Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kampung Salaka Bogor : Menikmati Panorama Alam yang Menyegarkan Mata

Kampung Salaka Bogor
Kampung Salaka Bogor

Kampung Salaka Bogor adalah sebuah desa wisata yang terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Kampung ini terletak di kaki Gunung Salak dan dikelilingi oleh pemandangan alam yang asri. Kampung Salaka Bogor menawarkan pengalaman wisata yang berbeda dengan suasana pedesaan yang tenang dan alami.

Di Kampung Salaka Bogor, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan trekking, hiking, dan berjalan-jalan melintasi sawah, sungai, dan hutan hijau yang menawan. Selain itu, pengunjung juga dapat mengunjungi dan belajar mengenai berbagai hasil pertanian lokal seperti kopi, cokelat, dan sayur-sayuran organik.đź’•

Wista ini juga menawarkan berbagai kegiatan wisata seperti camping, memasak tradisional, belajar kerajinan tangan, dan pertunjukan musik lokal. Kampung ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti restoran, tempat parkir, dan toilet.

Tempat ini salah satu  destinasi wisata yang ideal untuk orang-orang yang mencari liburan yang tenang dan alami, serta ingin belajar mengenai budaya dan kehidupan desa di Indonesia. Dengan keindahan alam yang menawan dan pengalaman wisata yang unik, Kampung Salaka Bogor dapat menjadi destinasi wisata yang menyenangkan bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Kampung Salaka Bogor
Foto : Dea Arsita

Wisata Bogor diketahui akan suasananya yang segar dan sejuk. Udaranya fresh serta keadaan alamnya masih lumayan terpelihara. Keadaan inilah yang menimbulkan Kab. Bogor mempunyai banyak destinasi menarik buat didatangi, utamanya di zona wisata alam. 

Saat ini, banyak pula destinasi wisata kekinian yang berkembang di wilayah ini, bersamaan tingginya atensi anak muda melaksanakan jalan wisata. Salah satunya merupakan Kampung Salaka, suatu destinasi desa wisata di kaki Gunung Salak Bogor.

Menikmati Indah dan Asrinya Atmosfer Sekitarđź’•
Kampung Salaka Bogor
Foto : Wiryadi Kwok

Berwisata ke Kampung Salaka merupakan opsi pas buat melepas hiruk pikuk kehidupan ibukota. Wisatawan dapat menikmati panorama alam yang menyegarkan mata dan menikmati hawa yang bersih. Suasananya juga lumayan tenang, sebab jarak mengarah perkampungan masyarakat terdekat kurang lebih 1, 5 km.

Kampung Salaka pula jadi tempat yang pas buat piknik ataupun hanya bercengkerama bareng keluarga. Kalangan anak muda umumnya menikmati segelas kopi sembari duduk santai di dasar saung. Terkadang terdapat pertunjukkan musik dengan aliran akustik yang menaikkan atmosfer syahdu wisata ini.

Memandang Panorama Bogor dari atas Ketinggianđź’•

Kampung Salaka Bogor
Foto : Wiena Leo

Terletak di ketinggian membuat wisatawan dapat menikmati panorama alam Kab. Bogor yang asri dan indah dengan lebih bebas. Terllihat di dekat bentangan pepohonan yang hijau serta pedesaan yang indah nan asri. Di pagi ataupun sore hari nampak kabut menutupi perbukitan dekat. Atmosfer dingin juga tidak bisa dihindari. Oleh sebab itu, wisatawan hendaknya menggunakan baju hangat kala melancong ke tempat ini.

Cantiknya Panorama alam Pada Malam Hariđź’•

Kampung Salaka Bogor
Foto : romdhoniesan

Di malam hari juga panorama alam dari Kampung Salaka tidak kalah indahnya. Wisatawan dapat menikmati deretan lampu- lampu unik yang menghiasi Kab. Bogor dari atas ketinggian. Wahana romantis ini sangat sesuai apabila dinikmati dengan pendamping ataupun keluarga. Apalagi kala langit terang, turis dapat memandang indahnya bintang lebih jelas dari tempat tinggi ini.

