Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

77 Tempat Wisata Hits di Jakarta, Dijamin Bikin Betah

77 Tempat Wisata Hits di Jakarta, Dijamin Bikin Betah

Karogaul.com - Sebagai Ibu Kota negara Indonesia sekaligus Kota Metropolitan, Jakarta nggak pernah sepi peminat. Banyak tempat-tempat bersejarah di Jakarta yang menjadi saksi berdirinya Indonesia. Nggak cuma tempat wisata edukatif, tapi Jakarta juga punya berbagai jenis wisata yang menyenangkan. Seperti wisata alam, konservasi, budaya, maupun wisata hiburan seru yang wajib dikunjungi saat musim liburan.

Bagi kamu yang berencana berlibur ke Jakarta, Pegipegi telah merangkum deretan rekomendasi tempat wisata wajib dan hits di Jakarta. Penasaran di mana saja? Yuk, cek ulasannya di bawah ini!

1. KOTA TUA

SUMBER: IG @KOTATUAJAKARTA.ID

Untuk kamu yang mengaku pencinta sejarah dan juga fotografi, wisata ke Kota Tua Jakarta adalah pilihan tempat yang tepat! Di sini, kamu bisa berkeliling dengan menyewa sepeda ontel sambil berfoto ria dan menikmati aneka kuliner lezat. Kota Tua Jakarta yang dulunya bernama Batavia Lama, juga mudah untuk dijangkau. Selain menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa dengan mudah menggunakan bus Trans Jakarta atau KRL. Banyak loh, hal menarik yang bisa kamu kunjungi di kawasan ini, dijamin seru dan memberikan pengalaman yang berbeda. Untuk masalah kuliner, kamu bisa datang ke Cafe Batavia, Cafe Gazebo, dan banyak lagi lainnya.

2. MUSEUM FATAHILLAH

SUMBER: WEBSITE INDONESIAKAYA.COM

Kamu ingin tahu mengenai sejarah Kota Jakarta? Nah, Museum Fatahillah dapat memberikan informasi lengkap buat kamu yang ingin mengetahui jejak sejarah Jakarta dari masa prasejarah, berdirinya Kota Jayakarta pada tahun 1527 hingga masa kemerdekaan Indonesia. Museum terbesar di Jakarta ini memiliki tiga lantai dan menyimpan sekitar 25.000 koleksi benda bersejarah seperti prasasti, meriam, patung dewa dan dewi, serta koleksi mebel antik, gerabah, dan keramik. Ada juga fasilitas perpustakaan yang menyimpan lebih dari 1.000 koleksi buku, yang sebagian besar merupakan peninggalan dari masa kolonial.

3. MUSEUM WAYANG

SUMBER: WEBSITE MITAMUSEUMJAKARTA.ORG

Salah satu peninggalan seni bersejarah khas Indonesia adalah wayang kulit. Seni bercerita melalui wayang ini ternyata juga diabadikan di dalam museum, loh. Awal mulanya, gedung bersejarah ini merupakan sebuah gereja dengan nama de Oude Holandsche Kerk yang dibangun pada tahun 1640. Gedung ini sempat berganti nama beberapa kali dan pernah dibangun kembali akibat kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi di tahun 1732. Gedung ini akhirnya diresmikan sebagai Museum Wayang pada tahun 1975 oleh Gubernur Jakarta saat itu, Ali Sadikin. Tentunya, museum ini memiliki berbagai macam koleksi wayang serta penampilan pertunjukan wayang.

4. MUSEUM SENI RUPA DAN KERAMIK


Nggak hanya dari Indonesia, berbagai jenis karya seni dan koleksi keramik dari berbagai negara juga turut dipamerkan di museum ini. Seenggaknya kamu dapat mengamati 350 lukisan dan 1.350 jenis keramik, baik dari Nusantara, Asia maupun Eropa. Serunya selain dapat melihat berbagai koleksi lukisan, keramik, batik lukis hingga totem kayu, para pengunjung juga dapat secara langsung belajar untuk membuat keramik di sini.

5. KEBUN BINATANG RAGUNAN

SUMBER: IG @RAGUNANZOO

Waktu yang paling tepat mengunjungi Kebun Binatang Ragunan ini adalah saat pagi hari, ketika udara terasa sejuk karena terdapat pepohonan tinggi yang membuat lingkungan teduh. Kebun binatang yang terletak di Jalan Harsono RM No. 1, Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini merupakan kebun binatang pertama di Indonesia dan didirikan pada tahun 1864. Kebun binatang ini memiliki luas 140 hektare dengan koleksi yang terdiri dari sekitar 295 spesies dan 4.040 spesimen di dalamnya. Tertarik untuk berkunjung ke sini?

6. MASJID ISTIQLAL

SUMBER: IG @@JAKARTA_TOURISM

Masjid terindah di Kota Jakarta ini merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Pembangunan masjid diprakarsai oleh Ir. Soekarno, yang menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia saat itu pada tanggal 24 Agustus 1951. Menariknya, arsitek masjid ini adalah Frederich Silaban, seorang penganut Kristen Protestan. Masjid Istiqlal ini berdiri di tempat yang dahulu disebut Taman Wilhelmina, atau di timur laut lapangan Medan Merdeka. Di seberang timur berdiri Gereja Katedral, Jakarta. Masjid ini dikatakan terindah karena memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, yang dihiasi ornamen geometris dari baja anti karat. Bangunan utama masjid ini dimahkotai satu kubah besar berdiameter 45 meter yang ditopang 12 tiang besar.
 
7. MUSEUM BANK INDONESIA

SUMBER: WEBSITE BI.GO.ID

Salah satu lokasi yang telah berdiri di Jakarta sejak zaman penjajahan Belanda adalah gedung museum Bank Indonesia. Pada mulanya gedung ini digunakan oleh De Javasche, Bank milik Pemerintah Hindia Belanda. Sekarang, gedung ini telah diresmikan menjadi salah satu cagar budaya dan dilestarikan menjadi museum. Museum Bank Indonesia menyimpan koleksi alat tukar barang atau uang yang digunakan sejak zaman Majapahit hingga zaman kemerdekaan di Indonesia. Alat tukar tersebut tersimpan secara rapi dan dipajang menjadi koleksi penting Bank Indonesia. Tujuan dari pendirian museum ini adalah sebagai sarana edutainment bagi masyarakat dalam memahami sejarah dari benda maupun dokumen Bank Indonesia.

8. MUSEUM PRASASTI

SUMBER: WEBSITE MITRAMUSEUMJAKARTA.ORG

Masih termasuk wisata tua, Museum Taman Prasasti yang ada di Jalan Tanah Abang No. 1, Jakarta Pusat ini adalah objek wisata yang nggak biasa. Museum ini awalnya adalah pemakaman umum bernama Kebon Jahe Kober peninggalan masa kolonial Belanda. Memasuki museum ini kamu pasti seperti memasuki area pemakaman di Eropa kuno yang memiliki batu-batu nisan besar dan prasasti atau patung-patung bergaya gotik. Ditambah pohon-pohon rindang yang membuat suasana lebih nyaman, Museum Taman Prasasti sering dijadikan lokasi pemotretan oleh para pencinta fotografi ataupun pasangan yang ingin membuat foto pre-wedding.

