" Pasar" buat bilang jalan raya. Umumnya jalur beraspal, walaupun kadangkala dipakai pula buat jalan kecil. Makin bimbangkan dan bingungkan ? 

Balek ke Pajak Ular.

pajak ular medan

Inilah tempat jual beli barang bekas tertua di Medan. Seumuran sama Pajak Sambu yang jaraknya cuma sepelemparan batu. Tetapi jangan dibayangkan, kau hendak menemukan kios- kios ataupun los jualan semacam jamaknya pasar. Karena di Pajak Ular, orang dagang serta pembeli bertransaksi di trotoar/ kaki 5.

Para orang dagang umumnya bawa tas ataupun koper. Begitu tiba langsung buka lapak sesukanya. Hingga tidak heran, bila hari ini kita berjumpa Bang Siregar di depan lampu jalur yang strategis. Besoknya Bang Siregar karna terlambat bisa lapak di deket comberan yang bau busuk.

Beberapa barang yang dijual di Pajak Ular sangat bermacam- macam, mulai dari prangko, koin- koin jadul, kaset lawas, piringan gelap, hape- hape rusak, sepatu rombeng, hingga teropong bintang. Tetapi mohon dicatat baek- baek, seluruh benda itu kondisinya bekas apalagi cenderung nyampah di rumah. Tetapi herannya, terdapat aja yang beli di tempat ini.

pajak ular medan

Kawasan Pajak Ular di Sambu ini di masa 80- an sampai 90- an diketahui sebagai wilayah bronx- nya Medan. Segala berbagai kriminal terdapat di mari. Mulai dari tukang copet, perampok sampai residivis yang bersiap cari mangsa. Begitu kesohornya, sampai hingga saat ini jika ada yang ngaku- ngaku selaku" Bandit Sambu", orang Medan ataupun Sumut hendak jeri.

Pajak Sambu sendiri ialah gabungan tempat perdagangan dengan terminal. Konon, dahulu di masa 50- an seluruh bis dari luar kota yang masuk ke Medan tentu nurunin serta naikin penumpang di Pajak Sambu. 

Tetapi saat ini halte yang sekalian pajak itu cuma melayani trayek- trayek dalam kota. Macam Sambu- Padangbulan, Sambu- Belawan, Sambu- Amplas, serta lain sebagainya. Sisa- sisa bronx- nya kawasan ini masih terdapat hingga saat ini. Contohnya: Tukang copet masih banyak berkeliaran. Waspada jika telah di lokasi ini.

pajak ular medan

Tidak jauh dari Tugu Apollo( tugu yang mirip roket era NASA awal ke luar angkasa) terdapat hotel- hotel tua. Salah satu yang populer Hotel Belinun Jaya. Saat ini hotel ini cuma jadi tempat transaksi seks para WTS tua, ataupun WTS- WTS yang telah kalah bersaing dengan pendatang baru.

Di Pajak Ular, geliat kriminal juga terdapat. Beberapa barang yang dijual misalnya, tidak seluruhnya barang baik- baik. Terdapat beberapa barang panas, hasil curian.

Walaupun rawan kriminal, tetapi herannya Pajak Ular senantiasa ramai didatangi warga. Para orang dagang mulai berjualan di tempat ini jelang Ashar sampai Magrib. Cuma beberapa jam, tetapi tidak pernah sepi.

pajak ular medan
pic via merdeka

Satu yang butuh dicamkan bila mau jual beli di Pajak Ular, selalulah pandai- pandai menawar serta teliti mengamati benda yang mau dibeli. Jika lengah, alamat kamu dapat diulari alias ditipu. Seperti itu sebabnya tempat ini dijuluki Pajak Ular. 

Tempat berkumpulnya para orang dagang serta pembeli yang dapat saja sewaktu- waktu sama- sama menipu( mengulari). Memanglah tidak seluruh orang dagang ingin menipu, tetapi tetaplah waspada. Jangan begitu tiba di rumah, kamu menyesal sebab barang yang kamu beli nyatanya rongsokan tidak berharga. Jika telah begitu orang Medan hendak nimpali," Ah, udah diulari kau kawan".

pajak ular medan

PLUS
- Surganya barang bekas di Medan
- Bila pandai menawar serta teliti, bisa dapat barang bekas keadaan mantap berharga miring
- Letak di tengah kota, serta gampang dijangkau

MINUS

- Rawan kriminal, lengah dikit lenyap dompet
- Bila tidak teliti, bisa beli barang" panas"

pajak ular medan

Pajak Ular Medan
Jenis Tempat : Pusat Barang Bekas 
Alamat : Jl. Sutomo, Sp. Jalan Veteran, Medan
Jam buka : Suka-suka (kebanyakan mulai siang)

Artikel : Raun-raun Medan | Editor : Willem A Sinuraya

Tempat Rame Seputar Kota Medan