Spot Gambar yang sangat Instagrammableđź’•

Kampung Salaka Bogor
Foto : Aryx Libra

Tidak lengkap rasanya suatu destinasi wisata tanpa spot gambar yang kekinian. Itu juga yang disadari oleh pengelola Wisata Kampung Salaka. Spot gambar andalan serta sangat utama di mari merupakan gapura berupa hati, dengan anak tangga yang dicat dengan konsep berwarna- warni. Spot gambar ini sangat sesuai untuk para pendamping yang berkunjung ke mari. Apalagi di malam hari, gapura ini terus menjadi nampak romantis dengan hiasan lampu berderang yang sangat terang.đź’•

Kampung Salaka Bogor
Foto : ok marwan

Tidak hanya itu, spot gambar yang lain merupakan sejoli sayap dan bunga- bunga. Terdapat pula spot gambar panggung buat menemukan kesan gambar dari ketinggian dengan background perbukitan. Spot gambar tersebut dapat digunakan secara free, kendati terdapat pula spot gambar yang lain yang berbayar.

Buat menemukan hasil gambar terbaik, jangan kurang ingat menggunakan baju yang menunjang serta kamera yang mumpuni, paling utama buat mengambil foto di malam hari.

Sarana, Harga Tiket Masuk serta Jam Bukađź’•

Kampung Salaka Bogor
Foto : Arif Taufik Rahman

Sarana yang ada untuk wisatawan di Kampung Salaka antara lain area parkir yang luas, kamar mandi, musholla, dan saung- saung dari bambu buat berteduh serta menikmati santapan makanan lezat. Tempat duduk payung simpel juga ada buat sekedar melepas penat pikiran. Bila lapar, wisatawan dapat membeli santapan serta minuman ringan dari warung  dekat wisata. Harga yang dibandrol juga masih murah dan terjangkau.

Kampung Salaka Bogor
Foto : aam agatha

👉Harga Tiket masuk Kampung Salaka merupakan sebesar Rp10. 000/ orangnya. 
👉Parkir motor dikenai bayaran Rp2000/ kendaraan sebaliknya parkir mobil dikenai bayaran Rp5000/ kendaraan. 
👉Kampung Salaka buka mulai dari jam 7 pagi sampai 10 malam. 
Wisata ini umumnya dipenuhi wisatawan di sore hari sampai malam hari, khususnya pada akhir minggu.

Lokasi serta Rute Mengarah Desa Kampung Salakađź’•

Kampung Salaka Bogor
Foto : Riyanto Riyanto

Kampung Salaka terletak di Desa Sukajaya, Kec. Tamansari, Kab. Bogor. Jaraknya cuma 20 km dari pusat Kota Bogor. Keberadaan wisata ini juga tidak jauh dari wisata Pura Parahyangan Agung Jagat karta. Destinasi ini dapat dicapai dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Dari pusat kota Bogor, turis dapat menaiki angkutan umum jurusan menuju Taman Sari Ciapus. Setelah itu turun di pertigaan mengarah Pura Parahyangan Agung. Sehabis itu wisatawan dapat melanjutkan petualangan dengan menaiki ojek ke temapt wisata ini.

Untuk yang mau datang memakai kendaraan pribadi, yakinkan keadaan kendaraan yang dibawa dalam kondisi Ok. Paling utama untuk wisatawan yang mengendarai kendaraan roda 2 wajib ekstra hati- hati. Perihal ini disebabkan rute yang hendak ditempuh cenderung menanjak, kecil dan terjal. Tetapi sesampainya di posisi, perjuangan mengarah tempat ini hendak terbayar dengan indahnya panorama alam yang didapat.

Kampung Salaka Bogor
Foto : Hendrik Rahardja

Kampung Salaka Bogor
Foto : Pipit Damayanti

Kampung Salaka Bogor
👉Lokasi: Desa Sukajaya, Kec. Tamansari, Kab. Bogor
👉Kontak: 0812-8890-1213
👉Jam buka: 07.00 pagi - 10.00 Malam

Dengan suasana yang alami, pengalaman wisata yang unik, dan keindahan alam yang menawan, Kampung Salaka Bogor dapat menjadi destinasi wisata yang menarik bagi siapa saja yang mengunjunginya.đź’•

Demikianlah ulasan singkat mengenai "Kampung Salaka Bogor : Menikmati Panorama Alam yang Menyegarkan Mata" kapan nih kalian eksplore tempat wisata indah ini ?