9. PERPUSTAKAAN NASIONAL (PERPUSNAS)


Gedung Perpustakaan Nasional atau Perpusnas merupakan peninggalan dari P. J. B. Perez, seorang anggota Dewan Hindia Belanda yang awalnya dijadikan sebagai sekolah Gymnasium Koning Willem III atau K. W. III. Sekarang, Perpustakaan Nasional telah disulap dengan tampilan yang lebih modern dan eksplanatif. Perpustakaan Nasional memuat berbagai macam dokumen, buku, dan barang-barang bersejarah mengenai bahasa dan seni. Perpustakaan ini berlokasi di depan Gedung Arsip Perpustakaan yang merupakan tempat cagar budaya. Ketika masuk lebih jauh, kamu akan menemukan ruang audio visual yang menceritakan tentang sejarah aksara dan tulisan dari abad Hindu-Buddha di Indonesia sampai masuknya Islam. Tentunya, ini merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk mengetahui bagaimana perkembangan masyarakat Indonesia ketika berkomunikasi.

10. MONUMEN NASIONAL (MONAS)

SUMBER: IG @MONUMEN.NASIONAL

Monumen Nasional atau yang akrab disebut Monas menjadi salah satu bangunan bersejarah favorit masyarakat Jakarta. Ikon Ibu Kota Jakarta ini merupakan tugu yang dibuat oleh Presiden Soekarno sebagai bentuk perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Monas dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961, dengan tinggi 132 meter. Sekarang, Monas menjadi salah satu situs bersejarah yang juga memiliki museum di lantai dasarnya. Museum ini berisi koleksi diorama mengenai manusia purba hingga berbagai kerajaan di Indonesia. Diorama ini seperti sebuah timeline yang akan mengajak kamu menyelami kembali sejarah Negara Indonesia. Selain itu, Monas juga dilengkapi dengan lift yang dapat membawa pengunjung untuk melihat indahnya pemandangan Kota Jakarta dari ketinggian.

11. MUSEUM PERUMUSAN NASKAH PROKLAMASI



Salah satu tempat yang menjadi saksi sejarah bangsa Indonesia adalah gedung yang saat ini diabadikan menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Gedung yang dibangun pada tahun 1920-an ini merupakan tempat tinggal Laksamana Tadashi Maeda, seorang kepala kantor penghubung antara Angkatan Laut dengan Angkatan Darat Jepang. Pada tahun 1984, gedung ini diresmikan sebagai museum bersejarah oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Nugroho Notosusanto. Di dalam museum ini terdapat diorama mengenai detik-detik perumusan proklamasi beserta penjelasan mengenai barang-barang bersejarah saat proklamasi.

12. PASAR TANAH ABANG



Dulu, Pasar Tanah Abang yang beralamat di Jalan K. H. Mas Mansyur, Jakarta Pusat ini dikenal sebagai tempat belanja masyarakat menengah ke bawah. Tempatnya berantakan, kumuh, dan banyak preman. Setelah dibenahi, kini Pasar Tanah Abang sudah banyak berubah. Penampilannya sudah lebih bagus dan menjadi salah satu pilihan tempat belanja masyarakat middle high. Jika menelusuri toko demi toko, sudah nggak terasa pengap lagi. Bahkan, sudah banyak toko yang difasilitasi AC. Kamu pun bisa belanja di Pasar Tanah Abang dengan aman, nyaman, dan lebih terjangkau. Jadi, sudah nggak ragu lagi menjadikan Pasar Tanah Abang sebagai tempat belanja favorit, kan?

13. TAMAN WISATA ALAM MANGROVE


SUMBER: IG @TWA_MANGROVE

Taman Wisata Alam Mangrove merupakan ekosistem lahan basah yang didominasi oleh pepohonan mangrove. Kawasan konservasi semacam ini sangat dibutuhkan di Jakarta yang sangat kekurangan akan lahan hijau terbuka, Lokasinya yang mirip Bali membuat Hutan Mangrove menjadi spot foto outdoor yang paling diminati. Kamu bisa mengeksplor banyak foto jika foto-foto di hutan cantik ini. Bukan hanya hutan yang bisa kamu eksplor, tapi di Hutan Mangrove juga terdapat danau buatan yang cantik. Sayangnya, di sana banyak nyamuk. Buat kamu yang kulitnya gampang digigit nyamuk, lebih baik oleskan lotion anti nyamuk.

14. PANTAI PASIR PUTIH PIK 2



Berada di kawasan wisata Pantai Indah Kapuk (PIK), Pantai Pasir Putih PIK baru dibuka tahun 2020 lalu. Pantai ini menjadi salah satu pilihan tempat berlibur dan bersantai bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Lokasinya berada di Jalan Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Memiliki garis pantai yang cukup panjang, yaitu empat kilometer, dan ditanami oleh pohon palem di sejumlah titik. Kamu bisa duduk di pinggir pantai sambil menikmati deburan ombak dan angin semilir untuk menghilangkan penat. Pasir pantainya berwarna white-beige yang bersih dan lembut sehingga nyaman untuk menggelar tikar. Fasilitas di Pantai ini juga lengkap seperti musala, toilet, foodcourt, live music, dan area parkir.

15. KEPULAUAN SERIBU


SUMBER: WEBSITE JAKARTA.GO.ID

Kepulauan Seribu merupakan salah satu wilayah yang masuk ke dalam administrasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Kepulauan Seribu terdiri dari 110 pulau dan terbagi oleh dua Kecamatan. Di Kepulauan Seribu, kamu akan menemukan berbagai macam penduduk multi etnis dari berbagai latar belakang agama, adat istiadat, serta seni budaya. Nggak hanya keberagaman saja namun juga keindahan alam laut dan pulau-pulau di Kepulauan Seribu yang menarik banyak pengunjung domestik maupun internasional. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Kepulauan Seribu, ada banyak pulau yang dapat kamu datangi dengan berbagai aktivitas yang dapat kamu lakukan selama di sana. Seperti snorkeling, memancing, wahana banana boat, dan windsurfing.

16. PULAU BIDADARI


SUMBER: IG @SERIBUISLANDSOFFICIAL

Pulau yang sering dikunjungi oleh wisatawan ini hanya berjarak sekitar 25 menit dari Marina Ancol. Karena lingkungan alam yang masih asri dan terjaga, Pulau ini juga disebut sebagai Pulau Eco Resort. Bagi kamu yang suka wisata bahari, berkunjung ke Pulau Bidadari adalah pilihan yang tepat. Gimana nggak, kamu bisa melakukan segudang aktivitas olahraga air seperti snorkeling, memancing, canoe, dan banana boat. Ada juga Benteng Martello peninggalan Belanda dan Patung Tanduk Tujuh Belas yang bisa menjadi spot foto untuk mengabadikan momen.

17. PULAU ONRUST


SUMBER: WEBSITE PULAUSERIBU.CO.ID

Wisata sejarah ke Pulau Onrust bakal jadi opsi yang terbaik bagi kamu, loh. Karena di Pulau ini terkenal dengan peninggalan arkeologi dari zaman kolonial Belanda. Konon, pulau ini adalah tempat transit bagi kapal-kapal Belanda menuju Batavia. Pulau Onrust sangat dekat dengan Pulau Bidadari, dan akses untuk menuju ke sini kamu bisa naik perahu nelayan atau speedboat dari dermaga Marina Ancol atau menuju ke Pelabuhan Muara Kamal. Selain melihat bangunan dan peninggalan bersejarah di era kolonial, kamu juga dapat berkunjung dan berfoto di Museum Taman Arkeologi Onrust di mana kamu dapat menemukan miniatur Pulau Onrust.

18. PULAU MACAN


SUMBER: IG @WEEKENDTRAVELER_ID

Kalo kamu penggemar wisata bernuansa alam dengan suasana yang tenang dan privat, maka Pulau Macan cucok dimasukkan dalam list tujuan wisata. Pulau Macan alias Tiger Island menyuguhkan konsep eco-resort yang menjadi nilai tambah di kalangan wisatawan. Pulau Macan sebenarnya terdiri dari dua, yakni Pulau Macan Besar, dengan eco resort dan fasilitas penunjang aktivitas wisata. Satu lagi adalah Pulau Macan Kecil atau biasa disebut dengan Pulau Macan Gundul. Pulau Macan Kecil hanya terlihat saat air laut surut dan kamu bisa menjangkaunya dengan berjalan kaki dari Pulau Macan Besar. Wah, unik ya!

19. PULAU TIDUNG


SUMBER: IG @PULAUTIDUNG_JAKARTA

Berbicara tentang Pulau Tidung, pulau yang satu ini terdiri dari dua pulau yang saling terhubung, yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung Besar dimanfaatkan untuk pemukiman penduduk, sedangkan Pulau Tidung Kecil adalah kawasan konservasi alam. Di sini, banyak banget loh spot foto yang Instaworthy. Seperti Jembatan Cinta, yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Kecil. Konsep jembatan ini nggak hanya sekadar penghubung dua pulau, tapi dirancang sebagai spot menarik bagi wisatawan. Jembatan sepanjang 800 meter ini menjadi icon wisata Pulau Tidung dan termasuk sebagai spot romantis di kala sunset, selfie cantik dengan latar lautan lepas, hingga asyiknya bermain di lautan lepas.

20. PULAU PARI


SUMBER: IG @PULAU_PARI_ID

Pulau Pari adalah salah satu bagian kelurahan di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Kelurahan Pulau Pari sebenarnya termasuk empat pulau kecil lainnya yang berdekatan, yakni Pulau Kongsi, Pulau Tikus, Pulau Burung, dan Pulau Tengah. Jika dilihat lagi, Pulau Pari juga nggak jauh, loh, dari Pulau Pramuka, Pulau Lancang, Pulau Rambut, maupun Pulau Tidung. Keindahan alam daratan maupun bawah laut dari Pulau Pari nggak usah diragukan lagi. Di sini, kamu bisa menikmati wahana-wahana water-sports yang ada. Termasuk snorkeling, kamu bisa sambil menikmati pemandangan bawah laut yang memesona, mulai dari berbagai spesies terumbu karang dan berbagai ikan kecil yang cantik.

21. PULAU PRAMUKA


SUMBER: IG @PULAUPRAMUKA.TRIP.ID

Pulau Pramuka berada di Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Populasi di Pulau ini nggak sebanyak di Pulau Tidung dan Pulau Harapan. Tapi, Pulau Pramuka memiliki fasilitas yang lebih lengkap, karena berada di pusat pemerintahan. Jadi, kamu nggak kesulitan ketika berkunjung ke sini! Selain ada resort, kamu bisa menikmati pengalaman watersport, penyewaan sepeda untuk berkeliling pulau, perahu, snorkeling, dan diving. Selain itu, di belakang Pulau Pramuka ada area konservasi alamnya juga, loh.
 
22. PULAU PELANGI


SUMBER: IG @PULAUPELANGIRESORT

Pulau Pelangi berada di wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu. Perairan di sekitar pulau jernih dan aman untuk aktivitas snorkeling atau diving. Perjalanan yang ditempuh dari Marina Ancol, hanya membutuhkan waktu sekitar 90 menit untuk tiba di pulau cantik ini.

Sarana akomodasi yang tersedia berupa cottage, yang terdiri dari bungalow dengan fasilitas yang nyaman dan lengkap. Seperti tempat tidur yang empuk, air panas, air mineral, pendingin ruangan, dan sebagainya. Sementara itu, fasilitas pendukung lainnya antara lain restoran terapung, dive shop, lapangan tenis, area voli pantai, klinik kesehatan, tempat ibadah, dan area bermain anak.

23. TAMAN MINI INDONESIA INDAH (TMII)


Taman Mini Indonesia Indah atau disingkat dengan TMII seringkali menjadi destinasi study tour anak-anak sekolah dari berbagai daerah. Tempat ini juga pas banget dijadikan lokasi mengenal Indonesia secara singkat. Bisa dibilang kalau TMII adalah miniatur Indonesia, mulai dari Sabang hingga ke Merauke. Nggak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan uang untuk keliling Indonesia, cukup dengan datang ke Taman Mini Indonesia Indah. Kamu sudah bisa melihat betapa cantiknya Indonesia dengan anjungan daerah berjumlah 34 yang menjadi spot wajib saat ke sana.
 
24. PELABUHAN SUNDA KELAPA



Lokasi Pelabuhan Sunda Kelapa yang beralamat di Jalan Maritim No. 8 ini, nggak terlalu jauh dari Kota Tua. Jadi, nggak heran jika nuansanya pun masih tempo dulu. Kamu bisa foto kemegahan pelabuhan yang sudah beroperasi sejak Kerajaan Tarumanegara berdiri. Belum lagi ada jajaran kapal Phinisi yang ditambatkan di sepanjang pelabuhan membuat tempat ini makin Instagenic! Selain berfoto, kamu juga bisa wisata naik perahu dengan membayar Rp50 ribu* per orang untuk melihat pesona Sunda Kelapa. Untuk harga tiket masuk relatif murah, khusus pejalan dan pesepeda dikenakan biaya Rp2.500* sedangkan untuk sepeda motor Rp3.000* dan mobil pribadi Rp4.000*.
 
25. ANCOL


SUMBER: IG @ANCOLTAMANIMPIAN

Ancol adalah tempat wisata yang cocok buat kamu yang ingin menghabiskan liburan bersama orang tersayang. Tempat wisata bermain ini bisa untuk semua kalangan dan usia kok. Area di Ancol sangat luas, jadi kamu bisa memilih background foto dengan tema yang berbeda. Wahana yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Dufan, Ocean Dream Samudra, Atlantis Water Adventure, Pasar Seni, Stasiun Gondola, dan Sea World. Kalau ingin membuat kesan romantis pada foto, kamu bisa foto-foto disana menjelang sunset. Kamu bisa berfoto di jembatan atas laut yang menuju Le Bridge Restaurant yang terlihat sangat romantis pada saat sunset.
 
26. THE AWAN LOUNGE


SUMBER: IG @THEAWANLOUNGE

Kalau mau ambil foto di rooftop, datang aja ke The Awan Lounge yang terletak di atas Kosenda Hotel. Rugi kalau kamu nggak datang ke Kosenda Hotel, karena hotel ini adalah destinasi nomor satu untuk para hipster di Jakarta. Bukan cuma hotelnya yang keren, tentunya The Awan Lounge-nya juga keren dan bisa kamu jadikan sebagai objek foto. Di rooftop garden kamu bisa merasakan vibes kayak di puncak, loh. Konsepnya yang minimalis dipadukan desain yang unik membuat The Awan Lounge berbeda dari yang lain. Nggak lupa, kuliner yang dihidangkan pun standar hotel punya! Meski begitu, harganya juga relatif terjangkau mulai dari Rp50.000-100.000* per orang.

27. TAMAN ISMAIL MARZUKI


SUMBER: IG @WAJAHBARU_TIM

Pengen wisata dengan bujet minim di Jakarta? Taman Ismail Marzuki jawabannya! Mengapa? Karena masuk ke sini nggak dipungut biaya, loh. Taman Ismail Marzuki dibangun di area seluas kurang lebih 7,2 hektare. Awalnya kawasan ini merupakan ruang rekreasi publik Taman Raden Saleh dan Kebun Binatang (Ragunan). Kemudian, kawasan ini diubah menjadi area ini menjadi pusat kesenian agar para seniman Jakarta dapat berkarya. Banyak pameran karya seni yang dipertunjukkan di teater besar dan kecil, Gedung Wayang Orang Bharata, Graha Bhakti Budaya, Gedung Miss Tjitjih, Gedung Kesenian Jakarta, Cinema XXI, dan Planetarium.
 
28. ALLIANZ ECO PARK


SUMBER: IG @ALLIANZ.ECOPARK

Ingin rekreasi yang asyik plus edukatif? Ocean Ecopark Ancol jawabannya! Berlokasi di Jalan Lodan Timur Nomor 7, Ancol, Pademangan, Kota Jakarta Utara , kawasan rekreasi edukatif ini terbagi menjadi empat bagian, yaitu Eco-Care, Eco-Art, Eco-Nature, dan Eco-Energy. Tempat ini mengangkat konsep wisata alam dipadukan dengan kesejukan udara dan keasrian lingkungan. Ada banyak wahana seru yang bisa kamu nikmati, seperti belajar bertani di Learning Farm, Outbondholic Ancol Adventure Park bagi kamu yang menyukai tantangan, bersepeda santai di Eco Bike, atau memacu adrenalin dengan flying fox. Tiket masuk juga relatif terjangkau dengan harga sekitar Rp25.000-50.000* per orang.

29. POS BLOC


SUMBER: IG @POSBLOCJKT

Ruang publik satu ini punya berbagai macam fungsi, loh. Di sini kamu bisa wisata kuliner, hunting foto, pameran seni, atau nongki cantik bareng teman. Dibagi menjadi dua area outdoor. Bagian outdoor pertama, tepatnya berada di bagian depan Pos Bloc atau di halaman gedung Filateli yang terdiri dari bangku duduk, undakan tangga, dan beberapa bangku taman. Sementara di bagian outdoor kedua, terletak di tengah gedung dengan atap terbuka yang dikelilingi oleh foodcourt. Kamu bisa memilih mau duduk di bangku yang tersedia di beberapa titik lorong, atau duduk di bean bag. Harga foodcourt di sini juga terjangkau, kisaran Rp20.000-an*. Alamatnya sendiri berada di Jalan Pos No. 2, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.

30. PERKAMPUNGAN BUDAYA BETAWI SETU BABAKAN



Masuk ke dalam salah satu desa wisata terbaik, di sini kamu bisa rekreasi edukatif sambil kulineran khas budaya Betawi, loh. Beralamat di Jalan Moch Kahfi II, Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Desa Wisata yang satu ini memiliki tiga atraksi wisata. Yaitu wisata budaya, wisata agro, dan wisata air. Wisata budaya akan memperkenalkan budaya Betawi seperti pertunjukan budaya, pelatihan musik, belajar membatik, belajar silat Betawi, dan ikut berpartisipasi dalam aktivitas khas masyarakat Betawi. Di wisata agro, kamu bisa menikmati wisata pertanian. Uniknya, lokasi perkebunan yang digunakan nggak berada di area khusus, tapi justru berada di halaman depan rumah para warga. Sementara wisata air, kamu bisa ikut bergabung di berbagai aktivitas seperti sepeda air, olahraga kano, perahu kecil atau getek, dan memancing.

31. JAKARTA AQUARIUM


SUMBER: IG @JAKARTAAQUARIUM

Penasaran dengan kehidupan bawah laut? Yuk, mampir ke Jakarta Aquarium yang merupakan akuarium indoor terbesar di Indonesia dengan 3.500 spesies hewan akuatik dan non-akuatik. Di sini, kamu bisa berinteraksi langsung dengan menyentuh dan memberi makan hewan-hewan tersebut. Tenang, kamu bakal dipandu oleh penjaga hewan berpengalaman, plus bisa mendapatkan informasi menarik tentang hewan-hewan di sini. Wah, rekreasi yang bermanfaat banget nih! Kawasan ini menawarkan 12 wahana menarik yang bisa kamu nikmati, contohnya seperti menyelam bersama ikan hiu, ocean dining, aqua trekking, dan pearl of the South Sea show. Harga tiket masuk dibandrol kisaran Rp115.000-225.000* per orang.

32. PANTJORAN PIK


SUMBER: IG @JAKARTA_TOURISM

Destinasi kuliner dan spot foto ala Chinatown bisa kamu temukan di sini. Pertama kali menapakkan kaki, kamu akan disambut gapura dengan arsitektur China yang khas, tembok-tembok yang dipenuhi dengan mural seni, dan diorama yang tersebar di beberapa tempat. Bagi kamu pencinta kuliner khas Negeri Tirai Bambu, sedikitnya ada 80 tenant makanan yang bisa dinikmati. Tenang! Meski ada beberapa makanan non-halal, tapi kamu juga bisa menemukan banyak makanan halal di sini, kok. Pastikan kamu membaca setiap informasi di setiap tempat makan, ya. Nggak cuma spot foto Instagenic dan wisata kuliner, di kawasan ini kamu juga bisa menyewa pakaian tradisional Tiongkok.

33. MASJID RAMLIE MUSOFA


SUMBER: IG @JAKARTA_TOURISM

Wisata religi ke masjid yang digadang-gadang mirip Taj Mahal di India, yuk! Nama masjid dupe Taj Mahal India ini adalah Masjid Ramlie Musofa, yang berlokasi di Jalan Danau Sunter Raya Selatan Blok I / 10 No. 12C-14A, Sunter Agung, Jakarta Utara. Sang pemilik masjid mengungkapkan, bahwa masjid ini adalah bukti cintanya kepada Allah, Islam, dan keluarga. Dibangun di atas lahan seluas 2.000 meter, masjid ini menggunakan marmer yang langsung diimpor dari Italia dan Turki. Di dalamnya juga banyak ukiran khas Jawa. Nggak heran, karena arsitektur dan fasilitas mewah, masjid ini kerap dijadikan wisata religi, spot foto bahkan pre-wedding!

34. MUSEUM MACAN


SUMBER: IG @MUSEUMMACAN

Namanya boleh seram. Bukan berarti kamu bakal nemuin hewan macan di dalam museum ini. Melainkan ada berbagai kesenian modern dan kontemporer karya berbagai seniman dalam dan luar negeri. Nama MACAN sendiri adalah singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum yang terletak di AKR Tower Level MM, Jalan Panjang No. 5, Kebon Jeruk ini juga kerap diisi banyak sekali pameran lukisan yang nasionalis karya anak bangsa. Bahkan, terdapat pameran karya seniman Internasional seperti seniman dari Jepang bernama Yayoi Kusama. Banyak banget spot foto aesthetic yang bikin feed sosial mediamu ciamik. Tiket masuk dipatok mulai dari Rp80.000-100.000* per orang.

35. COVE AT BATAVIA PIK


SUMBER: IG @COVEATBATAVIAPIK

Cove at Batavia PIK adalah destinasi wisata terbuka yang masih dalam kawasan wisata Pantai Indah Kapuk (PIK). Di sini, kamu bisa menikmati wisata outdoor dengan pemandangan langsung menghadap ke laut. Aktivitas yang bisa dilakukan seperti wisata kuliner seafood dan non-seafood, nongki cantik, jogging, dan sepedaan. Konsep bangunannya memang sengaja dibangun mirip dengan suasana di luar negeri. Bahkan, ada yang bilang mirip seperti di Los Angeles ataupun Singapura. Untuk harga makanan di Cove at Batavia PIK mulai dari Rp20 ribuan* dan area ini buka setiap hari, mulai pukul 07.00-21.00 WIB.

36. GEREJA KATEDRAL


Diresmikan pada 1901, gereja yang satu ini berada di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Dengan arsitektur neo-gotik, Gereja Katedral Jakarta selalu menjadi tempat favorit beribadah sepanjang Natal. Atmosfer intense seakan terbangun dengan penataan ruangan yang klasik. Mengingatkan kita akan gereja-gereja Eropa di abad 19 maupun 20. Gereja Katedral ini merupakan Gereja Katolik pertama di Batavia dan bukti toleransi bangsa karena saling berhadapan dengan Masjid Istiqlal. Gereja ini memiliki tiga menara yang menjulang tinggi ke atas, yaitu Menara Angelus Dei, Menara Benteng Daud, dan Menara Gading.

37. PASAR BARU


SUMBER: IG @JAKARTA_TOURISM

Pasar Baru adalah pusat perbelanjaan yang telah berdiri sejak zaman Belanda di tahun 1820 yang terkenal dengan arsitektur bergaya klasik. Pasar Baru sangat dekat dengan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral, loh. Tempat ini adalah surganya perabotan rumah tangga, furniture, pakaian, hingga wisata kuliner. Aneka jajanan street food seperti siomay, es potong, asinan jambu bangkok, otak-otak, hingga kue cubit bisa kamu nikmati di sini. Lantaran pasar ini usianya kurang lebih sekitar dua abad, ada beberapa toko yang bangunannya masih sama seperti dulu dan dibiarkan sebagaimana aslinya. Wah, kebayang tuanya usia bangunannya?

38. RUMAH RADEN SALEH CIKINI


SUMBER: IG @JAKARTA_TOURISM

Bagi pencinta seni, pasti kenal sosok sang maestro lukis, Raden Saleh, kan? Buat yang belum tahu, Raden Saleh merupakan sosok bangsawan keturunan Arab-Jawa yang lahir di Semarang. Nah di kawasan Cikini kamu akan menjumpai Rumah Sakit PGI Cikini yang dulunya adalah rumah dari sang maestro seni. Konsep rumahnya khas gaya klasik ala Eropa yang terlihat luas dan megah. Atapnya yang runcing terbagi menjadi tiga bagian, tapi tetap menyatu dengan rangka dasar yang sama. Dari pintu samping di gedung utama, masuk ke ruangan yang dilengkapi dengan permadani, meja penuh ukiran, dan dikelilingi kursi yang beragam hiasannya.

39. MOJA MUSEUM


SUMBER: IG @MOJAMUSEUM

Mengusung konsep cinema-art, Moja Museum berlokasi di Gelora Bung Karno, Main Stadium Komplek, Jalan Gerbang No. 1, Gelora. Memiliki 14 ruang foto yang berbeda dan berbagai spot foto yang Instagramable mudah kamu temukan di Museum ini. Nggak cuma itu, di sini kamu juga bisa bermain sepatu roda yang dikelilingi dengan track aesthetic. Buat kamu yang pengen cobain sensasi main roller skate sambil mempercantik feed, kamu wajib berkunjung ke sini. Belum bisa bermain roller skate? Jangan khawatir! Di sini disediakan juga alat untuk berlatih bagi pemula. Harga tiket mulai dari Rp90.000-110.000* per orang.

40. HALUU WORLD


SUMBER: IG @HALUUWORLD

Rekomendasi wisata dengan spot foto keren lainnya adalah Haluu World yang berlokasi di Plaza Indonesia, Jalan MH. Thamrin Nomor Kav 28-30, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat. Di sini ada banyak banget spot-spot foto yang menarik dan anti-mainstream, siap menanti kamu yang gemar selfie cantik. Wahananya pun beragam mulai dari Moulin Rouge, Apple Maze, Bed of Roses, dan Fish in the Ocean. Harga tiket sekitar Rp90.000-110.000* per orang.

41. KIDCITY CEMPAKA PUTIH


SUMBER: IG @KIDCITY.CEMPAKAPUTIH

Rekreasi, berbelanja, dan kuliner dapat kamu lakukan di Transmart Cempaka Putih. Lokasi ini memiliki berbagai macam wahana yang cocok untuk remaja maupun anak-anak. Dimulai dari kora-kora, kereta mini, hingga roller coaster. Jika berkunjung ke sini, kamu wajib untuk mencoba wahana roller coaster yang memiliki track hybrid indoor sekaligus outdoor. Setelah lelah bermain, kamu dapat menemukan sederetan kuliner lezat yang cocok untuk disantap dengan harga pas di kantong. Alamatnya berada di Jalan Jendral Ahmad Yani No. 83, Jakarta Pusat, dengan harga tiket masuk sekitar Rp90 ribu* per orang.

42. PANDORA EXPERIENCE


SUMBER: IG @PANDORA.EXP

Menguji logika sekaligus nyali merupakan ciri khas dari escape room Pandora Experience. Harga tiket masuknya sekitar Rp185 ribu* per orang. Escape room ini memiliki berbagai pilihan cerita yang dapat kamu mainkan. Dengan tingkat kesulitan dan keseraman yang berbeda, kamu diajak untuk menyelami cerita dan memecahkan setiap misteri yang ada di dalamnya. Nggak hanya itu, ruangan dari Pandora Experience juga didesain menyerupai cerita asli sehingga kamu akan terhanyut ke dalam cerita dari permainan tersebut. Permainan ini dapat kamu mainkan bersama teman dan kelompok. Selain untuk bersenang-senang, kamu dapat mengasah kemampuan kerja sama serta berpikir kritis, loh! Di Jakarta, kamu bisa menemukannya Mall Ciputra, Kelapa Gading, dan Baywalk Mall.

43. AEON MALL JAKARTA GARDEN CITY


SUMBER: IG @AEONMALL_JAKARTAGARDENCITY

Tertarik berfoto dengan latar atau di dalam bianglala? Jika ya, kamu bisa datang ke area rooftop di AEON MALL Jakarta Garden City untuk menemukan J-Sky Ferris Wheel. J-Sky Ferris Wheel memiliki 32 kabin yang terdiri dari dua kabin karaoke, enam kabin untuk makan malam, 22 kabin biasa, dua kabin sofa, dan satu kabin untuk penyandang disabilitas. Selain menyuguhkan pemandangan kota yang memesona, di sini kamu juga akan ditantang untuk merasakan sensasi menegangkan saat menaiki bianglala. J-Sky Ferris Wheel ini adalah bianglala tertinggi se-Indonesia, loh, dengan tinggi 69 meter. Gimana tertarik untuk mencoba? Harga tiket untuk weekday mulai dari Rp50 ribu* per orang, sementara weekend Rp60 ribu* per orang.

44. DE ENTRANCE ARKADIA


SUMBER: IG @DE_ENTRANCE

Kamu yang lagi mencari tempat nongkrong outdoor dengan ambience luar negeri, wajib coba datang ke De Entrance. Pemandangan gedung-gedung tinggi dengan pencahayaan maksimal merupakan definisi dari tempat ini. Selain itu, ada kolam renangnya yang bisa kita sewa untuk berenang sore-sore. Di De Entrace ini, ada pilihan beberapa restoran dan cafe seperti Old Town White Coffee, Excelso, Fook Yew, dan banyak lagi lainnya. Ingin memperindah feed sosial media? Bisa! Kamu bisa foto cantik di salah satu spot terkenal yaitu di balkon yang terletak di lantai dua. Di spot ini serasa kayak di Eropa dengan gedung-gedung tinggi berwarna cokelat.

45. M BLOC SPACE


SUMBER: IG @MBLOCSPACE

Terletak di Blok M, Jakarta Selatan, M Bloc Space populer sebagai tempat nongkrong anak milenial ibu kota. Hal pertama yang bakal mencuri perhatian kamu adalah suasana dan arsitekturnya. Dahulu deretan rumah ini adalah rumah dinas Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia. Namun, bangunan ini sekarang sudah disulap sedemikian rupa dengan mengangkat desain konsep retro-vintage tapi nggak lupa dengan sentuhan modern. Saat menjejakkan kaki di pintu masuk, mata kamu bakal dimanjakan sama deretan bangunan bergaya vintage, yang cocok banget jadi latar foto feed Instagram. Nggak lupa, akan ada pertunjukkan musim setiap minggunya. Harga makanan disini juga relatif terjangkau, jadi jangan khawatir ya!

46. DIA.LO.GUE. ARTSAPCE


SUMBER: IG @DIALOGUE_ART

Berlokasi di Kemang Selatan, artspace satu ini bakal manjain kamu dan si dia sama koleksi karya seninya yang estetik banget menjadikan artspace ini tempat favorit bagi anak muda. Dia.Lo.Gue merupakan gabungan dari beberapa tempat seperti galeri seni, toko pernak-pernik, studio desain, dan kafe. Di bagian belakang Dia.Lo.Gue terdapat kafe yang juga artsy dan super homey dengan nuansa kayu-kayuan. Di sini, tentunya kamu bisa menemukan banyak spot foto yang Instagramable buat update media sosial.

47. HARBOUR MARKET

 
SUMBER: IG @HARBOURMARKET_PIK

Harbour Market yang berada di Pantai Indah Kapuk ini, bisa dijadikan pilihan buat kamu yang lagi mencari tempat nongkrong di daerah Jakarta Utara. Cafe ini menawarkan rangkaian kopi dan minuman menyegarkan. Selain pilihan kopi yang beragam, cafe ini juga punya area outdoor dan indoor yang cukup luas dengan desain yang unik ala-ala di Santorini. Buat kamu yang pengen foto-foto di sini, bisa memakai pakaian bertema summer atau tropical vibes biar foto-fotonya makin mirip kayak di Santorini.

48. KELENTENG TAN SENG ONG (VIHARA TANDA BHAKTI)



Bagi kamu yang ingin berwisata religi, Kelenteng Tan Seng Ong (Vihara Tanda Bhakti) bisa menjadi alternatif. Berlokasi di kawasan Petak Sembilan, Glodok, bangunan tradisional China ini sudah ada sejak 1650 silam. Vihara Tanda Bhakti merupakan rumah bagi Sang Dewa Pelindung, Tan Seng Ong yang sekaligus pendiri dari bangunan tersebut. Kesan tenang pun dapat kamu tangkap saat melangkah masuk ke dalam kelenteng. Dua patung singa yang mengapit kuil kecil di depan, seakan memberi salam selamat datang bagi kamu dan orang terdekat.

49. HUTAN KOTA SENAYAN



Dulunya kawasan ini merupakan lapangan golf di kompleks Stadion Gelora Bung Karno. Namun, semenjak direnovasi untuk menyambut Asian Games 2018 lalu, spot ini disulap menjadi Hutan Kota Senayan. Area seluas empat hektar ini seakan menjadi oase di tengah Kota Jakarta, loh. Hamparan rumput hijau berpadu dengan kolam air yang berada di tengah-tengah. Fasilitas yang ditawarkan nggak cuma taman, tetapi juga plaza utama, toilet hingga cofftea house yang bisa digunakan buat bersantai atau sekadar foto-foto. Jogging track-nya juga tersedia buat kamu yang ingin berolahraga di tengah taman.

50. DANAU SUNTER



Terletak di Tanjung Priok, Danau Sunter adalah spot wisata yang sangat legendaris. Dibalut dengan beragam aktivitas masyarakat setempat maupun pendatang, danau buatan atau waduk yang dibangun tahun 70-an tersebut punya daya tarik tersendiri. Karena, ada dua danau yang saling berdekatan, Danau Sunter 1 berukuran lebih kecil dan Danau Sunter 2 yang berukuran besar. Namun, Danau Sunter 2 yang lebih banyak dikunjungi warga karena kualitas air yang lebih baik dibandingkan Danau Sunter 1. Kamu bisa duduk-duduk di pinggir danau sambil menikmati kesunyian di tengah kebisingan ibu kota.

51. TAMAN SITU LEMBANG


Bisa dibilang, spot yang satu ini merupakan oase di tengah kota. Berlokasi di kawasan Menteng, Taman Situ Lembang punya danau hijau yang sangat sejuk. Dikelilingi pepohonan rindang, danau di Taman Situ Lembang cukup jauh dari hiruk pikuk kendaraan dan polusi udara. Sehingga, Taman Situ Lembang jadi ruang terbuka hijau yang sangat penting di Jakarta Pusat. Berbagai fasilitas menarik ditawarkan, mulai dari wahana permainan anak hingga koleksi hewan lucu seperti monyet, burung dara hingga tupai.

52. EREVELD ANCOL



Mencari wisata anti-mainstream di sekitar Jakarta? Kita ke kawasan Ancol, yuk! Di sana, ada sebuah tempat yang cukup unik dan menarik untuk dikulik, yaitu Ereveld Ancol. Berada di dalam komplek Taman Impian Jaya Ancol, Ereveld Ancol adalah sebuah taman makam kehormatan Belanda. Letaknya sendiri bisa kamu temukan di dekat Bende Raksasa Ancol yang cukup tersembunyi. Ada sekitar 2.000 korban Perang Dunia II yang dimakamkan. Beberapa di antaranya merupakan tentara negara persemakmuran Belanda hingga rakyat sipil asal Indonesia yang meninggal pada masa penjajahan Jepang.

53. DOS HERMANOS COFFEE & CIGAR


SUMBER: IG @DOSHERMANOSCOFFEECIGAR

Salah satu cafe ala Santorini di Jakarta ini menghadirkan dua area tempat duduk, yaitu outdoor dan indoor. Area luar menjadi spot favorit pengunjung untuk berfoto, seperti teras balkon dengan kanopi biru putih, dan jendela melengkung yang estetis. Menyantap hidangan Indonesia dan Barat bisa jadi pilihan, ditemani aneka minuman kopi dan teh yang nikmat. Lokasi cafe ini berada di Jalan Betung Raya No. 26, Pd. Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Kota Jakarta Timur.

54. SUDOET TJERITA


SUMBER: IG @SUDOETTJERITA.BALCONY

Dominasi warna putih pada bangunan bergaya klasik dan elemen pendukung seperti pot terakota dan jendela-jendela besar membuatmu serasa di Santorini. Interior Sudoet Tjerita mengusung konsep balcony cafe sehingga menikmati golden hour alias waktu senja jadi waktu kunjungan terbaik. Hidangan Nusantara dan Barat dapat kamu pilih sebagai teman berbincang dengan sahabat maupun pasangan. Lokasi cafe ini terletak di Ruko Crown Golf Boulevard, Jalan Pantai Indah Kapuk No. 11, Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta.

55. TANATAP ARTISAN


SUMBER: IG @TANATAPCOFFEE

Tanatap Artisan merupakan kafe hidden gem yang terletak di Meruya, tepatnya di Jalan Jalur 20 Blok 30 No. 19, Meruya Utara. Mempunyai arsitektur dan interior yang unik, tempat ini pas banget untuk kamu yang suka foto-foto. Karena setiap sudutnya sangat Instagrammable dan aesthetic, loh. Tanatap juga memiliki ruangan indoor ber-AC, dan outdoor dengan pepohonan rindang nan sejuk.

56. COFFEE DIA


SUMBER: IG @COFFEE.DIA

Mau ngopi cantik sambil piknik? SobiPegi bisa datang ke Coffee Dia, nih. Lokasinya ada di Jalan Tanjung Duren Utara V No. 246, Tanjung Duren, Grogol. Punya ambience yang homey, tempat ini punya spot hamparan rumput hijau seperti di halaman belakang rumah. Gak hanya itu, di sini juga disediakan barang-barang seperti tikar piknik, keranjang buah, dan buku yang dapat digunakan untuk bikin hasil foto kamu semakin Instagenic. Harga makanan dan minuman sekitar Rp30.000-35.000* per orang.

57. THREE FOLKS


SUMBER: IG@THREE_FOLKS

Buat yang hobi nongkrong tapi gak terlalu suka keramaian, Three Folks pas banget buat kamu. Lokasinya ada di Jalan Pesanggrahan No. 35A, Kembangan Selatan. Tempatnya memang gak besar, tapi nyaman banget. Ada taman kecil dan tumbuhan-tumbuhan yang bikin suasana jadi makin asri. Nilai plus buat kafe ini yaitu SobiPegi diperbolehkan membawa hewan peliharaan alias tempat ini pet-friendly, loh! Harganya sekitar Rp30.000-50.000* per orang.

58. SINILAGI


SUMBER: IG @SINILAGI.ID

Sesuai dengan namanya, SiniLagi beneran bakal bikin kamu ingin datang ke sini lagi. Berlokasi di Jalan Puri Kembangan No. 10, Kembangan Selatan. Mereka punya tempat yang pewe banget untuk bersantai dan AC yang super dingin. Interiornya juga unik, karena memakai keramik putih sehingga kafe terlihat bersih serta rapi. Kalau mampir, SobiPegi jangan lupa mencoba menu andalan mereka, yaitu bakmi khas SiniLagi dan roti nougat, ya! Untuk harga menu mulai dari Rp25.000-45.000** per orang.

59. BART JAKARTA


SUMBER: IG @BART_JKT

Suasana romantis serta pemandangan gedung-gedung pencakar langit yang indah merupakan pemandangan terbaik dari Bar at The Rooftop Jakarta. Cafe yang terletak di rooftop Artotel ini, memiliki suasana yang tenang sehingga bisa membawa kamu berhenti sejenak dari kegaduhan kota Jakarta. Walaupun memiliki nama bar, tetapi mereka juga menyediakan berbagai menu camilan serta minuman non-alkohol, loh. Nah, buat yang ingin bersantai di akhir pekan, tempat ini cocok untuk kamu kunjungi bersama teman-teman. Alamatnya ada di Jalan Sunda No. 3, Gondangdia, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat.

60. HAUSE ROOFTOP


SUMBER: IG @HAUSEROOFTOP

Ingin menikmati pemandangan sambil mencicipi berbagai menu vegetarian yang lezat? Yup, Hause Rooftop adalah jawabannya. Selain menyediakan berbagai macam menu organik, tempat ini juga dihiasi oleh berbagai tanaman hijau yang membuat mata kamu semakin segar. Kamu bisa mendatangi tempat ini di kala siang maupun malam hari. Tentunya pemandangannya tetap indah, plus alunan musik yang ada di sini bisa membuat pikiran kamu semakin rileks. Tempat ini cocok sekali deh untuk kamu yang ingin hangout ataupun me time. Lokasinya sendiri terletak di Tower 2 MD Place, Jalan Setia Budi Selatan No. 7, Kuningan, Karet Kuningan, Kota Jakarta Selatan.

61. LANGIT SEDUH

SUMBER: IG @LANGITSEDUH

Seperti namanya, Langit Seduh merupakan tempat selanjutnya yang memiliki rooftop dengan pemandangan indah. Cafe yang terletak di atas Takes Hotel ini memiliki berbagai sajian menu Western dan lokal yang dapat kamu cicipi. Nggak lupa, terdapat berbagai pilihan kopi dan non-kopi yang disediakan oleh Langit Seduh. Tempat ini semakin spesial karena memiliki live music setiap sore hari. Nah, untuk kamu yang ingin merayakan ulang tahun maupun hari penting lainnya, Langit Seduh juga memiliki paket khusus, loh. Tempat ini wajib masuk wishlist kamu untuk merayakan momen spesial bersama orang terkasih!

62. LA VUE


SUMBER: IG @LAVUEROOFTOPBAR

Rooftop dengan pemandangan indah lainnya adalah La Vue yang terletak di Hermitage Hotel Jakarta. Restoran sekaligus bar ini menyediakan berbagai makanan Western, Indonesia, hingga hidangan penutup yang nggak perlu diragukan lagi rasanya. Walaupun diberi nama bar, namun tempat ini juga menyediakan berbagai pilihan kopi dan minuman non-alkohol yang dapat kamu cicipi. Jika ingin berkunjung ke tempat ini, kamu dapat datang di sore hari untuk menikmati sunset serta nuansa romantis yang ditawarkan oleh La Vue.

63. KAWISARI


SUMBER: IG @TUGUKAWISARICAFE

Menikmati jajanan pasar dan makanan khas Indonesia yang beragam sambil melihat pemandangan perkotaan bisa kamu lakukan di Kawisari Jakarta. Lokasinya sendiri berada di Jalan Kebon Sirih No. 77A, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Restoran khas Indonesia ini memiliki rooftop dengan pemandangan gedung-gedung perkantoran. Selain pemandangan indah dan makanan lezat yang disediakan, Kawisari juga memiliki desain eksterior ala Belanda dan desain interior khas Jawa yang sangat memesona. Seluruh sudut ruangannya dilengkapi dengan lukisan petani kopi yang merupakan produk unggulan mereka. Nah, jika kamu mampir ke sini, jangan lupa untuk mencicipi kopi dan juga camilannya, ya!

64. ATAP RUMAH CAFE


SUMBER: IG @ATAPRUMAHCAFE

Makanan khas Indonesia beserta pemandangan rooftop indah juga dapat kamu temukan di Atap Rumah Cafe. Beralamatkan di Jalan Penjernihan IV No. 9, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat. Terdapat berbagai pilihan masakan Indonesia dengan harga yang terjangkau, beserta menu kopi yang menemani santai soremu. Lokasi indoor yang ada di cafe ini juga menarik dengan bentangan pemandangan outdoor-nya loh. Kamu bisa berfoto cantik dengan tembok estetik bernuansa monokrom. Selain itu, pilihan warna kursi dan meja dengan warna cokelat natural membuat suasana tempat ini menjadi lebih warm. Nah, kalau kamu mencari cafe yang tenang untuk bekerja, kamu bisa mencoba berkunjung ke tempat ini.

65. FJ ON 7


SUMBER: IG @FJON7ROOFTOP

Cafe dengan rooftop memesona terakhir adalah FJ on 7. Lokasinya ada di Jalan Kemang Raya No. 6, Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan. Selain mencuci mata dengan pemandangan perkotaan yang indah, tempat ini juga mendekorasi ruangannya dengan tanaman hijau yang dapat merilekskan mata. Dari segi sajian makanan, kamu juga nggak perlu khawatir. FJ on 7 menyediakan berbagai macam santapan dengan porsi yang besar, loh. Tempat ini cocok sekali untuk kamu yang ingin hangout bersama teman-teman.

66. FOUNTAINHEAD CAFE


SUMBER: IG @FOUNTAINHEAD.CO

Buat kamu yang lagi mencari tempat ngopi baru di Jakarta Barat, wajib coba FountainHead Cafe. Cafe ini berkonsep modern minimalis, dengan desain eksterior yang mirip sama White House di Amerika! Lumayan kan buat mengobati kerinduan jalan-jalan kamu. Meski konsepnya modern minimalis, tapi cafe ini cukup spacious sehingga jarak antar mejanya cukup luas. Cocok buat kamu yang masih rada parno buat pergi bertemu banyak orang.

67. ARBOREA CAFE


SUMBER: IG @ARBOREACAFE

Terletak di Kompleks Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto No. 1, Gelora, Jakarta Pusat, Arborea Cafe akan membawa kamu seolah-olah ke dalam hutan. Tempat ngopi nyaman ini didesain bergaya semi-industrialis dan menyediakan tempat duduk outdoor, indoor, dan rooftop dengan pemandangan hijau yang rindang di tengah ibu kota. Harga menu sekitar Rp50.000* per orang

68. ONNI HOUSE


SUMBER: IG @ONNIHOUSE.JKT

Cafe Instagenik berkonsep florist and kitchen ini berlokasi di Jalan Tanjung Duren Utara V No. 242, Jakarta Barat. ONNI House memiliki desain yang asri dan keren ala drama Korea. Nggak cuma bersantap, di sini kamu juga bisa foto-foto cantik. Bunga-bunga segar dengan warna-warna menarik dan ornamen-ornamen uniknya siap menjadi latar foto kamu, loh. Harga makanan dan minuman sekitar Rp50.000-Rp100.000* per orang.

69. LIVING WITH LOF


SUMBER: IG @LIVINGWITHLOF

Living with LOF, florist sekaligus cafe kece ini terletak di Jalan H. Junaedi No. 2A, Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan. Sambil bersantap, di sini mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan tanaman-tanaman cantik yang ditata apik ke dalam pot-pot unik. Pokoknya, cafe ini memang cocok banget jadi tempat ‘penyembuhan diri’ agar kembali bersemangat. Untuk harga menu sekitar Rp50.000-100.000* per orang.

70. HUTAN KOTA BY PLATARAN


SUMBER: WEBSITE PLATARAN.COM

Walau terletak di pusat kota dan sangat strategis, tepatnya di area Gelora Bung Karno, masuk ke Hutan Kota ini akan membawa kamu seolah-olah jauh dari Jakarta. Resto ini menawarkan kawasan outdoor yang lumayan luas dan dilengkapi dua area bersantap. Kamu bisa pilih mau makan dengan konsep fine dining di Tiga Dari, atau mau menyeruput kopi dan camilan lezat sambil menikmati senja di Pidari Lounge. Sstt.. Sebelum datang ke sini, kamu wajib melakukan reservasi terlebih dahulu, ya. Lokasinya ada di Jalan Jendral Sudirman Kav. 54-55, Gelora, Jakarta Pusat.

71. OKUZONO


SUMBER: IG @OKUZONO.ID

Ingin merasakan vibes Jepang tanpa harus pergi jauh-jauh ke Jepang? Ya, ke Okuzono aja! Berlokasi di Jalan Suryo No. 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Restoran ini mengadopsi konsep bernuansa Jepang modern yang didominasi warna coklat kayu. Buat kamu yang suka foto-foto, di Okuzono banyak spot Instagramable, loh. Selain itu, makanan yang ditawarkan juga beragam dan rasanya gak kalah sama yang beneran di Jepang, mulai dari sushi, udon hingga donburi.

72. JITTLADA THAI CUISINE


SUMBER: IG @JITTLADARESTAURANT

Memenangkan penghargaan ‘Masakan Thailand Autentik’ di penghargaan Indonesia Tattler Award. restoran ini menawarkan sajian terbaik untuk memenuhi selera kamu. Berdiri sejak tahun 1998, Jittlada Thai Cuisine diambil dari nama sebuah Istana Kerajaan di Krung Thep Maha Nakhon, tempat keluarga kerajaan tinggal saat ini. Tempatnya luas, nyaman, dengan suasana Thailand yang kental. Banyak ornamen dan patung-patung khas Thailand dibalut dengan interior modern. Restoran ini menawarkan berbagai hidangan lezat dengan menu-menu yang direkomendasikan adalah Tom Yum Kung, Clear Soup, Roasted Duck Curry, Seafood Phuket Style, Durian Sticky Rice, dan Cooked Tapioca in Syrup. Alamatnya berada di Senayan City, Jalan Asia Afrika No. 2, Gelora, Tanah Abang.

73. LE QUARTIER


SUMBER: IG @LEQUARTIERJKT

Bertempat di Jalan Gunawarman No. 34, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, resto ini menyediakan empat pilihan menu seperti breakfast, lunch, dinner, dan dessert. Seperti steak & eggs, pasta, risotto, pizza, beef, seafood hingga belgian waffles. Nggak hanya makanannya yang unik, di sini juga banyak spot foto yang Instagramable, loh! Mengusung konsep vintage, Le Quartier didominasi warna cokelat dan dihiasi lampu-lampu gantung yang mewah.

74. EMILIA CUCINA ITALIANA


SUMBER: IG @EMILIA.JKT

Kamu suka pizza dan pasta? Emilia cocok banget buat kamu yang gemar dengan makanan khas Italia tersebut. Terletak di Jalan Biduri Bulan No. 03, Grogol Utara, Kby. Lama, Jakarta Selatan. Emilia ini juga termasuk hidden gem, karena baru buka di bulan Juni tahun kemarin dan belum banyak yang tahu. Desain interior dari restoran ini juga unik banget, vintage retro ala-ala restoran di Eropa pada abad 20. Tempat ini cocok untuk dinner romantis bersama pasangan.

75. GREYHOUND CAFE


SUMBER: IG @GREYHOUNDCAFE.ID

Membuka cafe pertamanya di Bangkok, Greyhound cabang Indonesia menawarkan perpaduan selera budaya dan seni. Cafe ini terletak di Grand Indonesia West Mall, Jalan M.H. Thamrin No. 1, Kb. Melati, Tanah Abang, Jakarta. Greyhound adalah cafe yang memadukan hidangan Thailand dengan hidangan Internasional favorit dalam bentuk sederhana, tapi penuh sentuhan kreatif. Terdapat pilihan ruang makan indoor maupun outdoor dengan balutan vibes yang cozy dan menyenangkan. Fasilitas yang ditawarkan pun lengkap, terdapat live music, wifi, private room, dan layanan pesan-antar. Menu andalannya seperti Waterfall Rib Eye on Hot Plate, Spaghetti Laksa, dan Muay Thai Grilled Chicken.

76. AMUZ GOURMET RESTAURANT


SUMBER: IG @AMUZ_GOURMET

Menawarkan pengalaman bersantap mewah, AMUZ Gourmet Restaurant adalah tempat kuliner Prancis yang terletak di jantung Kota Jakarta. Tepatnya di sudut lantai dua Energy Building, Sudirman Central Business District (SCBD). Restoran mewah ini menjadi tempat yang sempurna untuk wisata kuliner bareng orang terkasih dan keluarga. AMUZ Gourmet Restaurant menggunakan desain art deco Prancis modern dengan sentuhan gaya Asia kontemporer. Dindingnya dihiasi oleh wallpaper yang terinspirasi dari Taman Arkadia Prancis pada abad ke-18. Banyak spot yang cantik dan elegan, wajib banget untuk mengabadikan momen di sini.

77. SANTHAI


SUMBER: IG @SANTHAI.ID

Mengusung konsep kantin Thailand yang modern, Santhai, terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK). Tempatnya menawarkan desain futuristik yang cantik dan colorful. Terdapat beberapa spot foto yang Instagenic dan pernak-pernik gemas yang cucok meong untuk mempercantik feed sosial media. Di sini, kamu bisa mendapatkan berbagai hidangan mulai dari dessert, soup, wagyu, main menu, hingga beverage. Menu yang direkomendasikan antara lain, Kiasu Tofu, Pineapple Fried Rice, King Prawn Guratan, Ox-Tail Tom Yum, dan Happiness Chicken & Prosperity Beef Canai.

Itulah 77 tempat wisata hits di Jakarta yang wajib kamu kunjungi. Lengkap banget, kan? Mulai dari wisata kuliner, edukasi, konservasi alam, hingga wisata religi. Pokoknya banyak pengalaman menarik yang menantimu saat berkunjung ke sana. Nggak lupa, spot-spot cantik ini juga Instaworthy, loh!